5 Kebiasaan Unik Warga +62 saat Musim Hujan

Posting Komentar

Sekitar bulan Juni dan Juli tahun ini saya merasa suhunya sangat dingin, terutama di malam hari. Suhu dingin tersebut saya rasa lebih dingin dari suhu-suhu yang pernah saya alami di tahun-tahun sebelumnya. Tapi herannya, setelah itu suhunya terasa sangat panas. Lebih panas dari tahun-tahun sebelumnya yang pernah saya lalui.

Saking panasnya suhu di beberapa bulan belakangan ini membuat saya kerap berharap musim hujan tiba lebih awal.

Musim hujan di Indonesia memang rata-rata akan dimulai dari bulan Oktober. Tapi, seperti yang sama-sama kita tahu, mulainya musim hujan di Indonesia tidak merata di setiap daerah.

Meskipun hujan mulai turun di bulan Oktober, tapi kebanyakan hujan yang turun di bulan Oktober cuma sekedar gerimis atau hanya terjadi di beberapa wilayah saja. Dan, itu pun hujannya nggak rutin.

Tapi memasuki awal Desember, seperti sekarang ini, umumnya hujan sudah mulai merata turun di berbagai wilayah di Indonesia.

Selain curah hujan yang semakin tinggi intensitas hujan pun akan semakin sering dan curahnya semakin lebat.

7 Kebiasaan Unik Warga Indonesia Saat Musim Hujan

Ketika memasuki musim hujan warga Indonesia yang lebih akrab dikenal dengan sebutan warga +62 punya beberapa kebiasaan yang boleh dibilang cukup unik, dan umumnya hanya akan kita saksikan ketika musim hujan saja.

1. Beli jas hujan dan payung

Meskipun musim hujan terjadi setiap tahun, akan tetapi masih banyak masyarakat yang hampir setiap tahun pasti beli jas hujan atau payung.

Ada beberapa hal yang menyebabkan masyarakat Indonesia masih rutin beli jas hujan atau payung setiap memasuki musim hujan.

Salah satunya adalah karena mereka enggan membeli jas hujan berkualitas tinggi karena harganya mahal. Jadi, karena dipakai hanya beberapa bulan dan sesekali ketika hujan saja, maka tidak heran apabila banyak masyarakat yang lebih suka membeli jas hujan berkualitas rendah yang gampang sobek atau rusak.

Karena itulah, banyak masyarakat Indonesia yang terlihat rutin membeli jas hujan atau payung setiap tahun di musim hujan tiba. 

2. Lupa Bawa Jas Hujan

Kebiasaan unik warga +62 lainnya adalah, sudah tahu hujan tapi suka lupa bawa jas hujan.

Selain karena buru-buru supaya nggak kejebak macet di jalan, lupa bawa jas hujan juga sering dialami oleh masyarakat karena lupa kalau jas hujannya belum diangkat dari jemuran.

Kalau kejebak hujan, masyarakat biasanya lebih senang berteduh di emperan toko atau di bawah kolong jembatan.

3. Malas Mandi

Masyarakat Indonesia adalah salah satu masyarakat di dunia yang rutin mandi dua kali sehari. Bahkan ada yang mungkin lebih dari itu. Kalau dibandingin sama negara-negara lain seperti Jepang atau bahkan negara Eropa, kebiasaan mandi dua kali sehari ini sering dianggap sebagai sesuatu yang unik oleh mereka yang berasal dari negara lain.

Di China, Jepang, atau bahkan di Amerika, pada umumnya masyarakat di sana hanya mandi sekali sehari. Biasanya cuma di sore atau malam hari.

Alasan utama Kenapa mereka hanya mandi sekali sehari adalah karena faktor cuaca.

Nah, kalau lagi musim hujan, ternyata banyak juga loh masyarakat di Indonesia yang malas mandi. Alasannya ya… karena airnya terlalu dingin, terutama di pagi hari.

4. Malu Pakai Jas Hujan

Jas hujan model ponco adalah salah satu jenis jas hujan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Jas hujan ini didesain agar mudah dikenakan dan agar bisa dikerjakan dengan cepat. Karena dirancang agar praktis, tak heran apabila bentuknya pun tidak biasa dan terkesan agak aneh.

Siapa sangka, bentuknya yang aneh ini justru bikin banyak orang merasa malu untuk mengenakan jas hujan, dan rela kehujanan daripada kelihatan aneh di jalan.

5. Memindahkan Barang ke Tempat yang Lebih Tinggi

Setiap memasuki musim hujan, sebagian besar kota-kota besar di Indonesia kerap mengalami banjir. Terutama, di sejumlah wilayah di ibukota Jakarta.

Bahkan tidak sedikit diantaranya yang selalu mengalami banjir setiap kali hujan turun.

Sebagai kebiasaan unik yang sudah saya sebutkan tadi, memindahkan barang ke tempat yang lebih tinggi jadi kebiasaan unik tersendiri di wilayah-wilayah yang terkenal sering dilanda banjir.

Karena jika tidak segera dipindahkan, dijamin berbagai macam perabotan rumah bakal gampang rusak kalau diterjang banjir. Apalagi, banjir yang datang kerap kali membawa lumpur yang kotor dan bau.

Penutup

Saya sukanya bikin berbagai cemilan hangat, termasuk sering bikin mie instan, gorengan, atau minuman tradisional seperti wedang jahe. Soalnya kalau lagi hujan, bawaannya suka lapar.

Selain itu, setiap kali datang musim hujan, saya juga suka banget kerubutan selimut sambil baca-baca berita di portal news macam beranda.co.id.

Ya, saya emang suka banget baca-baca berita kalau lagi musim hujan sambil kerubutan di kasur.

Salah satu rubik yang suka saya buka di beranda.co.id rubik Inspirasi yang banyak menulis tentang kisah-kisah inspiratif dari masyarakat Indonesia khususnya.

Selain itu, portal berita ini juga sebenarnya banyak mengulas tentang berita-berita yang lagi happening di Indonesia. Jadi, buat kalian yang pengen tahu berita-berita terbaru dari tanah air seputar bisnis, ekonomi, gaya hidup, atau berita-berita olahraga kalian bisa membuka situs berita beranda.co.id.

Kalau kalian gimana? Apakah di tempat kalian sering kebanjiran kalau hujan? Kebiasaan unik apa yang sering kalian lakukan ketika datang musim hujan?

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar