Pengalaman Kirim Barang 40-an Kilo ke Daerah Cuma Bayar 200 Ribuan

Posting Komentar

Sudah beberapa hari ini aku pengen banget cerita tentang pengalamanku mengirim barang berukuran besar dan berat. Kalo ditaksir, beratnya mungkin mendekati angka 40-an kilo.

Dan, itu aku ngirimnya ke ke luar daerah lho! tepatnya ke rumah mertua di Kalimantan Timur yang lokasi rumahnya masih setengah hari perjalanan dari ibu kota. Surprisingly bayarnya cuma 200 ribuan aja.

Logisticsbid adalah website yang wajib banget aku mention di artikel ini. Soalnya, situs inilah yang aku anggap paling berjasa dalam memberikan informasi tentang berbagai pilihan logistik yang murah, aman, dan terpercaya. Serta info mengenai tarif pengiriman dari berbagai penyedia jasa logistik terkenal di Indonesia.

Flashback ke beberapa minggu sebelumnya…

Ayah mertuaku dari Kalimantan datang berkunjung ke tempat tinggal kami (baca: Jawa Timur) buat menjenguk kami dan cucu-cucunya, sekalian silaturahmi ke besan-besannya yang kebetulan ada 3 di Jatim.

Beliau ini, selain orangnya itu tipe petualang yang suka banget ngalor-ngidul (kesana-kemari), juga tipe orang yang suka “sambil menyelam minum air.”

Jadi, kalau datang ke Jawa, wajib banget beliau ini nyari barang-barang keperluannya. Soalnya, kalau dibandingkan dengan di Kalimantan, menurut beliau harga-harga barang di Jawa itu murahnya kebangetan.

Dan, salah satu barang yang sering banget dibeli oleh mertua adalah aksesoris mobil.

Mulai dari cover mobil, tatakan plat nomor, sticker, cover jok, seat bag, sampai yang terbaru itu beliau beli velg mobil second.

Nggak tanggung-tanggung jumlah velg yang dibeli itu satu set alias 4 buah dengan total berat nyaris 40-an kilo.

Kalian tau nggak? Itu velg nemunya di pelosok banget. Tempat yang nggak kebayang akan aku datengin meski seumur-umur tinggal di Jatim.

Dalam hati aku berkata, ‘kok bisa ya ayah mertuaku sampai sana dan nemu bengkel, plus beli velg di sana tanpa info dari internet?’ Sekali lagi, tanpa info dari internet!

Bukti kalau ayah mertuaku ini emang “petualang” sejati!

Setelah menceritakan kepada kami kalau beliau sudah deal harga sama penjualnya, beliau kemudian memberikan alamat bengkelnya kepada kami dan meminta kami untuk membayar sekaligus mengambil barang tersebut.

Beneran guys, aku nggak habis pikir gimana ayah mertuaku bisa “kesasar” sampai ke sana dan dapat velg second, Dan, kerennya itu barang ori.

Plus, deal di harga yang aku sendiri mungkin nggak akan pernah dapat, sekalipun aku menganggap diriku sudah cukup jago dalam hal tawar-menawar.

Setelah menyerahkan uang pembayaran, dengan susah payah kami membawa pulang keempat velg mobil tersebut pakai sepeda motor.

Sampai di rumah, kami masih harus memutar otak bagaimana cara mengirim velg ini ke kalimantan.

Kalau merujuk pada pengalaman kami dalam mengirim barang selama ini, jujur, saat itu kami belum punya pengalaman mengirim barang berukuran besar dan berat sampai puluhan kilo. Apalagi, ini ngirimnya juga ke luar daerah, alias nyebrang laut.

Beruntung, kita hidup di zaman yang serba mudah berkat adanya internet seperti sekarang ini. Jadi, kalau mau nyari informasi seputar cargo atau pengiriman logistik terasa lebih gampang.

Ditambah lagi dengan kehadiran website-website seperti Logisticsbid yang memang mendedikasikan diri mereka buat menyediakan info lengkap seputar industri logistik di Indonesia.

Info di website ini menurutku lengkap banget. Bahkan ada fitur Cek Harga Pengiriman segala.

Nggak cuma harga satu, dua logistik, di sana kita bisa cek harga pengiriman nyaris semua penyedia jasa logistik atau cargo (kargo) populer di Indonesia.

Dengan adanya fitur ini, kita bisa dengan mudah membandingkan harga pengiriman, terutama buat nyari harga pengiriman terendah.

Lanjut…

Singkat cerita, setelah ayah mertuaku pulang ke Kalimantan. Keesokan harinya aku dan suami memutuskan untuk mengirim velg-velg tersebut dengan menggunakan salah satu jasa shipping (cargo) yang kami anggap punya reputasi baik.

Reputasi penyedia jasa cargo ini kami riset sendiri di internet. Mulai dari, mencari situsnya, sampai mencari pengalaman orang-orang yang pernah menggunakan jasa cargo tersebut.

Setelah yakin dengn cargo yang kami pilih, kami mengemas velg-velg tersebut dengan bahan kardus/karton, tanpa pakai packing kayu.

Meski ada rasa was-was karena kami hanya mengandalkan packing kardus, tapi kami cukup percaya diri. Karena kami percaya pihak cargo akan menjaga barang kami dengan baik.

Benar saja, barang yang kami kirim akhirnya tiba beberapa hari kemudian dalam kondisi yang sangat memuaskan.

Bahkan, packing kardus yang kami gunakan masih tampak dalam kondisi yang cukup baik. Padahal kami membayangkan jika kondisinya akan berantakan saat sampai di tujuan.

Penutup

Aku harap pengalaman mengirim barang besar dan berat via cargo ini bisa memberikan kalian sedikit gambaran mengenai cara mencari layanan cargo atau logistik yang bagus dan terpercaya.

Setidaknya, kalian tahu di mana harus mencari informasi yang akurat seputar expedisi, kargo, atau transportasi dan warehouse jika Anda membutuhkannya.

Kalau kalian punya pertanyaan seputar jasa pengiriman, khususnya jasa kargo dan logistik ke luar daerah, kalian bisa meninggalkan komentar di bawah. Atau, langsung aja buka website Logisticsbid. Karena di sana info-info seputar industri logistik di Indonesia lengkap banget.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar