Wednesday, January 18, 2017

Kebiasaan Orang Tua yang Merugikan Anak

Terkadang, menjadi orang tua juga perlu banyak belajar dan terus belajar. Bukan karena kita sudah besar maka ilmu itu sudah tidak perlu lagi. Akibatnya, banyak sekali kebiasaan-kebiasaan orang tua yang justru merugikan anaknya. Ada banyak sekali bahkan kalau kita menyadarinya. Sayangnya, banyak juga orang tua yang sombong karena merasa dirinya selalu bisa mengatasi segalanya dengan caranya, cara yang menurtnya benar.



Dari kehidupan selama ini, saya belajar banyak bagaimana orang tua juga bisa salah bahkan salah sekali. Yang paling parah, mereka gak sadar kalau itu salah, yaaa.. mungkin juga saya termasuk hehe.

Membiasakan kencing sembarangan


Kalau yang ini saya enggak ya.. InsyaAllah. Lebih baik ngompol gak disengaja daripada menyuruh anak kencing sembarangan. Waktu-waktu membiasakan kencing disembarang tempat ini biasa terjadi saat anak mulai toilet training. Padahal, kebiasaan seperti ini akan membuat anak jadi enggak sopan dan gak bisa jaga diri dari najis. Ah entahlah apa yang ada dalam pikiran sang orang tua, mungkin biar gak ngompol atau gak pesing gitu. Tetep aja kalau pipis gak cebok ya pesing juga, kasian juga kemaluan anak jadi gak bersih dan bisa terkena penyakit selain ancaman neraka, duh ngeri..

Tidak membiasakan Berbagi


Namanya anak kecil, kalau punya kue atau semacamnya ya gak ngerti bagaimana caranya untuk berbagi. Prediksi saya, anak jadi pribadi yang pelit karena memang dari kecil dia gak diajari untuk berbagi. Anggapan lumrah karena masih kecil, bukan jaminan kalau dewasa dia jadi manusia yang luman. Padahal memang, kebiasaan akan membawa kepada sebuah kepribadian, entah itu buruk atau baik, dermawan atau pelit. Semuanya tergantung kebiasaan, kan?


Ngasih bedak sampai gak kliatan mukanya


Kalau yang ini kebiasaan sering dilakukan sama orang desa. Katanya, kalau belum pake bedak kayak gak pernah mandi hahaha #hallah!. Saya, meskipun memang orang desa asli dan tulen, jarang banget kasih bedak ke anak, soalnya kasian anak kalau keringetan dan kena bedak, akhirnya kena biang keringat. Padahal,  cara mengatasi biang keringat yang baik ya salah satunya dengan gak dipakein bedak gitu deh. Biar pori-pori kulit leluasa ngeluarin keringatnya. Niatnya biar harum tapi ternyata nyiksa anak, kasian kan. Ya.. saya sih cuma mencoba buat gak latah aja, gak ikut-ikutan trend gitulah istilahnya haha..

Ada banyak lagi sebenarnya kebiasaan kebiasaan orang tua yang merugikan anak, baik dimasa kecilnya atau nanti saat dia jadi dewasa. Saya, adalah orang tua yang masih harus banyak belajar, tentang apapun.



Continue Reading...

Tuesday, January 17, 2017

Menilik Megahnya Keraton Surakarta Hadiningrat

Berkunjung ke kota Solo rasanya tidak lengkap jika belum mengunjungi objek wisata terkenalnya Keraton Surakarta Hadiningrat. Anda bisa menikmati sensasi megahnya Keraton yang berada di salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini.



Lokasi Keraton Surakarta Hadiningrat dapat dijangkau dengan mudah menggunakan sewa mobil Fortuner Solo dari Docar karena lokasinya yang berada di pusat kota dan berdekatan dengan beberapa tempat penting di Kota Solo. Untuk berwisata keliling Solo, kota ini memang telah menghadirkan Docar yang bisa disewa dan dipesan langsung secara online yang mudah dan efisien.


 Peta : https://goo.gl/maps/q1ERFyYHKnx

Hal Menarik dari Keraton Surakarta Hadiningrat


Baru mendengar nama Keraton Surakarta Hadiningrat di telinga saja sudah membuat seseorang penasaran atau tertarik untuk berkunjung ke tempat ini. Tempat wisata budaya ini sekaligus menjadi tempat yang bersejarah yang perlu Anda ketahui. Oleh karena itu, bersiaplah bersama Docar untuk meluncur menilik megahnya Keraton Surakarta Hadiningrat dengan semua hal yang menarik yang berada di dalamnya. Hal apa saja yang menarik dari Keraton Surakarta Hadiningrat?


1. Menikmati pelataran keraton yang rimbun dan sejuk


Bagi Anda yang tinggal di kota besar yang panas pasti akan sangat senang ketika berada di pelataran keraton Surakarta hadiningrat. Rasanya, sewa mobil Solo memang tidak salah jika mengajak Anda untuk berkunjung ke tempat ini. Anda akan menikmati pelataran yang sejuk yang dikelilingi dengan pohon sawo yang rimbun di sekitar pelataran. Hal tersebut akan membuat perasaan menjadi nyaman di tengah terik matahari yang menyengat. Terlebih lagi, pasir yang berada di sekitar pelataran akan membuat kaki Anda terasa semakin nyaman saat melangkah menuju ke pendopo keraton.

2. Berfoto di bangunan yang memiliki gaya yang menawan


Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan salah satu bangunan unik yang dibangun dengan memadukan budaya Jawa dan Eropa yang sangat fantastis. Anda bisa melihat berbagai bentuk dan desain patung dewa dan patung dewai di setiap sudut Keraton. Jadi, sempatkanlah sejenak untuk mengabadikan moment di tempat yang megah ini.

3. Menilik Museum Keraton Surakarta Hadiningrat


Hal menarik lainnya yang bisa Anda nikmati selama berkunjung ke Keraton Surakarta Hadiningrat adalah dengan menilik ke museumnya. Lihatlah berbagai peninggalan sejarah seperti pusaka-pusaka dari kerajaan di masa lalu, kereta kencana dan kusir yang digunakan oleh kerajaan pada masa lalu, serta berbagai macam senjata dan keris kuno bersama benda-benda yang sangat antic di dalamnya.
Masih banyak lagi hal menarik lainnya yang bisa Anda nikmati di Keraton Surakarta Hadinigrat Solo. Bersama dengan Docar Marketplace sewa mobil online, Anda bisa memilih mobil favorit yang biasa Anda gunakan dalam keseharian Anda. Anda yang nyaman dengan kendaraan Fortuner bisa memilih sewa mobil elf Solo di Docar. Terdapat berbagai macam jenis kendaraan lainnya yang bisa dipilih oleh setiap wisatawan yang ingin berkeliling kota Solo dengan mudah.

Mengapa harus memilih Docar ketika ingin berwisata ke Keraton Surakarta Hadiningrat? Banyak hal menarik yang menguntungkan setiap penyewa Docar Solo. E-marketplace yang telah bekerja sama dengan rental mobil yang tersebar di Indonesia termasuk di Solo ini dapat disewa dengan harga yang murah dan terjangkau. Terlebih lagi, setiap penyewa mobil akan mendapatkan kesempatan untuk memilih mobil sesuai yang diinginkan. Selamat berwisata ke Keraton Surakarta Hadiningrat bersama Docar. Segera kunjungi docar.co.id untuk info sewa mobil Solo lebih lanjut.

Sewa mobil Solo bisa Anda dapatkan di Docar. Anda bisa mendapat informasi lebih lanjut mengenai sewa mobil solo dengan berbagai pilihan mobil menarik yang bisa dipilih secara langsung di docar.co.id.



Continue Reading...

Retno Kusuma Wardani yang Suka Nulis di LemariPojok.com

Wajahnya yang 'Njawani' memperlihatkan kalau dia memang seorang Jawa yang mungkin Tulen hehe. Dari namanya saja, sudah bisa ditebak, Jeng Retno :D. Ya.. kali ini saya akan membahas tentang sahabat blog saya Mbak Retno. Salah seorang blogger yang tinggal di Malang, kota yang banyak tempat wisatanya, begitu orang awam menilai Malang. Tapi entah, barusan saya masuk blognya kok templatenya polosan banget ya.. apa mau di edit atau memang gak sempat edit atau memang dari dulu tampilannya seperti itu. Tapi ya sudahlah, gak apa.. Mungkin mbak Retno lagi mojok di lemarinya buat edit template lain waktu, istilahnya nyari P(w)angsit gitu lah.



Blogger pecinta Smule


Ah ya.. beberapa kali saya nyoba install aplikasi android Smule ini, dan hasilnya saya uninstall lagi dan lagi. Smule memang bagus buat mereka yang hobi nyanyi dan karaoke. Pernah suatu saat saya melihat video smule milik mbak Retno, beneran dia nyanyi. Kemaren, saya juga membaca tentang smule di blog Lemari Pojok milik mbak Retno, dan nampaknya kalau kita gak tau seluk beluknya jadi gak tau aplikasi ini bagaimana. Saya sendiri juga seneng lho mbak Retno dengerin Khai Bahar nyanyi, mendayu-dayu gitu :D. Jadi, meskipun udah pernah ke kota, selera musik saya kadang-kadang masih ndeso, asik haha.

Orang Jawa, ya Masak menu Jawa


Di blognya mbak Rento, juga saya lihat beberapa topik tentang makanan yang berbau Jawa. Dari trancam, urap-urap bahkan masakan dengan bahan blonceng. Anda-anda tau blonceng? Mesti ada yang aneh juga dengernya, pas baca aja saya sedikit mbatin, "keren iki judule" . Selain itu, ada lagi doi nulis tentang Mendol, duh.. jawa banget gitu menunya mbak. Tahukah sampean, saya juga lho tempe yang udah mau busuk, baunya sedap-sedap gimana gitu, itu tempe semanggit bukan namanya :)).

Blog emak-emak, pasti ada Parentingnya

 Ya.. bener, kalau emak-emak sudah ngeblog, kelar idup lho haha.. Di blog Lemari Pojok milik mbak Retno, tentu saja ada beberapa tips parenting. Ibu 3 anak lulusan Universitas Brawijaya ini sepertinya memilih mengasuh anak-anak dirumah. Gak papa ya mbak.. Mending diasuh sama Sarjana lulusan Brawijaya dari pada diasuh pembantu (biasanya kalau ditinggal kerja gitu, anaknya diserahin baby sitter atau pembantu - Pengalaman :D).

Semoga Mbak Retno tetep rajin ngeblog, tetep rajin juga smule'an, tetep masak yang enak-enak asli jawa, meski kayaknya pinter juga bikin menu dengan nama yang aneh-aneh. Oh ya.. kalau ada waktu, blognya dipoles lah dikit, natural banget blognya, bawaan lahir gitu :P.


Continue Reading...

Sunday, January 15, 2017

Jangan Takut Punya Banyak Anak

Belakangan, oh mungkin bukan akhir-akhir ini tapi udah sejak dulu, yang namanya tetangga itu jauh lebih rame dan lebih perhatian kalau kita sebagai tetangganya mau punya anak lagi. Entah, kayak semacam tradisi gitulah, ngomentari berapa jumlah anak tetangganya, belum lagi kalau anaknya beruntun, masih kecil punya anak lagi dan lagi, bisa heboh haha. Mungkin saya dulu adalah salah satu tipe yang begitu, hingga saya menyadari bahwa.. Tidak ada yang bisa menolak atas pemberian anak kepada kita.



Mulai mengambil sisi positif


Dan dari pada mengomentari mereka yang punya anak banyak, tidakkah kita melihat mereka yang menginginkan memiliki seorang anak saja. Allah belum kabulkan dalam waktu yang dekat dengan pernikahan. Disana seharusnya bersyukur atas nikmat dan amanah seorang anak lebih dijadikan acuan dari pada harus mengolok seseorang akan karunia Allah.

Bisa jadi, Mereka menginginkannya


Selama makan gak minta sama tetangga atau minta duit buat beli baju dari daftar perlengkapan bayi sama tetangga, kita gak ada hak mengkritik seseorang karena banyak anak. Banyak sekali pasangan suami istri yang menginginkan banyak anak, dan mungkin itu termasuk saya. Saya dan suami memutuskan untuk program memiliki anak kembali setelah anak pertama kami Kinza berusia 2,8 tahun. Kami merasa rahim saya sudah siap jika harus hamil lagi. Pertimbangan usia yang masih muda juga kami ingin menambah anak. Soal yang lain, seperti makan dari mana, belum punya rumah dan lain sebagainya, itu semua Allah yang atur, kan?

Gak usah ngatain, kalau iri, bikin sendiri


Yaaaa... dulu, waktu sekolah, saya suka saling olok dengan teman-teman, kalau iri karena dia gak mampu kayak kita yang di-iri-in. Saya juga kadang heran, ngapain sih mereka ngatai tetangganya. Bahkan ada pasangan yang mungkin punya anak banyak tapi ternyata minder dan takut karena omongan tetangga. Ngapain? kalo mereka iri, biarin bikin sendiri haha. Semoga kita termasuk keadalam tetangga yang gak suka menggunjing dan berkomentar tidak layak dengan tetangga kita. Lebih-lebih, gak pernah ngomongin mereka ya.. Belajar menjadi tetangga dan pribadi yang lebih baik, banyak anak.. bukan serta merta hanyalah keinginan kita, tapi memang sudah takdir Allah, itu yang harus kita yakini dan percaya.

Continue Reading...

Saturday, January 14, 2017

Tips Liburan Hemat di Cirebon


Sebagai salah satu kota yang terletak di ujung timur Jawa Barat, Cirebon dikenal memiliki budaya yang cukup unik, yakni perpaduan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Hal itu tampak dari pemakaian bahasa yang digunakan oleh masyarakat Cirebon, serta arsitektur bangunan-bangunan bersejarah peninggalan kerajaan di masa lalu.

Cirebon juga sudah banyak dikenal oleh para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, karena keelokan tempat-tempat wisatanya. Tidak hanya wisata sejarah, budaya, dan religi, di Cirebon Anda juga bisa memuaskan lidah dan perut dengan menikmati kelezatan berbagai sajian kuliner khas Cirebon.

Jika Anda berencana untuk berlibur ke Cirebon, berikut ini beberapa tips liburan hemat yang bisa Anda praktikkan.

1. Tempat Menginap dengan Harga Terjangkau



Source: traveloka.com

Berencana liburan ke Cirebon selama beberapa hari? Yang perlu Anda pikirkan tentu tempat menginap selama berada di sana. Untuk itu, Anda tidak perlu bingung karena saat ini sudah tersedia cukup banyak hotel murah di Cirebon.  Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih hotel murah di Cirebon adalah:

a. Bersih dan Nyaman


Meskipun memilih hotel dengan harga terjangkau, Anda juga tetap harus mempertimbangkan kenyamanan. Bagaimanapun, Anda membutuhkan tempat beristirahat yang bersih dan nyaman selama liburan. Jangan sampai lantaran memilih hotel murah, Anda lantas menerima tempat tidur yang tidak nyaman. Akibatnya, Anda sulit tidur dan mengantuk keesokan harinya. Kalau sudah begitu, liburan mana bisa menyenangkan.

b. Sarapan Gratis


Beberapa hotel murah di Cirebon menyediakan menu sarapan gratis. Bahkan ada juga hotel yang menyediakan camilan seperti jajanan goreng dan rebus, serta minuman hangat di sore hari. Dengan demikian, Anda bisa lebih menghemat anggaran untuk makan.

c. Fasilitas Kamar


Membawa banyak perlengkapan selama liburan, tentu sangat merepotkan. Untuk menghindari jumlah bawaan yang terlampau banyak, Anda bisa memilih hotel yang menawarkan fasilitas, seperti perlengkapan mandi dan air minum gratis. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari beban tas yang terlalu berat.

d. Lokasi Hotel


Agar waktu liburan bisa lebih efektif, Anda bisa memilih hotel yang terletak tidak jauh dari tempat-tempat wisata. Beberapa hotel murah di Cirebon dengan lokasi strategis bisa Anda temukan di https://www.traveloka.com/hotel/indonesia/city/cirebon-103890/cheap-hotels-in-cirebon. Selain bisa melihat posisi hotel dari destinasi wisata terdekat, Anda juga bisa membandingkan harga dan fasilitas yang ditawarkan.

Mudah sekali, bukan? Hotel sudah dipesan, Anda hanya tinggal fokus ke tempat-tempat wisata yang ingin Anda kunjungi.

2. Tempat Wisata Murah


Source: wikipedia.org

Beberapa tempat wisata populer umumnya mematok harga tiket masuk yang cukup mahal. Akan tetapi, ada juga tempat wisata yang bisa Anda kunjungi tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam. Berikut ini rekomendasi beberapa tempat wisata murah di Cirebon:

a. Gua Sunyaragi


Gua unik yang memiliki perpaduan gaya arsitektur Eropa, Timur Tengah, Hindu, dan Tiongkok kuno ini terbuat dari tumpukan batu karang yang memiliki ruang-ruang menyerupai gua. Selain digunakan sebagai tempat beristirahat keluarga keraton, pada zaman dahulu, gua ini juga sempat dimanfaatkan sebagai lokasi pertemuan guna mengatur strategi melawan penjajah. Itulah mengapa, salah satu bagian gua tampak rusak akibat bom yang diledakkan oleh Belanda di masa lalu.

b. Keraton


Siapa bilang keraton hanya ada di Jogja? Di Cirebon, Anda juga bisa menemukan bangunan keraton peninggalan Kesultanan Cirebon, seperti Keraton Kanoman, Keraton Kasepuhan, dan Keraton Kacirebonan. Untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci mengenai isi bangunan keraton, Anda bisa bertanya pada pemandu. Supaya lebih hemat, Anda bisa meminta izin bergabung dengan rombongan yang sedang sama-sama berlibur di sana.

c. Pantai Kejawanan


Pantai yang berada di sisi utara Kota Cirebon ini biasanya ramai dikunjungi wisatawan pada sore hari. Pasalnya, keelokan pantai akan mencapai puncaknya saat matahari sedang terbenam. Ya, suasana pantai dengan panorama langit semburat biru-jingga ini memang mampu membuat siapa saja ingin datang untuk menyambut malam dengan sukacita.


d. Makam Sunan Gunung Jati


Bagi wisatawan muslim, berlibur ke Cirebon tentu bisa mengingatkan mereka akan sosok salah satu wali yang berjasa menyebarkan agama Islam, yakni Sunan Gunung Jati. Setiap hari, makam Sunan Gunung Jati selalu ramai dikunjungi para peziarah dari berbagai daerah. Makam Sunan Gunung Jati dibangun di atas tanah seluas 4 hektar. Dengan arsitektur bangunan yang cukup unik dan megah, makam Sunan Gunung Jati tampaknya perlu Anda masukkan ke dalam daftar tujuan wisata Anda selama di Cirebon.

3. Transportasi


Source: Wikipedia

Untuk mencapai tempat-tempat wisata di Cirebon, Anda bisa menggunakan angkutan umum, ojek, atau paket tur hotel. Tentu saja, ketiga sarana transportasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Angkutan umum merupakan kendaraan bertarif termurah. Sayangnya, rute angkutan cenderung berputar-putar sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke tempat tujuan. Namun, jika memang berencana ingin melihat banyak daerah di Kota Cirebon, angkutan umum adalah pilihan yang tepat.

Jika berlibur sendirian di Cirebon dan ingin mencapai lokasi-lokasi wisata yang cukup jauh, Anda bisa menyewa jasa ojek harian. Untuk mendapatkan harga yang murah, Anda bisa menawar harga dan membuat kesepakatan bersama.

Berwisata bersama keluarga atau rekan kantor? Tenang, beberapa hotel murah di Cirebon juga menyediakan paket tur keliling tempat-tempat wisata di Kota Cirebon dengan mobil yang nyaman. Umumnya, paket tur yang tersedia meliputi kunjungan ke lokasi-lokasi wisata populer, tempat berbelanja, pusat oleh-oleh, dan tempat wisata kuliner khas Cirebon.

Berlibur di Cirebon tidak melulu harus menghabiskan banyak uang. Pemilihan hotel murah yang nyaman, tempat wisata yang terjangkau, serta sarana transportasi yang tepat bisa membuat perjalanan wisata Anda menyenangkan. Jadi, sudah siap membawa kisah sejarah dari Cirebon?

Continue Reading...