Friday, January 9, 2015

Cara Membuat Kue 8 Jam

Cara bikin kue 8 jam membutuhkan waktu pengukusan selama 8 jam. Jika kurang dari 8 jam, maka tekstur pada kue tidak terasa kenyal dan mudah hancur. Jadi dibutuhkan kesabaran yang lebih dalam membuat kue ini. Kue 8 jam berasal dari kota Palembang, Sumatera Selatan. Saat lebaran idul fitri kue 8 jam wajib ada sebagai suguhan untuk para tamu. Kue ini dimasak menggunakan kayu bakar.

Selain saat lebaran kue 8 jam juga banyak disajikan pada perayaan tahun baru imlek. Jika tertarik ingin membuatnya saat lebaran atau tahun baru, berikut adalah resep kue 8 jam:

Bahan dasar:



  • 20 butir telur ayam.
  •  4 sdm margarine yang dicairkan.
  • 1 kaleng susu kental manis.
  • 750 gr gula pasir.


Nah, cara memasak kue 8 jam adalah kocok gula pasir dan gula sampai setengah mengembang. Tambah susu kental manis dan margarin cair. Lalu aduk sampai rata. Masukkan adonan dalam loyang, tutup bagian atas pada loyang dengan kain yang tahan panas. Ikat sekeliling loyang supaya adonan tidak tumpah dan menjaga supaya embun di dalam dandang tidak jatuh dalam adonan. Kukus Loyang dalam dandang selama 8 jam. Tutup rapat dandang agar warna dari kue tidak berubah dan tambah air ke dandang setiap satu jam. Setelah 8 jam cara bikin kue 8 jam telah selesai, lalu angkat dan dinginkan. Keluarkan kue dari loyang dan siap untuk disajikan.

No comments:

Post a Comment