Tuesday, May 15, 2018

7 Ide Bisnis yang Cepat Balik Modal

Menjadi karyawan dan bekerja di sebuah perusahaan, atau bekerja untuk orang lain terkadang memang menyenangkan. Seringkali kita berada pada zona nyaman karena setiap bulan kita tidak perlu memikirkan “pendapatan” karena kita sudah tahu berapa gaji akan kita dapatkan di akhir bulan atau di awal bulan depan.

Tapi sayangnya, menjadi karyawan atau bekerja kepada orang lain bikin kita terpaksa harus menuruti aturan yang ditetapkan oleh perusahaan/Bos, kadang-kadang sulit berkembang, ide tidak tersalurkan, dan yang paling penting--kita tidak punya kebebasan waktu.



Apalagi kalau sudah punya anak. Waktu buat mereka rasanya sangat sedikit. Karena bekerja, banyak orang tua yang tidak punya kesempatan mendidik langsung anak-anak mereka, karena sibuk bekerja dari pagi hingga sore, dan bahkan ada yang bekerja hingga malam hari.

Bagi saya, itu hal yang sangat menyedihkan. Dan itulah alasan mengapa saya lebih suka memilih berwirausaha--agar bisa selalu dekat dan bisa mendidik langsung anak-anak saya.


Walaupun penghasilan yang saya dapatkan mungkin tidak sebesar mereka yang bekerja di perusahaan atau bekerja pada orang lain, tapi ada banyak keuntungan yang saya dapatkan dengan bekerja untuk diri sendiri. Mulai dari kebebasan waktu, saya bisa menerapkan ide yang saya miliki, saya bisa beristirahat ketika merasa lelah tanpa harus memaksakan diri, saya bahkan bisa libur berminggu-minggu kapanpun saya mau, dan yang paling penting, saya bisa mendidik dan dekat dengan anak-anak saya setiap saat.

Mengingat lapangan pekerjaan di Indonesia juga tidak terlalu banyak dan lumayan sulit buat menemukan pekerjaan yang benar-benar cocok dengan bidang kita, alangkah bijaknya jika kita berusaha untuk menciptakan sendiri lapangan pekerjaan. Nah, salah satu caranya adalah dengan membuka bisnis yang menjanjikan. Berikut adalah 7 ide bisnis yang cepat balik modal, yang bisa kamu coba. Siapa tahu, salah satunya cocok untukmu dan bisa mendatangkan kesuksesan.


1. Bisnis kuliner


Keterampilan memasak atau membuat kue dan berbagai jenis minuman sangat mudah dipelajari. Memasak atau membuat kue tidak membutuhkan skill spesial. Karena dengan bantuan resep (takaran yang tepat), kita bisa menciptakan cita rasa makanan yang enak dan lezat.

Mengingat makanan adalah kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh siapapun, wajar apabila bisnis ini sangat menjanjikan dan bisa balik modal dengan cepat.

Bisnis kuliner ada di urutan pertama karena bisnis ini tidak hanya mudah digeluti, melainkan juga bisa dimulai dengan modal yang sedikit. Buktinya, semakin banyak kita temukan warung-warung makan kaki lima yang menjajakan aneka rupa kuliner, mulai dari jajanan tradisional hingga makanan modern (khas Eropa maupun Amerika) berjajar rapi di pinggir jalan--bahkan ada yang mengambil tempat di trotoar.


2. Jual spare part


Jual spare part mobil atau motor merupakan contoh bisnis lainnya yang cepat balik modal, karena pesaingnya tidak terlalu banyak. Bisnis ini cukup menjanjikan mengingat semakin banyak masyarakat Indonesia yang mampu beli motor dan mobil, baik bekas maupun baru.


3. Properti


Kalau kamu punya modal besar dan kebetulan sedang mencari ide bisnis yang cepat balik modal, kamu bisa menggeluti usaha properti. Apalagi jika kamu tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, atau Balikpapan.

Selain dengan membeli lahan dan membangun rumah dari nol, sebenarnya kamu juga bisa mencoba bisnis jual beli rumah. Idenya adalah, beli rumah yang dijual murah untuk dijual kembali dengan harga lebih mahal. Misalnya, jika ada orang yang jual rumah murah di Jakarta, jangan ragu-ragu untuk membelinya. Mengapa?

Tidak hanya bisa dijual kembali dengan harga yang lebih mahal, melainkan sebuah rumah (sertifikat) juga bisa dimanfaatkan sebagai modal (jaminan) untuk meminjam uang di bank.


4. Jualan online


Sudah terlalu banyak kisah-kisah sukses orang-orang yang mengandalkan jual beli online baik dengan membuka sendiri sebuah web store atau dengan nebeng di salah satu e-commerce besar di negara ini.

Saat ini, perkembangan dunia jual beli online sangat tidak terduga. Bahkan, online store mampu membuat berbagai Mall dan pusat pusat perbelanjaan (Shopping Center) konvensional gulung tikar.

Apa saja yang bisa dijual online? Hampir semua hal bisa dijual online. Mulai dari barang bekas hingga barang yang masih gres; mulai dari baju, jilbab, makanan, mainan, jasa, hingga mobil.


5. Bisnis laundry dan setrika


Bukannya sekarang semakin banyak orang yang punya mesin cuci? Bahkan, mesin cuci otomatis sudah semakin murah saja harganya. Apakah bisnis laundry masih cukup menjanjikan?

1 dari 7 ide bisnis yang cepat balik modal dan hanya butuh modal kecil untuk memulainya adalah bisnis laundry kiloan dan setrika/gosok.

Walaupun semakin banyak orang yang mampu beli mesin cuci, tapi sebenarnya, masih banyak orang yang nggak punya waktu buat mengurus cucian. Karena walaupun bisa nyuci dan bisa jemur baju sendiri di pagi hari, mereka-mereka yang sibuk bekerja, seringkali tidak punya waktu dan tenaga untuk melipat dan menyetrika baju mereka setelah dicuci.

Itulah alasan mengapa bisnis laundry dan setrika masih cukup seksi untuk dilirik. Apalagi jika kamu tinggal di daerah-daerah yang masyarakatnya adalah masyarakat pekerja.


6. Bisnis kosmetik


Kalau kamu nggak punya kemampuan buat menciptakan sendiri produk kosmetik, nggak ada salahnya kalau kamu menjadi reseller atau jadi agen kosmetik. Bahkan, ketika kamu memilih untuk membuka grosir kosmetik, ada jaminan kalau kamu bakal sukses. Mengapa?

Saat ini, sosial media memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kebiasaan dan gaya hidup masyarakat modern. Setiap wanita selalu ingin tampil cantik sempurna dalam berbagai situasi. Dari sekian cara, kosmetik dan fashion adalah yang paling banyak dipilih untuk meningkatkan penampilan.

Itulah sebabnya mengapa jualan kosmetik-kosmetik murah ataupun populer bisa kamu lirik sebagai ide bisnis barumu.


7. Grosiran


Banyak orang menganggap remeh pengecer. Padahal, barang eceran atau grosiran adalah salah satu bisnis yang paling banyak dilirik karena perputaran uang pada bidang bisnis ini sangat cepat. Lihat saja di pasar. Hampir rata-rata orang yang berjualan di pasar adalah pengecer. Mulai dari penjual sayur, sabun mandi, ikan, kantong plastik, sembako, hingga berbagai macam onderdil dan peralatan elektronik.

Walaupun kehadiran minimarket macam Indomaret dan Alfamart membuat persaingan di sektor ini semakin ketat, namun dengan meningkatkan kualitas pelayanan, saya yakin kamu pasti bisa bersaing dengan minimarket-minimarket populer tersebut.

No comments:

Post a Comment