Wednesday, June 13, 2018

Sambel Anti Mainstream, Nugget Geprek

Jujur saja, saya dan suami doyannn banget sama yang namanya sambel. kalau cerita sama orang, kami dianggap kebangetan soal sambel. Pasalnya, gak cukup dengan cabe 10 biji atau 13 biji, saya kadang membuat sambel dengan jumlah cabe rata-rata diatas 15 biji.

Pernah suatu hari saya sampe sakit tenggorokan karena kena sambel. Yang kalo dipake makan dengan cuma cabe 3 biji saja saya udah ngerasa tenggorokan kayak terbakar. Namun berjalannya waktu, nampaknya tenggorokan saya kembali normal dan bisa nerima sambel apa adanya haha.. Akhirnya saya kembali normal :p.



Dan Ramadhan kali ini, sepertinya saya hampir tidak pernah melewatkan sambel baik saat berbuka puasa ataupun saat sahur. Rasanya kalau gak ada sambel itu makanan jadi hambar tak terkira. Seperti belum makan gitu deh..

Macam-macam sih saya bikin sambelnya, dari ayam geprek, sambel terong, sambel bawang biasa yang dipenyetin sama tahu, penyet tempe, sambel jeruk dll. Dan terakhir, saya baru punya ide buat bikin Nugget Geprek yang kalau dibayangkan sebelum bikin tadi, rasanya pasti gak kalah enak juga. Dan beneraaannn... Rasa ayam dari Nugget yang saya pakai tadi yaitu So Good, bener-bener ngimbangin banget sama sambelnya.



Tapi, mungkin penggila sambel bakal ngerasa aneh juga dengan sambel saya. Pasalnya, saya kalau bikin sambel gak pake trasi karena saya ada alergi sama si trasi. Rasanya.. enak aja kok. Pengen cobain gak? Sini saya bagi resepnya :D.

Bahan membuat sambel


Standar sih bahan-bahannya, dari bawang merah, bawang putih, cabe merah, jeruk sambel, tomat, gula dan garam. Masing-masing disesuaikan saja, tapi yang namanya resep kan harus dicatat juga ya haha.. Okelah, saya list yaa..


  • Bawang merah 4 biji
  • Bawang putih 2 biji 
  • cabe merah 2 buah
  • Tomat ukuran sedang 2 buah
  • Cabe rawit pake 15 biji saja, sudah lumayan pedes kok, atau sesuaikan saja dengan kesanggupan masing-masing :D
  • Jeruk sambel sepotong pinggir aja
  • Gula dan garam secukupnya, jangan banyak-banyak, sejumput lah..


Cara membuat sambel geprek


Semua bahan sambel kecuali jeruk, gula dan garam di potong-potong lalu di goreng dengan api kecil sampai berubah warna coklat kehitaman ya.. Setelah itu masukkan kedalam cobek yang sudah diisi sama gula dan garam. Haluskan dengan ulekan, jangan diblender ya, oke sip.

Kemudian siapkan Nugget ayam So Good ( saya pake nugget abjad) karena anak saya suka abjadnya hihi.. Goreng sampai matang dan masukin deh dalam sambelnya, tinggal dipenyet.

Kenapa saya pakai bumbu sambel yang matang atau digoreng terlebih dahulu? Padahal, umumnya kan sambel geprek itu cabenya mentah ya..

Iyaaa... soalnya suami saya gak suka sama sambel mentahan, katanya tenggorokannya kayak di garuk-garuk hahaha.. entahlah, aneh. Tapi beneran, Nugget Geprek ini ennnaakk banget. cobain deh.


5 comments:

  1. ngeriii 15 bijiii. Kalau di rumah saya yang penggemar sambal, sempat sakit gak boleh makan sambel, pas sehat coba dikit-dikit ternyata aman dan akhirnya berlanjut kembali hehehe

    ReplyDelete
  2. Ini bisa saya pakai contoh cara nulis yang nyebut produk tertentu itu gimana :") makasih, Mbak.

    Btw... Jodoh itu emang bener sekufu. Ada kakak tingkat saya amitamit kalau dalam versi saya soal sambel, dan dapet suami sama amitamitnya soal sambel. Mau nangis saya kalau liat mereka mbakso. Kayaknya sekufu soal sambel berlaku untukmu juga, Mbak wks wks wks...

    ReplyDelete
  3. Hai, Mbak.
    Masih inget saya kah?
    Aku Kiky yang dulu pas SMP dan SMA sering main ke warnet tempatnya mbak...
    Akhirnya aku ngeblog lagi setelah sekian lama, terimakasih membuatku inget ngeblog lagi. Hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii Kikiii.. aduh agak agak lupa nih haha.. sek ya, tak stalking Sosmedmu. Happy blogging, :D> eh kita akrab ya.. hahaaa

      Delete