Intip Ragam Festival di China

Posting Komentar
Hampir seluruh negara yang ada di dunia memiliki ragam festival yang wajib diselenggarakan pada waktu-waktu tertentu. Tak lain hal nya di China. Jika kamu berencana untuk berlibur ke China maka cari tau dulu festival apa yang akan di selenggarankan bertepatan dengan keberadaan kamu disana agar moment liburan kamu jadi lebih menarik. Berikut ini beberapa festival yang kerap di selenggarakan di china. Check it dot...


Festival Tahun Baru China


Festival ini merupakan festival terbesar bagi masyarakat china bahkan dinegara china itu sendiri. Mereka melakukan perayaan secara besar-besaran dan di sebut juga sebagai festival musim semi. Pada perayaan ini, semua anggota keluarga berkumpul sera makan bersama dengan hidangan wajib daging, ikan dan lain sebagainya serta tidur selarut-larut nya.

Saat pagi tiba, semua anggota keluarga wajib memberi ucapan Gong xi fa cai. Para anak-anak hingga cucu melakukan sungkeman kepada kedua orang tua dan orang tua memberi do’a serta berkat kepada anak-anaknya. Namun, ada hal unik yang menjadi pantangan saat perayaan imlek yaitu pantang marah-marah, membeli buku, nyapu rumah, pake baju putih atau hitam, harus memakai baju merah, buka pintu dan jendela sedikit saja.

Segera persiapkan tiket pesawat citilink kamu untuk liburan tahun ini, serta untuk tiket pesawat promo 2018 lainnya bisa kamu intip di Reservasi.com.


Qingming Festival


Qingming  festival juga merupakan hari pembersihan kuburan. Dimana para anak dari sebuah keluarga mengunjungi kuburan orang tuanya, untuk membersihkan kuburan nya, dan mendo’akannya. Festival ini biasanya di laksanakan pada tanggal 12 bulan maret. Adapun serangkaian ritual dan hal unik yang dilakukan oleh masyarakat tionghoa yakni mereka menyediakan sebuah kotak yang berisi uang mainan, perhiasan mainan, mobil mainan, baju kertas, uang kertas, celana kertas serta emas yang terbuat dari kertas. Nantinya kotak ini akan dibakar.

Mereka juga menyediakan beberapa makanan seperti nasi, bakpau, serta buah-buahan dan manisan yang nantinya akan disembahyangkan dan mereka berdo’a menggukan dupa. Setelah ritual dilaksanankan mereka meminta do’a dan berpamitan dimulai dengan yang paling tertua atau senior.

Mooncake Festival


Festival ini sering juga disebut sebagai festival musim gugur. Dimana pada festival ini ditandai dengan berakhirnya masa panen. Dan yang paling penting adalah memakan kue bulan ya kue yang sudah sangat terkenal. Adapun beberapa tata cara dalam perayaan mooncake festival ini diantaranya menggantungkan lentera di langit-langit dan memasang foto dewi Chang E yang terbang kelangit, menerbangkan lentera serta mendo’akan dewi Chang E dengan cara membakar dupa, berada di luar dan makan daging babi, sapi, buah-buahan yang berbentuk bulat, kue kacang dan yang pastinya tak ketinggalan kue bulan yang menjadi ikon pada perayaan ini bersama teman-teman dan keluarga. Banyak nya lentera dan langit terlihat sangat menakjupkan saat lentera mulai dilepaskan menjadi puncak perayaan mooncake.

Festival Teh


Minum teh merupakan budaya bagi masyarakat china. Festival teh biasanya dilaksanakan pada bulan juli hingga september setiap tahunnya yang diadakan di lapangan Tiananmen. Konon, teh merupakan minuman yang sangat mewah dan hanya ada di lingkungan kerajaan. Penyajian nya juga sangat sempurna mulai dari bahan teh pilihan, penyeduhan serta campuran rempah-rempah pilihan seperti gingseng juga harus dengan kualitas terbaik dan disajikan dengan menggunakan poci yangg terbuat dari keramik dan di tuangkan digelas-gelas keramik kecil. Cara meminumnya juga beragam sesuai dengan kebudayaan.

Festival teh ini umumnya bertujuan untuk mengenang sejarah minum teh mulai dari masa dinasti Tang hingga saat ini. Bahkan saat ini pun, mereka berlomba-lomba membuat teh yang berkualitas. Mau ikuti festivasl yang satu ini? Jangan tunda lagi segera pesan tiket pesawat citilink dan berangkat menuju China.


Festival Bunga Lotus


Festival bunga lotus biasanya dirayakan saat bunga lotus bermekaran yaitu sekita bulan juli sampai agustus. Festival lotus juga biasanya dilaksanakan di Baihe. Jika anda ingin melihat bunga lotus yang bermekaran, anda harus berlomba-lomba dengan waktu, karena bunga lotus tidak mekar selama 24 jam, tetapi hanya bermekaran beberapa jam saja yaitu mulai pukul 5 pagi hingga pukul 10 pagi saja.



Kamu akan dibuat kagum dengan keindahannya. Tidak hanya berwarna pnk dan putih, lotus juga memiliki beberapa warna yang colourfull seperti hijau dan kuning. Di tempat ini kamu juga bisa mendapati beberapa olahan lotus seperti alat kosmetik, bedak sampo, serta jadi olahan makanan seperti kue,biskuit, es krim dan masi banyak lagi yangg bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh khas beihan.


Festival Seni Modern


Festival ini merupakan festival seni terbesar sepanjang tahun. Banyak karya-karya seni yang dipamerkan di tempat ini karya dari seniman-seniman terkenal. Festival ini umumnya bertujuan mengenalkan karya-karya seni dari berberapa seniman terkenal dunia. Festival ini biasanya di adakan pada pertengahan bulan september hingga pertengahan oktober.

Tidak hanya karya seni modern, karya seni dari masa ke masa juga dipamerkan disini agar masyarakat tahu perkembangan teknologi dari masa ke masa. Intip tiket pesawat citilink dan tiket pesawat promo 2018 lainnya hanya di Reservasi.com, pilih yang sesuai dengan budget liburan kamu.
Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar