Friday, July 13, 2018

Ulasan Mengenai TV LCD dan TV LED

Televisi adalah salah satu hiburan yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Banyak acara-acara menarik yang ada di televisi, seperti sekarang ini sedang berlangsungnya piala dunia, semuanya bisa kita lihat di televisi selain melalui internet. Dan televisi ini, pasti sudah ada disetiap rumah bukan. Saya sendiri adalah orang yang memang tidak memiliki televisi dirumah, tapi bukan berarti suatu saat nanti saya tidak membeli sebuah hiburan keluarga ini. Nah.. kadang saya juga bingung bagaimana caranya memilih TV yang pas untuk keluarga saya. Pilih yang LED atau yang LCD?.



Jika Anda bingung memilih TV LED atau TV LCD untuk rumah Anda juga? Berikut akan diulas perbedaan dan perbandingan serta alasan mengapa TV LED lebih unggul dari TV LCD. Dikatakan bahwa TV LED memang lebih unggul, akan tetapi TV LCD juga bisa menjadi pertimbangan untuk Anda. Karena harga TV LCD di pasaran sangat terjangkau dibandingkan dengan harga TV LED. Harga TV LCD di toko juga banyak dilengkapi dengan promo, sehingga TV LCD juga merupakan pesaing bagi TV LED yang lebih unggul.


Berikut merupakan perbedaan TV LED dan TV LCD serta alasan mengapa TV LED lebih unggul dari TV LCD.

1. Material yang digunakan dan cara kerjanya

TV LCD menggunakan material dasar Liquid Crystal Display, sementara TV LED menggunakan Light Emiting Diode. Perbedaannya adalah berikut ini, TV LCD bekerja dengan cara memantulkan sumber cahaya backlight untuk kemudian mengubahnya menjadi sub piksel yang terdiri dari 3 warna. TV LED merupakan terusan dari TV LCD, TV LED menggunakan lampu LED sebagai backlight untuk menghasilkan cahaya yang nantinya akan melewati proses filtrasi hingga warna pada gambar menyebar secara merata pada keseluruhan layar.

2. Konsumsi listrik

Berbeda material tentu berbeda pula konsumsi listriknya. Pada TV LED, konsumsi listrik yang dibutuhkan lebih sedikit karena penggunaan lampu LED sebagai material backlightnya. Sementara TV LCD menggunakan lampu neon sebagai penghasil cahaya yang jatuhnya jelas lebih boros daripada lampu LED.

3. Tingkat kontras

Pada tingkat kontras TV LCD, kontras yang dihasilkan tidak setinggi TV LED. Hal tersebut disebabkan karena penggunaan lampu fluorescent atau neon yang digunakan sebagai sumber cahaya pada TV LCD. Sementara TV LED menggunakan Light Emiting Diode sebagai sumber cahaya yang mampu menghasilkan tingkat kontras yang lebih tinggi dan cenderung berwarna lebih gelap namun lebih kaya warna.

4. Ketebalan layar

Pada TV LCD, layar cenderung lebih tebal dibandingkan dengan TV LED karena material yang digunakan pun memang berbeda.

5. Daya tahan

TV LED cenderung lebih tahan lama karena sekali lagi penggunaan lampu LED tersebut.

No comments:

Post a Comment