Friday, July 13, 2018

Mengenal Berbagai Penyebab Menstruasi Tidak Teratur yang Harus Anda Ketahui

Haid ataupun menstruasi merupakan siklus bulanan yang memang dialami seorang wanita sebagai indikasi keadaan normal dari alat reproduksi yang mereka miliki. Siklus menstruasi ini, biasanya akan terjadi pada saat seorang wanita mengalami ovulasi ataupun pembentukan sel telur baru dalam rahim mereka. Sistem pembentukan sel telur baru dalam rahim seorang wanita ini akan menyebabkan lunturnya lapisan endometrium dari dinding rahim, dimana pelepasan inilah yang akan menyebabkan terjadinya menstruasi. Masa ovulasi dalam diri seorang wanita, biasanya akan terjadi dalam rentan waktu 21 hingga 40 hari. Pada masa inilah seharusnya menstruasi dalam diri wanita terjadi.



Jika dalam kurun waktu tersebut, masa haid tidak juga dialami oleh seorang wanita, maka kemungkinan kondisi tidak normal pada rahim terjadi dalam diri mereka. Adapun beberapa penyebab haid tidak teratur, antara lain adalah:

  • Seorang wanita mengalami kehamilan, dimana pada masa ovulasi tersebut sel telur telah dibuahi sehingga lapisan endometrium pun tidak menjadi luntur.
  • Seorang wanita memasang ataupun menggunakan alat kontrasepsi, dimana hal ini biasanya akan dapat membuat siklus haid menjadi sedikit ataupun banyak, dan terjadi dengan tidak teratur, karena alat kontrasepsi tersebut mempengaruhi sistem pembentukan hormon pada wanita.
  • Seorang wanita akan memasuki masa menopouse, masa inilah yang dapat membuat seorang wanita dapat mengalami ketidaklancaran dalam sistem menstruasi dalam diri mereka.
Gangguan kesehatan dalam alat reproduksi seorang wanita juga dapat membuat masa haid dalam diri mereka menjadi tidak lancar. Hal inilah yang memang harus diwaspadai oleh seorang wanita ketika haid yang terjadi dalam diri mereka tidak teratur. Oleh karenanya ketika mengalami ketidaklancaran siklus haid ini, akan lebih disarankan bagi Anda untuk mengkonsultasikan dengan dokter kandungan agar nantinya penyebab dapat dideteksi sedini mungkin.

Cek faktor haid tidak teratur dengan segera, agar nantinya tidak terjadi permasalahan yang serius pada kesehatan alat reproduksi yang Anda miliki. Dengan pendeteksian penyebab siklus haid tidak lancar sedini mungkin, maka pengenalan kondisi kesehatan rahim pun akan lebih dapat terjadi dengan baik, dan apabila memang terjadi permasalahan kesehatan maka pengobatan sejak dini pun dapat dijalankan.

No comments:

Post a Comment