Thursday, October 25, 2018

Merindukan Bali yang Penuh Kesan dan Selalu Bikin Kangen

Walaupun waktu yang saya habiskan di Bali beberapa tahun yang lalu tidaklah begitu lama. Namun Pulau Dewata ini mampu menghadirkan kesan yang sangat mendalam buat saya. Di Bali jualah saya mengalami transformasi yang saya anggap paling penting dalam hidup saya.

Masa-masa indah tinggal di pulau ini selalu terkenang dan membuat saya sering merasa kangen. Terutama dengan sahabat-sahabat yang ada di sana, begitu juga dengan teman-teman sekantor dulu, tak terkecuali suasananya yang menyenangkan karena banyaknya objek wisata menarik di Pulau ini.



Tapi sekarang, saya tidak lagi sebebas dulu, dimana ketika saya ingin pergi berlibur, saya bisa memilih waktu kapan pun saya inginkan. Faktor pekerjaan dan keluarga membuat saya sedikit kesulitan untuk mencari waktu waktu luang yang bisa saya gunakan untuk pergi traveling.

Setelah melihat-lihat kalender dan mengecek hari libur nasional serta cuti bersama di Traveloka. Saya melihat ada satu kesempatan yang cukup bagus untuk pergi berlibur ke Bali dengan keluarga. Momen tersebut adalah hari Nyepi yang jatuh pada hari Kamis dan Jumat, tanggal 7-8 Maret 2019.


Karena jatuh pada hari Kamis, maka hari Jumat akan jadi hari kejepit yang biasanya lebih enak kalau kita jadikan sebagai hari libur dengan mengambil cuti.

Selain karena ada hari libur nasional dan hari kejepit. Berlibur ke Bali menjelang Nyepi bisa jadi momen paling tepat untuk travelling. Pasalnya, pada saat itu kita akan disuguhkan dua momen seru yang hanya akan dapat kita nikmati setahun sekali jika berkunjung ke Bali, yaitu:
  • Pawai ogoh-ogoh. Yang biasanya dilaksanakan satu malam sebelum Nyepi. Festival ogoh-ogoh menyuguhkan aneka rupa patung atau boneka yang mewakili unsur-unsur negatif dan sifat buruk serta kejahatan. Festival ini bisa kita nikmati hampir diseluruh pelosok Bali. Ini merupakan festival yang tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke Bali pada saat liburan menjelang Nyepi.
  • Sehari setelah perayaan (hari raya) Nyepi, masyarakat Bali akan menggelar tradisi unik lainnya bernama Omed-omedan. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, omed-omedan artinya tarik-menarik. Tradisi ini merupakan tradisi yang unik dan lucu karena diikuti oleh muda-mudi (masyarakat) Bali yang belum menikah dan berusia antara 18-30 tahun. Festival ini diisi dengan atraksi yang agak aneh yaitu ciuman, pelukan, tarik-menarik, dan siram-siraman antar para pemuda dan pemudi yang terlibat. Tapi bukan sembarang mencium atau mengumbar nafsu birahi. Acara ini digelar untuk memupuk rasa kekeluargaan dan kebersamaan.
Di samping tradisi Omed-omedan, pada hari itu juga biasanya akan dimeriahkan dengan pementasan Barong Bangkung jantan dan betina. Yang juga bisa jadi tontonan menarik selama liburan di Bali.

Jika melihat hari libur Nyepi yang jatuh pada tanggal 7 dan 8 Maret. Maka setidaknya kita harus sudah berada di Bali pada tanggal 6 atau tanggal 5 Maret. Jadi, jika ingin mengambil cuti. Buat kamu yang juga mungkin tertarik untuk ikut liburan ke Bali pada saat Nyepi nanti.

Baca juga : Ini Caranya agar kamu bisa liburan murah ke Bali

Dua tanggal tersebut bisa jadi pilihan tepat agar sempat beristirahat dan bersiap-siap menyambut festival ogoh-ogoh dan suasana Nyepi yang sunyi. Saat-saat seperti ini suasana terasa begitu damai. Sangat cocok untuk melupakan sejenak suasana kota dan kantor serta pekerjaan yang selalu bikin kita stres.


Cari tiket dan tempat menginap


Setelah memastikan tanggal keberangkatan. Ini waktunya untuk mencari tiket pesawat dan tempat menginap.

Tapi seperti biasa, kegiatan mencari tiket murah dan hotel adalah yang selalu menyita banyak waktu dan tenaga.

Setelah dari sana sini, dan belum juga dapat tiket dan hotel murah karena memang menjelang liburan harga tiket selalu mahal. Tidak menyerah, saya mencoba mencari tiket di beberapa online travel agent (OTA), termasuk di Traveloka. Nggak disangka, ternyata di OTA yang satu ini ada penawaran paket menarik berupa “pesan pesawat+hotel.”

Setelah saya telusuri, ternyata pesan paket pesawat+hotel secara bersamaan di Traveloka lebih hemat dibandingkan apabila kita memesan secara terpisah. Nggak tanggung-tanggung, hematnya bisa sampai 20% lho guys. Itu belum pakai kode promo apapun loh...

Bayangkan seandainya kita dapat voucher diskon atau promo menarik. Tentu biaya liburan yang akan kita keluarkan jauh lebih sedikit atau lebih hemat. Lumayan, uang sisanya bisa kita simpan untuk beli oleh-oleh atau untuk berburu kuliner khas Bali seperti Ayam Betutu yang pasti bikin nagih saking enak dan nikmatnya.

Setelah mencoba paket ini. Saya rasa, selain lebih hemat, paket pesawat + hotel yang disediakan oleh Traveloka juga memberikan beberapa keuntungan lainnya, berupa:
  • Produk ini memudahkan kita dalam memesan tiket pesawat sekaligus hotel. Sehingga tidak perlu mencari secara terpisah--yang kadang-kadang membuat kita kebingungan dan harus menyesuaikan tanggal keberangkatan dengan booking hotel. Di hari-hari libur atau pada saat high-season. Mencari tiket pesawat dan booking hotel secara terpisah bisa jadi pekerjaan yang bikin kita galau tingkat dewa.
  • Karena jauh lebih mudah dibandingkan dengan memesan hotel dan tiket pesawat secara terpisah. Paket ini saya rasa sangat membantu kita dalam menghemat waktu dan tenaga.
  • Karena paket tiket+hotel di Traveloka ini saya rasa adalah yang paling murah dan paling menghemat waktu. Tanpa ragu saya pun mencoba memesan sekaligus merekomendasikannya buat kamu yang ingin mencari tiket dan hotel murah.
  • Sekali lagi saya dibuat tercengang oleh Traveloka. Pasalnya, pilihan metode pembayaran yang tersedia di OTA yang satu ini sangat mudah dan lengkap. Kita bisa membayar dengan menggunakan kartu kredit, melalui ATM, transfer bank, atau bisa juga dengan menggunakan mobile banking dan internet banking seperti yang saya lakukan.
Bagi teman-teman yang bingung kapan mau mengambil cuti buat liburan, saya sarankan kamu memeriksa hari libur nasional dan cuti bersama yang disediakan Traveloka pada halaman ini.

Mengingat transportasi dan menginap (pesawat dan hotel) adalah dua hal yang paling banyak menyita budget maka, saya rasa cara memesan tiket pesawat sekaligus hotel yang saya lakukan di atas bisa kamu contoh jika ingin menghemat uang, waktu, serta tenaga saat merencanakan liburan.


Beberapa pilihan destinasi wisata menarik di hari-hari libur nasional tahun 2019


Selain liburan ke Bali, masih ada banyak destinasi wisata menarik di Indonesia yang bisa kita datangi ketika ada hari hari libur nasional atau ketika kamu mengambil cuti. Beberapa di antaranya yang saya anggap menarik adalah:

  • Berlibur ke Jogja untuk menikmati megah dan indahnya Candi Borobudur serta Candi Prambanan. Tak lupa juga Malioboro yang selalu jadi destinasi wajib saat berkunjung ke Jogja
  • Yang kedua adalah Jakarta. Kamu bisa memilih travelling ke Jakarta untuk menikmati indahnya Pulau Seribu yang mempesona
  • Atau bisa juga dengan pergi ke Sumba (NTT), yang terkenal eksotis dan unik. Alternatif lain, kamu bisa mengunjungi Pulau Komodo yang populer dan tercatat sebagai salah satu warisan dunia di UNESCO ini

No comments:

Post a Comment