Sunday, November 4, 2018

Perbandingan Kualitas Oppo A83 vs Oppo F5

Oppo A83 vs Oppo F5 mana yang lebih baik? Munculnya Oppo F5 kemudian disusul rilis Oppo A83 sedikit membingungkan konsumen. Meskipun ada perbedaan signifikan di sektor harga, namun dari sisi desain dan performa nampak tak jauh beda. Sama halnya dengan Oppo F5, Oppo A83 juga dibekali layar bezel-less, sebuah rancangan terbaru dari Oppo dengan aspek rasio 18:9. Bukan hanya dari tampilan, fitur-fitur yang dibawa Oppo A83 juga sebelas dua belas dengan Oppo F5. Ada fitur A1 Beauty Technology juga face unlock yang sama-sama dimiliki dua jagoan milik Oppo ini.

image source: Learnandhack.com


Perbedaan Oppo A83 dan Oppo F5


Kendati banyak kemiripan faktanya ada cukup banyak perbedaan antara Oppo A83 dengan F5. Sudah jelas karena pada prinsipnya kedua Smartphone ini diluncurkan untuk segmen harga yang berbeda. Salah satu pembeda yang paling kentara adalah komponen pemindai sidik jari. Fitur fingerprint yang dimiliki Oppo F5 absen di Oppo A83 dan digantikan Face Unlock. Dari sisi resolusi layar sepintas keduanya memang mirip namun sebenarnya resolusi layar Oppo A83 lebih rendah dari layar Oppo F5 versi apapun. Perlu diketahui, Oppo F5 hadir dengan 3 pilihan berbeda yaitu Oppo F5 (standard), Oppo F5 RAM 6GB, dan Oppo F5 Youth.

Supaya lebih adil kita akan bandingkan Oppo A83 vs Oppo F5 Youth sebagai varian Oppo F5 versi terendah.


Oppo F5 Youth hadir berbekal kamera belakang 13MP sedangkan kamera depan 16MP dengan RAM 3GB. Sementara bagian layar berukuran 6 inch beresolusi 2160 x 1080 pixel Full Screen FHD+ dengan rasio 18:9. Sisanya ada Corning Gorilla Glass 5 untuk proteksi layar sedangkan pada dapur pacunya ada prosesor MediaTek MT6763T.

Beralih ke spek Oppo A83, ternyata Smartphone ini punya cukup banyak kemiripan dengan Oppo F5 Youth. Ada 2 perbedaan yang cukup mencolok, pertama Oppo A83 ukuran layarnya sedikit  lebih kecil yaitu 5,7 inch. Yang kedua dari resolusinya dimana ponsel ini hanya memiliki resolusi 720 x 1.440 pixel HD+.

Jadi bisa disimpulkan untuk urusan layar dan resolusi, Oppo A83 kalah jauh dengan Oppo F5. F5 Youth mempunyai layar yang lebih lebar, terlebih dengan resolusinya yang tinggi tentu saja Oppo F5 memiliki kerapatan piksel yang lebih baik.

Bisa disimpulkan bahwa Oppo A83 cenderung lebih cocok bagi pengguna yang ingin memiliki Smartphone mid-end dengan spesifikasi mumpuni namun mengabaikan pentingnya kerapatan layar.

Dalam hal ini sudah pasti Oppo A83 memiliki performa lebih baik dibanding F5 Youth karena kerapatan pikselnya lebih longgar. Dari uji Benchmark AnTu Tu bisa dibuktikan dimana Oppo A83 mendapat skor mencapai 80,205 sementara Oppo F5 Youth hanya 66.991 saja.
Perbedaan lain yang tak kalah penting yaitu soal kamera. Disini F5 Youth layak jadi pemenang terutama sektor kamera depan. Dengan sensor 16MP, Oppo F5 Youth sendiri memang ditasbihkan sebagai ponsel selfie expert. Faktanya Oppo A83 tidak mengusung slogan selfie expert, dia hanya dibekali sensor kamera depan resolusi standard 8MP.

Boleh jadi A83 kalah soal tampilan layar namun masih patut bangga karena unggul untuk urusan performa. Namun untuk kecerahan layar, ketajaman layar, dan cantiknya hasil selfie memang harus menyerah dibawah F5 Youth. Bagaimana dengan harga Oppo A83 2018? Masih membahas Oppo A83 vs F5 begini perbedaan harga keduanya. Untuk penjualan resmi di Indonesia Oppo A83 dipasarkan Rp 2,9 juta sedangkan Oppo F5 Youth Rp 3,5 juta. Ada perbedaan harga cukup besar, segera tentukan pilihan Anda. 


No comments:

Post a Comment