Ganti Template, Kesenangan Sendiri Dalam Blogging

Mengganti template blog adalah hal yang saya sukai selain menerima bayaran dari sponsor blog ini. Sepertinya, ngeblog memang paling menyenangkan di bagian ganti template sama nulis curhat gak penting. Entah berapa kali saya udah ganti baju blog jombloku ini. Dan seperti biasanya, karena udah keseringan ganti template, saya tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengubahnya seperti yang saya inginkan.



Tapi... Ada bedanya dengan template sekarang, kali ini template saya beli di Etsy seharga $5 karena udah dari dulu kepengen menu bar yang diatas itu kalo di scroll ga ikut naik. Tapi beberapa kali juga udah nyobain coding sendiri, hasilnya saya tetep gak bisa ngoding template dengan menu bar yang tetep ada diatas meski udah discroll. Biasanya sih saya nyari sendiri sampe bisa, tapi kali ini saya nyerah karena gak ada waktu lebih buat ngulik hal kayak gini.

Untungnyaa... saya punya uang di Paypal, jadinya saya ya beli aja dari pada ribet ngabisin waktu sementara waktunya bisa saya pake buat nyari penggantinya haha. Sebenarnya apa sih keuntungan ganti template buat blogger?

Ngeblog Jadi Lebih Semangat


Bener banget! Gimana perasaanmu kalau punya rumah baru? Seneng gak. Pasti seneng kan, apalagi rumahnya bagus dan yang penting enggak KPR ataupun utang Bank haha. Template baru itu bikin semangat ngeblog. Meski selalu di protes sama suami, "Diapain lagi dek.." "Ngapain lagi dek" "Template lagi dek" wkwkwkw.. Tapi saya ya cuek aja, orang asik kok, seneng gitu rasanya punya tampilan baru :D. Otomatis, mata jadi fresh lagi. Ayo.. yang baru ngeblog, jangan bosan untuk nulis ya, jangan lupa juga nyobain macem macem template gratisan dulu lah. Kalo ada uang baru beli yang berbayar.

Kerugian Ganti Template Blog


Kerugiannya bagi yang gak pernah ganti template blog atau yang belum paham dengan kode HTML blog ya semuanya harus setting dari awal. Seperti memasang kode google webmaster, Mengganti font kesukaan, ganti header, sampai yang nempelin kembali widget blog yang udah terpasang sebelumnya. Dan ini memakan waktu banget, dan memang enggak sebentar. Jadinya kalau udah niat ganti template blog, lebih baik memilih waktu yang tepat dan mengukur diri untuk siap mengedit template sampe tuntas. Kalau gak tuntas bisa-bisa berhenti di tengah jalan dan tampilannya jadi kurang enak dilihat.


Cara Mengganti Template Blog di Blogger


Karena platform yang saya gunakan adalah blogger, jadi saya akan berbagi gimana cara ganti template di blogger. Kamu bisa memilih langsung template yang disediakan oleh blogger. Jika harus menggunakan template dari luar, kamu bisa meng-upload template dengan format .xml di pengaturan template blogger. Jelasnya lihat gambar ya.. Mudah banget kok :D.

1 comment