Cara Merawat Charger Handphone agar Tidak Cepat Rusak

Charger Handphone adalah salah satu perangkat elektronik yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Seperti kebutuhan kita menggunakan smartphone, charger juga bagian penting yang harus diperhatikan dan bahkan harus ada setiap saat. Dan mungkin, diantara kita sudah sering berganti charger HP karena beberapa sebab yang mungkin kita sendiri tidak mengetahuinya.  Saya sendiri adalah salah satu orang yang sering mengganti charger handphone saya karena beberapa sebab. Dan yang paling sering adalah karena kabel chargernya yang tidak berfungsi.



Dari sana saya bertanya-tanya, apakah salah cara saya merawat charger yang saya miliki. Memang sih, perlakuan saya terhadap charger tidak semanis kepada handphonenya haha. Padahal sama-sama penting ya..

Sebelum saya membagikan cara merawat charger handphone agar awet berikut adalah beberapa sebab mengapa charger HP cepat rusak. Untuk sekedar pengetahuan kita saja, biar charger bisa awet. Karena menemukan charger yang asli tidak mudah, bukan? Berikut adalah beberapa sebab mengapa charger handphone kita cepat rusak.

Kurang Sempurnanya Arus Listrik

Penyebab charger handphone cepat termasuk salah satunya adalah karena kurang sempurnanya listrik yang masuk ke dalam saluran kabel charger. Hal ini sering sekali terjadi namun tidak pernah kita sadari karena mungkin suka terburu-buru saat mulai men-charger handphone atau alasan lainnya. Oleh karena itu, perhatikan kepala charger saat memasukkan kedalam handphone, pastikan untuk benar-benar masuk ke dalam adaptor adalah salah satu solusinya.

Port Kotor atau Berkarat 

Konektivitas arus listrik tidak akan masuk kedalam charger, karena port charger handphone kita miliki sudah berkarat atau kotor. Hal ini menyebabkan arus listrik tidak bisa terkoneksi dengan baik.

Sering Bergantian Charger dengan Device Lain

Penyebab lain yang menyebabkan charger cepat rusak adalah pemakaian charger yang sering berganti handphone dari satu ke handphone lainnya dengan cara yang sama.

Nah.. sekarang, setelah kita tahu penyebab charger handphone cepat rusak, sekarang kita akan mempelajari bagaimana cara merawat charger handphone agar awet.

Jangan Mengisi Baterai Handphone Terlalu Lama 


Terkadang kita seringkali lupa saat melakukan pengecasan terhadap handphone. Sebagai contoh kecil, saat handphone di cas, kita melakukan aktivitas yang lain. Kebiasaan tersebut bisa menyebabkan aliran listrik masuk ke dalam smartphone kita terlalu berlebihan melewati charger handphone kita. Untuk mengatasinya, jangan terlalu lama saat mengecas, bila perlu, gunakanlah alarm untuk mengingatkanmu. Selain charger handphone bisa cepat rusak, handphone yang kita miliki juga akan seperti itu.

Jangan digunakan di banyak Smartphone

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, mungkin kebanyakan dari kita menggunakan charger secara bersamaan apalagi jika kita bekerja di perkantoran. Padahal charger Android satu dengan Android yang lain meskipun memiliki bentuk charger yang sama, namun tipe port  ini sebenarnya berbeda. Jadi, usahakan untuk membawa sendiri charger khusus untuk handphone kita ya..

Lapisi Charger handphone 

Melapisi kabel charger dengan kabel Protector juga bisa membuat kabel terjaga dari luar. Sekarang, sudah banyak sekali toko online yang menyediakan kabel protector dengan harga yang bervariasi. Oh ya... jika kamu juga sedang bingung dimana tempat untuk mencari pengganti charger handphone milikmu yang mungkin saja saat ini sedang bermasalah, kamu bisa mencerinya melalui toko online jakmall.com.

No comments