Solusi Mogok Makan Anak, Bikin Nugget Ayam Aja

Jujur saya, selama menjadi seorang ibu dari 2 orang anak membuat saya banyak belajar tentang cara makan mereka. Tidak seperti orang dewasa, anak-anak cenderung memilih makanan yang mereka sukai dan tidak disukai. Kalau suka sama lauknya.. ya makannya banyak, begitu juga sebaliknya. Kalau mereka kurang suka sama lauknya, makan juga jadinya malas-malasan bahkan meskipun disuapin saat makan. Berbeda dengan orang dewasa yang makan apapun bisa aja, kalau saya asalkan ada sambelnya aja :D.


Berikut adalah beberapa nutrisi yang dibutuhkan balita agar ia tumbuh dengan sempurna:


  • Kalsium

kalsium penting bagi tubuh untuk membantu pertumbuhan gigi dan tulang agar kuat serta menjaga fungsi syaraf dan otot agar sehat. Selain itu, kalsium juga membantu tubuh kita dalam mengubah makanan menjadi energi. Kalsium bisa bunda temukan dari susu, keju serta ikan.


  • Zat besi

Dampak kekurangan zat besi bisa menyebabkan balita terkena anemia, oleh karenanya bunda harus cukup memberikan asupan zat besi kepada buah hati. Makanan yang mengandung Zat besi diantaranya adalah, daging, ikan dan kuning telur.

Selain 2 nutrisi penting diatas, kita juga harus memberikan anak makanan yang kaya akan Asam lemak esensial, magnesium, kalium, vitamin A, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, dan juga Zink.

Nah.. karena mereka membutuhkan banyak nutrisi untuk pertumbuhan, mogok makan bisa jadi masalah yang bikin kepala pusing. Disaat itulah, ide-ide kreatif sebagai seorang ibu harus muncul dan harus bisa mengusir rasa malas. Dan untuk masalah ini, biasanya saya melakukan beberapa hal untuk mengatasi mogok makan tersebut.

Membuat sesuatu yang mereka sukai


Nugget ayam adalah salah satu cemilan atau makanan yang disukai anak-anak. Makanan yang mereka sukai seperti inilah yang harus kita bikin ya bunda.. Membuat nugget ayam sebenarnya bukan hal yang sulit kok. Terlebih jika membuat nugget sendiri dirumah, kita bisa menambahkan beberapa sayuran seperti wortel, brokoli atau yang lainnya. Selain sayuran, kita juga bisa menambahkan tahu, keju dan lainnya. Dengan dibentuk dan dijadikan sebagai nugget, anak-anak tidak akan merasa makan sayuran karena sudah diolah menjadi makanan yang memiliki bentuk dan rasa yang berbeda dari bahan dasarnya.

Oh ya bunda... ada lagi yang perlu bunda perhatikan agar anak-anak juga lahap saat menyantap makanan buatan bunda. Bentuklah nugget dengan karakter-karakter lucu, cetakan karakter ini bisa bunda dapatkan di toko-toko kue terdekat disekitar rumah.

Makan sambil bermain


Jika anak sudah mulai mogok makan, maka bunda juga harus tau bagaimana cara membuat sang anak merasa senang agar makanan bisa masuk kedalam tubuhnya. Salah satunya adalah dengan mengajaknya bermain sambil makan. Bagi anak balita, makan di meja makan adalah pekerjaan yang membuat mereka bosan. Karena dunia mereka adalah dunia bermain, maka tidak ada salahnya mengajak mereka makan sambil bermain.

Lomba makan bersama teman atau saudara


Kompetisi selalu membuat anak-anak bersemangat untuk melakukan sesuatu. Bunda bisa mengakalinya dengan cara ini ketika anak-anak mulai mogok makan. Ajak kakak atau adik makan bersama dengan untuk memacu persaingan. Janjikan juga hadiah bagi yang menghabiskan makanannya dengan baik.

No comments