Cara Merawat Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Rambut adalah mahkota wanita maupun pria yang perlu di rawat dan dipertahankan agar kita tetap terlihat cantik dan menarik. Tapi sayang, ada banyak hal yang seringkali membuat rambut kepala rontok, kusam, dan Mengalami berbagai masalah lainnya. Bagi kamu yang mengalami masalah kerontokan, berikut adalah beberapa cara merawat rambut rontok dengan bahan alami yang bisa kamu coba.


Rambut Rontok

Saya sendiri pernah mengalami rambut rontok hingga membuat saya merasa khawatir. Pasalnya, kerontokan membuat rambut saya jadi tipis dan lepek. Padahal, saya terlahir dengan rambut tebal. Rambut yang tebal seringkali membuat saya merasa bangga dan senang mematut diri di depan kaca.

Cara merawat rambut rontok sebenarnya tidak terlalu sulit. Saya sendiri pernah mengalaminya. Tapi yang jelas, setiap orang mungkin memiliki sumber masalah yang berbeda-beda. Sehingga solusinya pun jadi beragam. Pada diri saya, saya mengalami kerontokan akibat kehamilan. Pada awalnya, saya merasa khawatir dengan kejadian tersebut. Tapi setelah membaca beberapa pengalaman ibu hamil lainnya, saya jadi tahu bahwa kehamilan memang bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok pada wanita.

Penyebab rambut rontok

Setidaknya ada 19 penyebab rambut rontok pada pria maupun wanita, dan berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Rambut rontok pada pria yang pertama disebabkan karena faktor genetik
  • Penyakit autoimun yang dapat menyebabkan alopecia areata
  • Hypothyroidism (hipotiroidisme) atau kekurangan hormon tiroid
  • Malnutrisi
  • Hyperthyroidism atau hipertiroidisme (kelebihan hormon tiroid)
  • Stres akut
  • Lichen planus
  • Kanker darah atau yang disebut penyakit hodgkin
  • Hypopituitarism
  • Spilis
  • Penyakit hashimoto
  • Penyakit Lupus
  • Penyakit Addison
  • Sklerosis sistemik
  • Penyakit celiac
  • Bisa juga disebabkan karena transplantasi sumsum tulang
  • Sindrom ito
  • Leishmaniasis yaitu sejenis penyakit parasit yang disebabkan oleh parasit leishmania biasanya ditemukan pada lalat pasir
  • Trichorrhexis Invaginata atau yang lebih dikenal dengan istilah bamboo hair

Cara mencegah rambut rontok

Untuk mencegah rambut rontok sama ada beberapa cara yang bisa kamu coba diantaranya adalah:

Pastikan asupan nutrisi cukup setiap hari. Kalau kamu setiap hari jarang makan sayur dan buah-buahan, entah itu karena tidak suka atau karena Malas beli. Mulai saat ini, kamu harus mencoba membiasakan diri makan sayur dan membeli buah-buahan yang kaya vitamin

Hindari stres. Telah disebutkan diatas bahwa stres akut adalah salah satu penyebab rambut rontok. Untuk melawannya, kamu perlu menghindari stres atau merilis stres dengan cara berlibur, menyalurkan hobi, dan melakukan kegiatan kegiatan yang menyenangkan lainnya

Hindari agar rambut tidak stres. Tak hanya pikiran, rambut juga bisa mengalami stres akibat perlakuan yang berlebihan. Mulai dari mengikat rambut terlalu ketat, sering menyisir rambut dengan kasar terutama pada saat basah, hingga sering melakukan styling (mewarnai rambut atau menggunakan bahan kimia untuk tujuan tertentu)

Cara merawat rambut rontok dengan bahan alami

1. Pijat




Pijat adalah cara termudah yang bisa kamu coba untuk mengatasi rambut rontok dan untuk mengembalikan kesuburan dan pertumbuhan rambut. Namun tidak sembarang pijat, memijat kepala dengan menggunakan minyak alami seperti olive oil bisa membantu menjaga kekuatan dan kesuburan rambut serta membantu menghilangkan ketegangan dan stres.

2. Lidah buaya




Menanam lidah buaya di rumah adalah sebuah keharusan karena ini merupakan tanaman serbaguna yang kaya akan manfaat. Selain bisa digunakan sebagai obat luar, lidah buaya sebenarnya juga bisa dikonsumsi untuk mendapatkan sejumlah manfaat terutama dari kandungan mineralnya. Gel lidah buaya bisa digunakan untuk mengurangi ketombe, membuka folikel rambut yang mungkin tersumbat oleh minyak atau kotoran.

3. Minyak kelapa




Sekalipun jarang kita lihat di era modern ini, namun minyak kelapa masih bisa dengan mudah kita temukan jika dicari di toko online. Minyak kelapa murni yang banyak mengandung asam lemak dapat membantu menyuburkan rambut dan menguatkan batang rambut. Asam lemak yang terkandung pada minyak kelapa yang banyak mengandung asam lemak bisa menembus ke dalam batang rambut dan membantu mengatasi rambut yang kehilangan banyak protein. Cara menggunakannya, kamu hanya perlu memijatkan minyak kelapa ke kulit kepala dan basuh ke seluruh rambut lalu Diamkan selama beberapa jam sebelum dibilas dan dibersihkan menggunakan sampo ringan. Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan dan kilo rambut sehingga rambut terlihat lebih indah.


4. Minyak ikan




Jika minyak kelapa terlalu sulit untuk dicari, kamu juga bisa mencoba menggunakan minyak ikan yang sama-sama banyak mengandung asam lemak Omega. Tidak seperti minyak kelapa, minyak ikan harus dikonsumsi untuk membantu memperbaiki rambut dari dalam. Manfaatnya, selain mengurangi kerontokan rambut, asam lemak Omega yang terkandung di dalam minyak ikan juga bisa membantu sel-sel di tubuh bekerja dengan baik dan benar sehingga, tingkat kekebalan tubuh akan lebih optimal yang pada akhirnya akan membuat seluruh tubuh jadi lebih sehat termasuk kulit kepala dan rambut.

No comments