Makanan Untuk Mengoptimalkan Penyembuhan Luka

Setiap orang pasti pernah mengalami luka meskipun ia telah beranjak dewasa. Dan kadang, luka-luka yang ada di tubuh kita sering kita abaikan. Padahal, luka yang tidak terawat dengan baik bisa menimbulkan infeksi yang makin sulit untuk disembuhkan. Oleh karenanya, proses penyembuhan luka perlu segera Anda lakukan. Sebab, luka lama sembuh akan membuat Anda merasa tidak nyaman saat beraktivitas. Berbagai cara merawat luka bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan luka secara optimal. Salah satunya yakni dengan memperhatikan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Berikut ini beberapa daftar makanan yang perlu Anda perhatikan.



Putih telur


Hampir setiap orang rasanya suka untuk mengonsumsi telur. Telur bisa dikonsumsi dengan mengolahnya melalui berbagai macam cara seperti menggorengnya, merebusnya atau bahkan memanggangnya sekalipun. Tapi, tahukah Anda kalau telur juga bisa dimanfaatkan untuk mempercepat proses penyembuhan luka di tubuh manusia?

Anda bisa memanfaatkan putih telur sebagai alternatif penyembuhan luka yang alami dan efektif. Di dalam putih telur, terdapat kandungan asam amino yang tinggi dan berguna untuk memperbaiki serta membentuk jaringan kulit yang rusak. Selain itu, kandungan gizi yang ada di dalam putih telur juga mampu secara efektif meningkatkan imunitas tubuh serta berguna untuk melawan infeksi pada tubuh. Anda bisa memanfaatkan telur sebagai menu sehari-hari untuk mempercepat proses penyembuhan kulit secara alami dan lezat tentunya.

Brokoli


Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang punya banyak manfaat baik bagi tubuh. Selain lezat dan bisa dimasukkan kedalam berbagai jenis menu makanan, Anda juga bisa memanfaatkan brokoli untuk mempercepat proses penyembuhan luka di kulit. Tapi, mengapa brokoli bisa membantu proses penyembuhan luka? Serta apakah brokoli juga salah satu alternatif cara merawat luka yang dianjurkan?

Kandungan vitamin C di dalam Brokolilah yang membuat brokoli masuk ke dalam salah satu daftar makanan yang bisa membantu proses penyembuhan luka. Tapi, tak hanya vitamin C, brokoli juga merupakan sayuran yang memiliki zat antioksidan yang tinggi dan berguna untuk mengatasi peradangan serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Sementara itu, kandungan Vitamin C dalam brokoli juga berguna untuk memelihara pertumbuhan serta pertumbuhan jaringan pembuluh darah hingga bagian terluar kulit manusia. Sehingga, brokoli bisa menjadi salah satu makanan yang wajib Anda konsumsi untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

Itulah dua makanan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengeringkan luka dengan cepat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan obat secara efektif untuk menyembuhkan luka. Selamat mencoba.

No comments