7 Langkah Membersihkan Kulit Wajah dari Jerawat

Memiliki wajah yang cerah dan bersih dari jerawat tentu saja menjadi impian semua wanita. Namun, tidak semua wanita mengerti cara yang benar saat merawat wajah mereka. Bukannya malah jadi bebas jerawat, melainkan wajah semakin kusam dan berjerawat dimana-mana. Oleh karena itu, bagi kamu wanita yang ingin sukses merawat wajah, berikut adalah 7 langkah membersihkan kulit wajah dari jerawat.


1. Langkah pertama, kita harus menemukan makanan pemicunya terlebih dahulu


Menemukan makanan pemicu jerawat, sengaja saya ulas pada langkah pertama karena, informasi mengenai makanan pemicu jerawat adalah hal yang paling penting sekaligus kadang-kadang menjadi hal yang paling sulit untuk diungkap.

Sebagian besar jerawat kronis yang kita alami biasanya disebabkan karena kita tidak memilih makanan dengan benar. Kebiasaan buruk tersebut sekalipun terlihat memiliki dampak yang sangat kecil, namun apabila terus-menerus dilakukan selama bertahun-tahun, hal tersebut tentu dapat mengakibatkan ketidakseimbangan pada tubuh yang bisa memicu jerawat muncul di wajah.

Ya, saya tahu... Bahwa secara medis hal tersebut lebih kompleks dari apa yang saya gambarkan di atas. Akan tetapi, melakukan perubahan pada pola makan serta pilihan makanannya yang kita konsumsi seringkali bisa memberikan perubahan besar pada diri kita.

2. Langkah kedua atau menghindari Skin Care yang tidak cocok dengan kulit wajah dan pilihlah yang cocok dan bagus


Dalam merawat kulit wajah, seringkali kita akan mencoba-coba beberapa merk skin care populer hingga kita menemukan satu yang terbaik dan yang paling cocok. Kegiatan mencoba-coba tersebut sebenarnya sangat berbahaya jika tidak didasari dengan ilmu dan pengetahuan. Pasalnya, setiap orang memiliki tipe kulit wajah yang berbeda-beda. Mulai dari kulit sensitif, kulit normal, berminyak, kombinasi, hingga kulit kering.

Salah memilih kosmetik atau skin care dapat mengakibatkan masalah kulit dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Oleh sebab itu, sebelum memilih skin care pastikan anda mengidentifikasi terlebih dahulu jenis kulit yang anda miliki.

Skin Dewi adalah salah satu skin care terbaik yang saya rekomendasikan Jika anda ingin melakukan perawatan kulit yang murni dan efektif. Pasalnya, banyak produk yang mereka miliki menggunakan bahan alami yang memiliki kinerja tinggi untuk memenuhi kebutuhan setiap jenis kulit. Mulai dari kulit berminyak kulit kering kulit kombinasi, hingga kulit sensitif.

3. Langkah ketiga adalah dengan mengubah kebiasaan buruk yang dapat memicu jerawat


Apa saja sih kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan kulit wajah berjerawat? Menurut dermatologist, di antara kebiasaan buruk yang sering kita lakukan tanpa sadar, yang dapat memicu jerawat diantaranya adalah:


  • Sering menyentuh kulit wajah dengan tangan yang kotor. Kebiasaan ini memang sangat sulit dihindari pasalnya, selalu ada saja hal yang memancing kita untuk menyentuh kulit wajah 
  • Tidak menjaga kebersihan rambut. Rambut yang kotor secara tidak langsung dapat menimbulkan jerawat karena, rambut yang kotor apabila terkena kulit wajah akan meninggalkan kotoran-kotoran tersebut dan menyebabkan wajah jadi berjerawat 
  • Terlalu sering mencuci wajah. Kebiasaan mencuci wajah biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki kulit wajah berminyak. Mereka percaya bahwa mencuci wajah dengan sabun yang busanya banyak dapat membantu mereka membersihkan minyak berlebih dari wajah. Padahal, terlalu sering mencuci wajah, terlebih menggunakan sabun yang keras dan sangat berbusa justru akan menyebabkan wajah menjadi kering dan memproduksi lebih banyak minyak untuk melembabkan dirinya 
  • Terlalu sering mengkonsumsi telur. Telur adalah salah satu makanan favorit di Indonesia. Telur bisa jadi salah satu tersangka pemicu jerawat di wajah yang kadang-kadang tidak kita sadari 
  • Terbiasa makan makanan manis seperti permen dan kue. Kebiasaan buruk lainnya yang dapat memicu jerawat adalah kebiasaan mengkonsumsi makanan manis yang banyak mengandung gula 


4. Terlalu sering stres dan malas pergi liburan


Stres adalah salah satu penyebab ketidakseimbangan hormon pada tubuh. Hormon yang fluktuatif dan tidak terkontrol akan menyebabkan berbagai masalah pada tubuh termasuk kulit wajah. Bagi Anda yang sering bekerja keras dan sering memeras otak dalam menyelesaikan setiap pekerjaan, Anda sudah pasti akan sering stres. Terlebih jika, masalah Tidak hanya anda temukan di kantor melainkan juga di rumah dan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk mengurangi stress, pastikan anda memaksimalkan setiap kesempatan yang ada untuk pergi berlibur atau piknik (berwisata) ke tempat-tempat yang anda sukai atau ingin anda datangi. Selain itu Anda juga bisa menemukan hobi-hobi yang bisa membantu anda merilis stres.

5. Kurang beristirahat dan tidak tidur nyenyak di malam hari


Istirahat dan tidur nyenyak memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kulit wajah. Pada saat kita tertidur lelap, ketika itulah kulit wajah kita bekerja untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Apabila kita jarang beristirahat dan kurang tidur, sudah pasti kesempatan bagi kulit untuk mengobati dan menyembuhkan dirinya sendiri akan sangat minim. Tidur lama saja tidak cukup, kita membutuhkan tidur yang nyenyak di malam hari. Oleh sebab itu, pastikan setiap pengganggu tidur disingkirkan mulai dari:


  • Handphone. Jauhkan handphone setiap kali anda akan beristirahat di malam hari. Mulai dengan mematikannya atau mengaktifkan silent mode 
  • Hindari menggunakan smartphone sebelum tidur karena sinar biru yang terpancar dari hp dapat mengakibatkan kesulitan tidur atau tidur tidak nyenyak 
  • Biasakan mandi Sebelum tidur karena hal tersebut bisa membantu membuat tidur lebih nyenyak 
  • Hindari makan makanan yang terlalu pedas di malam hari karena hal tersebut dapat mengakibatkan tidur tidak nyenyak 
  • Matikan setiap mengganggu termasuk televisi yang suaranya pasti bisa memberikan dampak pada kualitas tidur anda 


6. Jarang minum air putih


Tidak minum air putih secara cukup minimal 2-3 liter per hari berdampak buruk bagi tubuh dan juga kesehatan kulit wajah. Kulit kita adalah bagian dari organ tubuh yang terdiri atas sel-sel, yang banyak terbuat dari air. Oleh sebab itu menghidrasi organ tubuh (kulit) dengan minum air putih yang cukup akan membantunya berfungsi lebih baik dan bisa bekerja maksimal.

7. Langkah ketujuh adalah mencuci wajah dengan benar


Setiap hari kita pasti mencuci wajah. Namun tidak banyak diantara kita yang mencuci wajah dengan langkah-langkah yang benar. Padahal, setiap hari wajah kita selalu terkena polusi dan kotoran serta make up. Debu, kotoran, kuman dan bakteri, make up, hingga polusi sudah pasti akan mengakibatkan berbagai masalah pada kulit wajah apabila tidak diatasi dengan benar.

Oleh sebab itu jika anda ingin membersihkan kulit wajah dari jerawat, pastikan anda mencuci wajah dengan benar sesuai dengan langkah-langkahnya, yaitu:


  • Bersihkan terlebih dahulu kotoran maupun make up pada kulit wajah sebelum dicuci menggunakan make up remover yang sesuai dengan kulit wajah 
  • Buka pori-pori kulit wajah dengan menggunakan air hangat agar kotoran yang terjebak di dalam pori-pori bisa terangkat dengan sempurna 
  • Gunakan sabun pembersih wajah yang lembut, yang tidak banyak mengandung busa serta pewangi 
  • Lakukan gerakan memijat dengan menggerakkan ujung jari secara melingkar di seluruh kulit wajah agar kotoran bisa terangkat 
  • Bilas wajah dengan air dingin agar pori-pori kembali tertutup sehingga kulit wajah akan terlihat lebih kencang dan segar 
  • Sebulan sekali lakukan eksfoliasi atau kegiatan mengangkat sel kulit mati dengan menggunakan exfoliator 
Itulah cara mencuci wajah yang baik dan benar, yang sebaiknya Anda terapkan setiap hari. Ingat, mencuci wajah tidak harus dilakukan terlalu sering, terlebih jika menggunakan sabun. Mencuci dengan sabun dilakukan seminim mungkin untuk menghindari agar kulit tidak kering dan kehilangan kelembaban alaminya.

1 comment

  1. Mantaaps tipsnya mbaak kalau saya pribadi lebih menghindari makanan-makanan pemicu jerawat sama manajemen stress dengan baik, hasilnya ngaruh bangeet. meskipun hanya pakai skincare dasar, kulit wajah Alhamdulillah terjaga :) makasih sharingnyaa mbak :)

    ReplyDelete