Cara Memutihkan Ketiak Paling Efektif

Normalnya, kulit ketiak kita seharusnya berwarna seperti warna kulit tubuh kita. Tapi, adakalanya kita kulit ketiak justru berwarna lebih gelap. Logikanya sih, seharusnya ketiak kulitnya lebih putih karena jarang terekspose sinar matahari.

Ketiak gelap kelihatannya sepele dan nggak begitu berpengaruh. Pasalnya banyak di antara kita yang setiap hari selalu memakai baju lengan pendek atau lengan panjang. Jadi, ketiak jarang banget dilihat oleh orang lain.


Tapi, sekalipun jarang dilihat, bahkan oleh diri kita sendiri, ketiak yang berwarna hitam kerap bikin kita sebel. Kalau udah gini, biasanya sih kita pasti mencoba mencari cara yang bisa digunakan untuk memutihkan kembali warna ketiak.

Cara memutihkan ketiak sebenarnya lumayan banyak kalau kita mau browsing di internet atau lihat video di YouTube. Terutama cara sederhana yang menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita dan dianggap bebas efek samping.

Sekalipun pilihan cara yang bisa dicoba lumayan banyak, nyatanya hanya sedikit yang efektif dan bisa memutihkan ketiak secara permanen. Nah, buat kamu yang penasaran dan pengen tahu gimana sih caranya memutihkan kulit ketiak? Kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

Tapi sebelum itu, kamu juga perlu tahu apa sih yang nyebabin kulit ketiak berubah jadi gelap atau menghitam? Dengan mengetahui apa saja penyebabnya, kita tentu akan lebih mudah untuk menghindarinya atau mencegah agar ketiak tak lagi berwarna gelap setelah warnanya dikembalikan ke warna semula.

Penyebab ketiak hitam atau berwarna gelap


Mencukur


Untuk menghilangkan bulu ketiak, banyak diantara kita yang lebih suka memilih mencukurnya dibandingkan dengan mencabut bulu ketiak. Ini karena mencukur dianggap lebih gampang dan lebih simpel serta lebih cepat.

Tapi sayang, mencukur terlalu sering bisa menyebabkan iritasi dan abrasi kulit, sehingga kulit ketiak berubah menjadi lebih gelap daripada kulit tubuh.

Selain itu, mencukur ini sebenarnya hanya memotong rambut di permukaan kulit. Padahal, folikel rambut tetap ada di bawah kulit. Hal itu kadang-kadang menyebabkan kulit jadi terlihat seperti ada titik-titik hitamnya. Tahukan maksud saya? Kayak cowok-cowok yang suka cukur kumis atau jenggot, tapi masih kelihatan ada bulu yang terlihat seperti titik-titik.

Akibat menggunakan deodoran


Ya, sebagian besar kita pasti menggunakan deodoran untuk mencegah bau ketiak. Tapi nggak banyak di antara kita yang tahu kalau deodoran sebenarnya bisa juga berkontribusi terhadap kulit ketiak yang berwarna gelap.

Pasalnya, sebagian besar deodoran itu mengandung alkohol dan bahan kimia yang sebenarnya sangat keras dan dapat menyebabkan kulit ketiak berubah warna. Kulit ketiak akan semakin menghitam seiring dengan semakin sering dan semakin lama kita menggunakannya.

Disamping itu, aroma deodorant yang kuat juga sebenarnya bisa menyebabkan kulit ketiak jadi mengalami masalah. Jadi, sebisa mungkin cobalah cari deodorant yang tidak terlalu keras dan tidak mengandung aroma yang terlalu kuat.

Ketiak jarang digosok


Setiap hari kita mandi dan berusaha membersihkan kulit dari berbagai noda dan kotoran, tidak terkecuali kulit ketiak. Tapi sayang, membersihkan ketiak dengan menggunakan sabun saja kadang-kadang tidak cukup untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang sebenarnya setiap hari selalu ada.
Oleh sebab itu, dibutuhkan waktu-waktu khusus di mana kita harus melakukan eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati dengan menggunakan exfoliator seperti scrub atau lulur.

Merokok


Ketiak gelap juga sering dialami oleh cowok-cowok yang merokok. Pasalnya, tembakau atau kebiasaan merokok bisa menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit ketiak.

Cara memutihkan kulit ketiak yang efektif


Gunakan deodoran yang mengandung whitening

Rexona Whitening
Rexona Whitening

Buat saya, deodorant favorit yang bisa membantu mengatasi kulit ketiak yang gelap agar terlihat lebih cerah adalah deodoran merek Rexona Advanced Whitening + Anti Noda model roll on.

Sesuai dengan namanya, deodorant ini bisa membantu mencerahkan kulit ketiak karena diformulasikan dengan kombinasi Whitening & Invisible Technology yang diperkaya dengan ekstrak lemon, vitamin E, vitamin F, dan tidak meninggalkan noda pada pakaian.

Gunakan tanaman lidah buaya


Tanaman ini sangat mudah kita temukan dan apabila ditanam juga biasanya tidak membutuhkan perawatan yang muluk-muluk. Cukup disiram setiap hari, tanaman lidah buaya sudah bisa tumbuh dengan subur.

Tanaman lidah buaya atau yang dalam bahasa asing dikenal dengan istilah aloe vera ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk mencerahkan warna kulit ketiak.

Cara menggunakannya gampang banget. Kamu hanya perlu mengambil satu kelopak lidah buaya, kemudian ambil gel-nya. Trus, gunakan atau oleskan di ketiak setiap hari selama beberapa jam.

Susu skim juga bisa diandalkan buat memutihkan kulit ketiak


Cara memutihkan ketiak paling efektif lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan susu skim. Pasti banyak diantara kamu yang sudah tahu kalau susu itu bisa mutihin warna kulit. Jadi, cara menggunakannya pun sama seperti cara menggunakan susu untuk memutihkan kulit pada umumnya.

Lakukan eksfoliator setidaknya dua kali dalam sebulan


Sudah dijelaskan di bagian atas kalau salah satu penyebab kulit berwarna gelap itu adalah karena menumpuknya sel-sel kulit mati. Nah, agar sel kulit mati bisa terangkat dengan sempurna, ada baiknya kamu melakukan lulur tidak hanya di kulit tubuh saja tapi juga di ketiak 2 bulan sekali.
Itulah beberapa cara memutihkan ketiak paling efektif yang bisa kamu coba.

Sebenarnya, masih ada banyak bahan alami lainnya yang bisa membantu memutihkan kulit ketiak, termasuk menggunakan kunyit serta minyak kelapa murni yang emang sudah sejak dulu terkenal sebagai pemutih kulit yang efektif.

No comments