Hindari 4 Kebiasaan Ini, Jika Tak Ingin Kesehatan Rahim Terganggu

Sebagai salah satu organ yang sangat vital fungsinya, kesehatan rahim wajib dijaga dengan baik. Kalau tidak, bisa-bisa kesehatan rahim terganggu, lalu memicu munculnya penyakit seperti penebalan dinding rahim. Kaum wanita sendiri ada yang terlalu peduli dengan kesehatan rahimnya sendiri. Mereka kerap melakukan 4 kebiasaan ini, yang dapat berdampak buruk pada kondisi rahim.


1.Terbiasa Memakan Makanan Cepat Saji 


Jika ingin rahim tetap dalam keadaan sehat, maka hindarilah pengonsumsian makanan cepat saji. Makanan cepat saji berisiko besar membuat Anda menderita obesitas atau berat badan berlebihan. Wanita yang obesitas berisiko 31 persen lebih tinggi mengalami keguguran, dibanding dengan yang punya berat badan ideal. Selain itu, obesitas pun berisiko memicu penebalan dinding rahim, yang dikenal sebagai pre-kanker.

2.Jarang Ganti Pembalut 


Anjuran dari ahli kesehatan, pembalut harus diganti setiap 4 hingga 6 jam sekali. Kebiasaan jarang ganti pembalut, dapat memicu infeksi pada area kewanitaan. Infeksi pada area kewanitaan dapat menyebar ke arah rahim, sehingga menyebabkan endometriosis atau infeksi rahim. Untuk itu, rutinlah mengganti pembalut sesuai anjuran ahli kesehatan dan gunakan merk pembalut yang aman.

3.Asupan Buah dan Sayuran yang Terbatas 


Buah dan sayuran mengandung antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh, khususnya rahim dari efek radikal bebas. Asal Anda tahu, radikal bebas berpotensi menyebabkan keguguran, karena memicu lemahnya kondisi rahim. Oleh karena itu, biasakan diri untuk mengonsumsi buah dan sayuran baik sebelum atau saat kehamilan, agar kesehatan rahim terjaga dengan baik.

4.Ikut Program Diet Sembarangan


Banyak wanita yang rela membatasi asupan makanannya, agar mencapai berat badan ideal. Namun masalahnya, ada yang ikut program diet sembarangan, yang sebabkan asupan gizinya tak tercukupi. Program diet ini membuatnya kekurangan zat dan hormon penting seperti progesteron, yodium, serta vitamin D. Padahal, jika progesteron kurang, dinding rahim dapat menebal dan membuatnya sulit untuk hamil. 

Itulah tadi beberapa 4 buruk wajib dihindari, agar tak terjadi masalah pada rahim Anda. Biasakan diri untuk menyantap makanan sehat, termasuk buah dan sayuran, agar kesehatan rahim selalu terjaga. Jagalah juga kebersihan area kewanitaan, salah satunya dengan cara memakai merk pembalut yang aman saat haid dan rutin menggantinya. Dengan begini, rahim akan berada di kondisi prima.

No comments