Tips Mencari Tiket Kereta Api untuk Pemula

Beberapa waktu lalu, tante saya meminta tolong untuk dicarikan tiket kereta api tujuan jakarta untuk tanggal 21 bulan ini. Karena saya belum pernah punya pengalaman naik kereta api, akhirnya saya tanya dengan seorang temen yang memang hobinya kalau mudik naik kereta. Dia bilang, saya bisa mencari tiket kereta di online travel agent seperti Traveloka. Karena disana kamu bisa milih jenis kereta yang mana yang akan dinaiki. Dan sarannya, jika bepergian ke Jakarta, beli tiket eksekutif adalah pilihan yang tepat karena perjalanan membutuhkan waktu yang lama.



Oleh karena itu, saya mencoba mencari Tiket kereta tujuan Jakarta dari manapun termasuk kota kecil saya Jombang untuk tante yang akan berangkat besok tanggal 21 September 2019 ini. Ya... seperti biasanya, saya bisa mencari tiket kereta seperti biasanya saya mencari tiket pesawat ke Kalimantan dengan mudah. Nah.. bagi teman semua yang berencana membeli tiket kereta untuk bepergian ke Jakarta ataupun kota lainnya, berikut adalah beberapa tips mencari tiket kereta api yang perlu kita ketahui. Karena pengalaman saya juga pertama kalinya mencari tiket kereta ini hehe.

Pilih kereta Eksekutif


Memilih jenis kereta sangatlah penting untuk sebuah perjalanan agar tetap menyenangkan dan nyaman. Jika kita akan bepergian ke kota-kota yang jauh, memilih kelas eksekutif adalah yang terbaik. Seperti kasus tante saya ini, saya juga menyarankan untuk pakai kereta eksekutif karena ia juga memiliki seorang bayi. Selain itu, perjalanan selama 11 jam lebih bukanlah perjalanan yang sebentar jadi setidaknya... kita buat senyaman mungkin berada didalam kereta yang bagus.

Beli di Online Travel Agent


Benar sekali, melalui Online travel agent seperti Traveloka, kita akan mencapatkan banyak keuntungan. Dari tidak membuang banyak waktu untuk pergi ke loket-loket penjual tiket kereta api sampai kita bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Seperti kupon potongan harga hingga beberapa persen.

Tips beli Tiket kereta murah


Pengalaman saya kemaren saat tante minta tolong beli tiket kereta. Kebanyakan tempat duduk sudah terisi semua untuk beberapa kereta dengan harga terjangkau. Oleh karenanya, agar mendapatkan harga tiket kereta yang murah serta banyak pilihan keretanya, beli jauh-jauh hari sebelum banyak pemesan lain yang membeli untuk kota tujuan yang sama. Selain itu, untuk mendapatkan harga tiket kereta murah, kita juga perlu sering-sering cek Aplikasi Traveloka untuk melihat promo-promo yang diberikan melalui aplikasinya. Buruan yang belum install aplikasi Traveloka, segera install ya.. biar gak ketinggalan promonya.

Baca juga: INI CARANYA AGAR KAMU BISA LIBURAN MURAH KE BALI

Memilih Stasiun Tujuan dengan benar


Bagi yang belum pernah ke Jakarta seperti saya, awalnya saya bingung harus turun di stasiun mana saat memilih destinasi kota tujuan melalui aplikasi. Memilih stasiun tujuan yang benar akan membuat kita tidak kesulitan untuk melakukan perjalanan selanjutnya terutama bagi yang belum kenal Jakarta kan. Selain itu, letak stasiun juga mempengaruhi harga dan pilihan kereta yang akan kita booking nantinya. Jadi... boleh lah ditanyakan kepada saudara atau teman yang sudah tinggal di Jakarta stasiun mana yang harus kita pilih saat memesan tiket kereta. Yaa... kalau di Jombang sih cuma ada 1 stasiunnya, jadi gampang aja haha.

Semoga tips membeli tiket kereta api ini bermanfaat yaa.. terutama untuk pemula seperti saya yang mungkin baru melakukan perjalanan pertama menggunakan kereta api. Yaa.. mohon maklum, saya lebih sering naik pesawat dari pada kereta api hahaha... sombooonggg yaa...

No comments