Mengejutkan! Ini 7 Khasiat Lemon untuk Kulit

Buah lemon adalah buah yang sangat luar biasa. Lemon bisa dibuat menjadi minuman yang segar, sering digunakan sebagai bahan utama untuk membersihkan berbagai macam perabot rumah karena mengandung anti bakteri dan antiseptik serta bisa membantu mempermudah pengangkatan minyak dan kotoran. Disamping itu, air lemon juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan termasuk untuk menjaga kecantikan kulit.



Khasiat lemon untuk kulit tidak lepas dari kandungan vitamin C, kalsium, magnesium, dan juga potassium yang terdapat di dalamnya. Tidak hanya baik untuk kulit, sebenarnya lemon juga dapat dimanfaatkan untuk memelihara rambut hingga kuku.

Cara memanfaatkan lemon untuk menjaga kesehatan kulit


Manfaat air lemon untuk kulit beragam dan bisa diterapkan dengan cara yang sangat mudah. Diantara caranya adalah dengan minum air lemon atau mengoleskan air lemon pada permukaan kulit. Minum segelas air lemon di pagi hari akan membuat sistem pencernaan lebih sehat dan bisa meningkatkan energi membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Disamping itu, air lemon menurut penelitian membantu menghidrasi seluruh tubuh.

Manfaat utama lemon untuk kulit adalah sebagai hydrator atau pelembab, mengurangi ketombe pada kulit kepala, mencegah gatal gatal dan kering pada kulit kepala, berfungsi sebagai antioksidan, serta astrigen. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat beberapa poin di bawah ini untuk mengetahui lebih jauh mengenai berbagai khasiat lemon untuk kulit.

 Penangkal radikal bebas 

 Di dalam air lemon terkandung antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah penyebab penuaan dini pada kulit yang gejalanya berupa kerutan atau garis-garis halus.

Apabila radikal bebas dapat dicegah, kulit akan terlihat awet muda kencang, dan antioksidan juga memiliki nilai plus karena bisa membantu tingkatkan sistem kekebalan tubuh.

 Dapat mengecilkan ukuran pori-pori

 Jika anda merasa kurang percaya diri akibat pori-pori wajah anda terlihat besar, anda juga bisa memanfaatkan air lemon untuk mengecilkannya karena pada air lemon terkandung astrigen. Astrigen merupakan larutan yang berfungsi untuk mengecilkan pori-pori. Penggunaan astrigent juga sangat direkomendasikan kepada mereka mereka yang biasa mencabut bulu ketiak ataupun jenggot serta mereka yang sering membersihkan komedo.

Kandungan estrogen pada air lemon bisa dimanfaatkan untuk mengencangkan pori-pori kulit dengan cara mengoleskan air lemon pada kulit menggunakan bola kapas lebih kencang dan lebih halus. Lemon mengandung antiseptik sel kulit mati . Mengangkat sel kulit mati sangat penting untuk dilakukan karena pengangkatan sel kulit mati akan memudahkan sel-sel kulit yang lebih muda untuk tumbuh dan menggantikan sel-sel kulit mati tersebut sehingga kulit akan terlihat lebih cerah, terasa lebih halus, serta lebih sehat.

Mengangkat sel kulit mati selain bisa dilakukan dengan menggunakan exfoliator, menggunakan air lemon mengandung antiseptik. Disamping untuk membantu menyingkirkan sel kulit mati, antiseptik pada air lemon juga bermanfaat mengurangi ketombe dan mencegah berbagai gejalanya. Karena, air lemon selain mengandung antiseptik juga memiliki sifat anti inflamasi serta anti bakteri yang bisa membantu mengatasi dan mencegah jerawat.

 Air lemon dapat menyeimbangkan ph tubuh dan memiliki tingkat asam tinggi

 Tingginya kandungan asam pada lemon bisa dimanfaatkan untuk membantu mengurangi peradangan dan produksi minyak diwajah yang dapat memicu jerawat.

Lebih lanjut, kandungan asam sitrat yaitu sejenis asam alfa hidroksi yang terdapat pada air lemon bisa membantu memecah sel kulit mati. Sel kulit mati sendiri dapat memicu munculnya jerawat serta komedo pada kulit wajah.

Mencerahkan warna kulit

 Air lemon dapat digunakan untuk menyamarkan noda noda hitam, tanda-tanda penuaan, serta bekas luka atau bekas jerawat.

No comments