Kangen Lombok, Kapan Lagi Bisa ke Sana Ya?

Walaupun saya baru sekali pergi ke Lombok, tapi Pulau Seribu Masjid ini sudah memberikan saya kesan yang mendalam. Selain karena memang banyak keluarga suami yang tinggal di sana, yang tentu saja juga otomatis menjadi keluarga saya, ada banyak tempat-tempat menarik yang pernah kami kunjungi yang memberikan pengalaman tak terlupakan.



Pulau Lombok sendiri sebenarnya nggak terlalu besar. Jadi, kalau mau ke mana-mana rasanya serba dekat. Bahkan, dari pusat Kota Lombok Tengah (Praya) ke pusat Kota Lombok Timur atau ke pusat Kota Lombok Barat (Mataram) ternyata bisa dijangkau kurang dari 1 jam. Kebayangkan kalau lombok itu enggak terlalu besar?

Pengalaman saya tinggal di Bali membuat saya bisa sedikit membandingkan kedua Pulau ini, terutama dari sisi pariwisatanya.
Secara fasilitas dan akomodasi termasuk jumlah destinasi wisata, Bali saya akui menang segala-galanya. Tapi, kalau kita ngomongin soal keindahan tempat wisata, saya rasa Lombok tidak kalah cantik. Bahkan, banyak sekali destinasi wisata di Lombok yang rasanya tidak akan bisa kita jumpai di Bali.
Seperti pulau-pulau kecil atau yang akrab disebut “Gili” hingga Pantai Pink yang ada di Lombok Timur. Objek wisata berupa pulau-pulau kecil yang jika di kunjungi serasa refreshing di Pulau pribadi tentu tidak banyak kita temukan di Bali. Begitu juga dengan Pantai Pink yang warna pantainya terlihat unik, hanya dapat kita temukan di beberapa wilayah di Indonesia. Selain Lombok, pantai berwarna merah muda juga ada di Bima, Nusa Tenggara Timur (NTT), Banyuwangi, serta Malang.

Cara Mudah Berwisata ke Lombok


Buat temen-temen yang doyan travellng tapi belum pernah menginjakkan kaki ke Pulau Seribu Masjid ini, saya pribadi sangat merekomendasikan pulau yang kecil mungil tapi indah ini.

Paket wisata Lombok adalah pilihan yang tepat jika ini adalah kali pertama kamu berwisata ke sana. Bukan apa-apa. Sekalipun bisa mengandalkan Google Maps buat pergi-pergi ke objek wisata setelah sewa mobil atau motor. Tapi, kita tetap akan merasa lebih leluasa dan bisa tahu lebih banyak kalau menggunakan paket wisata yang sudah dilengkapi dengan mobil serta driver berpengalaman--yang sekaligus bertugas jadi tour guide.

Kehadiran driver/tour guide tersebut biasanya sangat membantu. Terutama karena mereka sangat berpengalaman dan tahu seluk beluk pariwisata Lombok. Dari pengalaman mereka, kita bisa mengambil banyak pelajaran. Baik itu, tentang objek wisata di Lombok yang menarik, tempat makan yang enak dan murah, tempat-tempat yang wajib dikunjungi, hingga rute mana yang paling enak dan aman untuk ditempuh.

Ngomongin soal paket wisata Lombok, Tour Guide Lombok adalah salah satu yang saya rekomendasikan. Karena selain menawarkan paket tour yang lengkap. Mulai dari one day trip, paket honeymoon, paket wisata Lombok 3 hari 2 malam--atau yang lebih lama dari itu, mereka juga menyediakan rental mobil murah yang sudah dilengkapi driver berpengalaman.
Sejauh yang saya tahu, harga sewa mobil seperti Toyota Avanza lengkap dengan driver dan BBM-nya selama 12 jam ditawarkan mulai Rp450.000.

Harga sewa mobil di Lombok tersebut cukup terjangkau dan relatif murah menurut saya. Apalagi kalau kita datang beramai-ramai, sehingga biaya rental mobil murah di Lombok tersebut dapat dibayar secara patungan.
Hitung-hitungannya, kalau kita berwisata dengan 4 orang, jadi dihitung 5 orang dengan diri kita sendiri. Tarif Rp450.000 kalau dibagi 5 (orang) jatuhnya jadi sekitar Rp90.000 per orang. Kurang lebih sama seperti sewa motor.
Tapi dengan mobil, selain nggak repot nyetir dan dapat pemandu wisata gratis, kita juga nggak takut kehujanan atau kepanasan, serta bisa menghemat lebih banyak tenaga karena bisa duduk nyaman selama di perjalanan.
Dengan harga segitu, menurut saya ini sudah murah banget. Apalagi sudah include sopir dan bensin.

Di Lombok, waktu 12 jam sebenarnya sudah cukup lumayan kalau dipakai buat jalan-jalan. Karena seperti yang telah saya ungkapkan di atas, Pulau Lombok ini nggak terlalu besar. Apalagi jika yang menyetir adalah orang yang berpengalaman, tentu perjalanan akan lebih lancar dan lebih cepat.

Sudah Kangen Berat Pengen Main-Main ke Lombok lagi


Sudah cukup lama sejak saya dan suami serta saudara-saudara yang lain berkunjung ke Lombok dan berwisata di sana. Beberapa bulan yang lalu, sebenarnya sempat juga ada sepupu suami yang menikah, dan hubungan kami lumayan dekat.

Tapi sayang, karena adik di rumah juga mau nikah di tanggal yang berdekatan, kami terpaksa menunda keinginan untuk main-main ke Lombok.

Tapi saya tetap berharap, dalam waktu dekat bisa main-main ke Lombok dan pergi jalan-jalan ke beberapa objek wisata menarik, terutama pantai-pantai cantik di Lombok Timur dan Lombok Utara yang belum sempat saya datangi dulu.

Saya berharap, momen seperti dulu ketika kami ramai-ramai berkunjung ke Lombok akan terulang kembali di pernikahan sepupu suami lainnya, yang sebenarnya masih lumayan banyak. Dan yang belum menikah juga lumayan banyak. Beberapa diantaranya cukup saya kenal karena, mereka pernah sekolah di Jawa. Sehingga, kami pernah bertemu dan sempat mengenal lebih dekat satu sama lain.

No comments