Boleh Tidak Ibu Hamil Gonta-Ganti Multivitamin?

Pengalaman hamil sebanyak 2 kali, setidaknya membuat saya banyak belajar tentang kehamilan. Bagaimana cara saya merawat bayi dalam kandungan, harus makan apa, mengkonsumsi vitamin apa dan bagaimana saya bisa maksimal memberikan yang terbaik untuk janin saya adalah hal yang paling sering saya pelajari. Banyak yang bilang, kesuksesan kita memberikan makanan terbaik untuk janin dalam rahim, akan membuat mereka tumbuh sehat dan cerdas saat nanti dilahirkan. Dari sanalah saya mulai mengetahui bahwa, kebutuhan nutrisi seorang ibu hamil naik beberapa kali lipat dibandingkan ketika tidak hamil. 



Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan asupan nutrisi untuk ibu hamil. Selain nutrisi pokok seperti karbohidrat, protein, dan mineral, ibu hamil juga memerlukan nutrisi tambahan seperti multivitamin. Tentu saja, multivitamin untuk ibu hamil tidak seperti multivitamin yang dikonsumsi oleh kebanyakan orang ya... 

Seberapa penting multivitamin untuk Ibu hamil?


Dikarenakan yang harus dijaga kesehatannya bukan hanya sang ibu melainkan pula sang janin, maka nutrisi yang diberikan pun juga harus ekstra dijaga. Pemberian multivitamin bagi seorang ibu hamil memiliki peran yang penting lantaran bayi yang cerdas dan sehat berawal dari ibu yang sehat pula. Pun juga bayi memerlukan nutrisi di awal kehamilan untuk tumbuh kembangnya yang optimal. Tidak mau kan bayi yang dilahirkan tidak sehat.

Vitamin harus tercukupi


Ada beberapa vitamin yang harus tercukupi diantaranya adalah vitamin C, asam folat, vitamin B kompleks, dan vitamin penting lainnya. Namun, bagaimana jika ada kebiasaan mengganti multivitamin? Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa sang ibu memang harus tercukupi kebutuhan vitaminnya. Namun, segala yang dikonsumsi bukanlah berdasar pada keinginan pribadi melainkan harus sudah melalui rekomendasi dari dokter.

Begitu pula dengan kebiasaan menggonta-ganti multivitamin. Kebiasaan ini bisa jadi karena faktor cocok tidaknya dengan kondisi sang ibu. Bisa jadi pula karena dosis pada multivitamin tertentu terlalu tinggi sehingga berbahaya bagi sang janin. Maka dari itu, menggonta-ganti multivitamin tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Harus benar-benar mendapat rekomendasi dari dokter. Hal ini terkait dengan kesehatan sang ibu dan sang bayi yang menjadi taruhannya.

Vitamin yang aman untuk ibu hamil


Diantara multivitamin yang aman untuk ibu dan bayi adalah Folamin Gold Multivitamin Ibu Hamil. Suplemen berbentuk kapsul ini sangatlah kaya akan asam folat dan DHA yang baik untuk otak bayi. Selain itu, kadarnya yang pas sangatlah aman untuk dikonsumsi.

Itulah beberapa informasi kesehatan yang bisa Anda perhatikan khususnya bagi ibu hamil. Dapatkan lebih banyak artikel kesehatan menarik hanya di Guesehat. Selain artikel, di Guesehat Anda bisa melakukan cek kesehatan serta cek kehamilan secara online dan mudah. Baca juga: www.guesehat.com/kebutuhan-kalsium-ibu-hamil. Cukup menarik bukan? Jangan lupa selalu perkaya informasi kesehatan hanya melalui situs-situs terpercaya salah satunya adalah www.guesehat.com

Tidak ada komentar