Jaga Masa Depan Bumi dengan Melindungi sumber Air

Air merupakan kebutuhan penting yang perlu didapat manusia setiap harinya dan dikatakan sebagai kebutuhan primer. Agar kebutuhan primer tersebut tetap terpenuhi, menjaga kelestarian sumber mata air jadi hal penting yang perlu dilakukan secara berkelanjutan. Lalu, bagaimanakah cara untuk menjaga kelestarian sumber mata air? Beberapa cara berikut bisa Anda coba agar dapat menjaga lingkungan kita dan kelestarian sumber mata air.



Tidak Membuang bahan kimia sembarangan


Penggunaan bahan kimia saat ini tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari kita. Bahan kimia dibutuhkan untuk membersihkan pakaian, dan membantu proses produksi dalam industri agar bisa menghasilkan suatu barang dengan cepat. Hanya saja, selain memberikan manfaat yang begitu besar, bahan kimia juga bisa memberikan dampak buruk bagi lingkungan. Ini bisa terjadi jika kita membuang bahan kimia begitu saja secara sembarangan setelah digunakan.

Salah satu contoh kasus yang seringkali terjadi adalah membuang bekas air cucian secara sembarangan. Air bekas cucian yang mengandung deterjen bisa mencemari lingkungan terutama sumber mata air jika dibuag secara sembarangan. Hal ini tentu dapat mengganggu kelestarian sumber mata air dan membuat cadangan air bersih jadi berkurang karena telah tercemar. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak membuang bahan kimia sembarangan dan sayangi lingkungan kita selalu.

Melakukan reboisasi


Meskipun jarang dikunjungi, hutan merupakan elemen penting yang tidak boleh dilepaskan dalam kehidupan manusia. Mungkin, hutan bukanlah tempat tinggal manusia, hanya saja, hutan merupakan sumber kehidupan yang seringkali tidak kita sadari adanya. Ketika hutan kita rusak, maka ada beragam dampak yang terasa, mulai dari pemanasan global yang semakin menjadi, punahnya sebagian besar hewan langka sampai yang paling parah rusaknya kelestarian sumber mata air disekitar kita.

Agar kelestarian hutan tetap terjaga, kita perlu melindungi seluruh makhluk hidup yang ada di dalam hutan. Salah satunya yakni dengan menjaga pohon di dalam hutan agar tidak digunduli begitu saja. Proses reboisasi bisa menjadi cara yang jitu agar kelestarian hutan tetap terjaga. Sehingga, selain lingkungan hidup tetap terjaga, sumber mata air yang dibutuhkan manusia juga akan tetap tersedia.

Guna menjaga kelestarian sumber mata air, selain dua langkah diatas, kita juga perlu melakukan Konservasi Alam sumber mata air secara terpadu. Hal ini juga telah dilakukan oleh AQUA sebagai wujud komitmennya selaku merek air mineral paling laris di Indonesia. Ingin tahu bagaimana komitmen AQUA dalam menjaga sumber mata airnya? Kunjungi laman resmi mereka di link berikut  https://www.sehataqua.co.id/.

Tidak ada komentar