Menggelar Ulang Tahun Anak di Rumah, Apa yang Perlu Dipersiapkan?

Menggelar Ulang Tahun Anak di Rumah, Apa yang Perlu Dipersiapkan?

Bagi sebagian orang, merayakan ulang tahun adalah momen yang tak pernah ingin mereka lewatkan. Bahkan, tidak sedikit pasangan yang sudah punya momongan sengaja menggelar ulang tahun anak mereka sejak mereka usia si buah hati baru 1 tahun.

Tujuan kita (para ortu) merayakan ulang tahun anak cukup beragam. Tapi kebanyakan... tujuannya adalah untuk mengungkapkan rasa syukur dengan mengundang keluarga, tetangga, teman-teman dekat, hingga anak-anak yatim (piatu) dari pati asuhan.

Ada yang mengadakannya secara besar-besaran dengan menyewa tempat (khusus), tapi tidak sedikit juga yang sengaja mengadakan pesta ulang tahun sendiri di rumah.

Dimanapun dan bagaimanapun acara tersebut akan dilangsungkan, pasti kita membutuhkan rencana yang matang. Dan, harus mempersiapkan segala sesuatunya secara cermat agar acara ini bisa berjalan dengan lancar sesuai harapan. Hingga, tamu undangan pun bisa merasa senang, gembira, dan terhibur.

Keuntungan Mengadakan Pesta Ulang Tahun di Rumah Sendiri


Mengadakan ulang tahun sendiri di rumah sebenarnya punya banyak keuntungan. Misalnya, kita nggak perlu menyewa tempat, sehingga biaya sewanya bisa dialihkan untuk membeli perlengkapan lain seperti dekor ulang tahun atau isian untuk goody bag.

Keuntungan lainnya, tetangga nggak perlu pergi jauh-jauh saat akan menghadiri pesta ulang tahun anak, kita juga bisa mendekor sendiri pesta ulang tahun sesuai dengan tema dan keinginan, punya lebih banyak waktu untuk persiapkan, lebih leluasa membuat acara jam berapapun, dan bisa masak sendiri makanan untuk tamu.

Pesta Ulang Tahun di Rumah, Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan?


1. Memilih dan membeli undangan sesuai tema acara

Undangan ulang tahun unik
Undangan ulang tahun unik
Ada banyak tema acara yang bisa kita pilih untuk memeriahkan pesta ulang tahun sesuai dengan pengalaman pribadi, kesukaan atau hobi anak, atau dengan memilih tema yang sedang populer.

Agar teman-teman yang diundang bisa mempersiapkan diri dan memilih kostum yang tepat untuk dikenakan, cobalah untuk mencari undangan ulang tahun yang desain maupun warnanya sesuai dengan tema ulang tahun yang akan kamu adakan.

2. Beli dekorasi ulang tahun

Tema Dekor Ulang Tahun
Tema Dekor Ulang Tahun 
Selain mendatangi toko aksesoris yang dekat dari rumah, kamu juga bisa membeli berbagai macam dekor ulang tahun di online shop (olshop).

Karena waktu untuk mempersiapkannya lumayan banyak, maka memutuskan untuk membeli di toko online saya pikir adalah ide tempat. Mengingat, berbagai harga barang di olshop umumnya jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli secara offline.

Harga dekor ulang tahun di olshop akan jauh lebih murah, bahkan bisa dapat cashback, apabila dibeli saat ada diskon atau promo. Mencari promo di olshop sangatlah mudah. Karena hampir setiap hari ada diskon hingga berbagai penawaran menarik lainnya.

Kalau kamu memang berniat untuk mengadakan acara ulang tahun sendiri di rumah, dan sebaiknya persiapkan jauh-jauh hari. Dan, cobalah untuk berbelanja pada saat ada promo. Contoh, di Promo Harbolnas, atau belanja di tanggal-tanggal cantik seperti tanggal 1 bulan 1, hingga tanggal 3 bulan 3. Karena memang. Pada tanggal-tanggal tersebut biasanya toko online kerap menawarkan harga promo untuk berbagai produk yang mereka jual.

3. Pesan kue ulang tahun di tempat yang terpercaya dan profesional


Saya sendiri sudah beberapa kali memesan kue ulang tahun di tempat yang berbeda-beda. Ada yang menawarkan harga murah, namun tidak sedikit juga yang menawarkan harga kue ulang tahun yang lumayan mahal.

Dari pengalaman tersebut, saya mendapati kenyataan bahwa, "harga menentukan kualitas."

Jika tidak ingin kecewa, pesan saja kue ulang tahun di toko kue paling populer di kotamu. Selain jarang mengecewakan, ini adalah cara paling jitu untuk mendapatkan kue ulang tahun paling berkualitas. Yang, selain bentuknya bagus dan sesuai dengan pesanan, tapi juga punya rasa yang benar-benar enak dan terbuat dari bahan-bahan yang pilihan serta berkualitas.

4. Pikirkan mengenai menu makanan yang akan disajikan


Saya sudah beberapa kali menghadiri pesta ulang tahun tetangga ataupun keluarga sendiri. Rata-rata, mereka menyajikan menu makanan yang berbeda-beda.

Sejauh yang saya rasakan, semua makanan yang mereka sajikan bisa memenuhi selera saya dan tidak begitu mengecewakan. Baik itu yang dibuat sendiri ataupun yang secara khusus dipesan melalui catering.

Bahkan, ada juga keluarga yang sengaja memesan makanan cepat saji atau nasi kotak/bungkus dari restoran atau warung makanan di kota masing-masing.

Berbagai ide di atas bisa kamu pilih berdasarkan budget dan juga waktu. Jika tidak ingin repot, memesan nasi kotak jelas merupakan opsi terbaik.

5. Jangan lupa sewa jasa mc ulang tahun


Bagian paling meriah dan menarik di ulang tahun adalah ketika acara tersebut dipandu oleh seseorang yang berpengalaman dan profesional. Sehingga, acara tidak terkesan garing dan biasa-biasa saja.

Jika ingin lebih meriah, selain menyewa MC ulang tahun, kamu juga perlu mencari ide permainan seru yang bisa menghibur anak-anak. Atau, menyewa badut serta pemain musik (organ tunggal) yang bisa mengiringi anak-anak saat bernyanyi. Semua itu pasti akan membuat acara ini makin berkesan.

6. Hadiah spesial untuk anak


Selain kegiatan tiup lilin, momen yang paling ditunggu-tunggu oleh anak ketika ulang tahun mereka dirayakan adalah, moment dimana ia menerima hadiah. Khususnya, hadiah dari orang tuanya.

Mengapa hadiah dari orang tua sangat spesial?

Orang tua adalah yang paling dekat dengan anak-anak. Tak jarang mereka meminta benda-benda tertentu yang menjadi keinginan terbesar mereka, yang kadang tidak mudah untuk dikabulkan oleh orang tua. Di momen ulang tahun, mereka pasti sangat berharap pada hadiah orang tua yang mengerti dan mengetahui keinginan atau impian terbesar mereka.

7. Pastikan kamu mempersiapkan buah tangan di dalam goodie bag


Setiap kali menghadiri pesta atau acara kondangan, kita pasti berharap bisa pulang membawa buah tangan. Entah itu makanan atau camilan yang bisa disantap saat berada di rumah. Atau, bisa di juga dijadikan sebagai oleh-oleh untuk anggota keluarga yang ada di rumah dan kebetulan tidak bisa ikut datang ke pesta.

8. Topi ulang tahun sesuai tema


Dekor ulang tahun, undangan, dan juga topi ulang tahun adalah bagian dari pesta yang harus tampak serasi. Ada banyak desain atau model topi ulang tahun yang bisa dicoba. Mulai dari model klasik berupa topi kerucut hingga bentuk mahkota.

Berbagai macam topi ulang tahun selain bisa dibeli secara online, juga bisa dikreasikan sendiri berdasarkan ide dan kreativitas masing-masing.

9. Jangan lewatkan momen spesial ini begitu saja tanpa dokumentasi


Selain untuk koleksi pribadi, dokumentasi berupa video maupun foto bisa juga digunakan untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain melalui social media seperti Facebook hingga Instagram. Atau, bisa juga video-nya di upload di YouTube agar bisa menginspirasi banyak orang.

Tak hanya itu. Foto-foto lama atau video-video masa kecil di momen-momen bahagia akan menjadi memori indah yang akan dikenang oleh anak ketika mereka dewasa kelak.

Jadi, pastikan pesta ulang tahun ini diliput secara profesional dengan menggunakan kamera yang bagus, seperti kamera DSLR atau mirrorless, serta oleh orang yang benar-benar tahu bagaimana cara mengambil gambar.

1 komentar

  1. Undangannya lucuk banget...langsung ada yang ting! di kepalaku pas liat ini

    BalasHapus