#DiRumahAja - Melihat Sisi Positif Adanya Virus Corona

Alhamdulillah.. Saya dan keluarga hingga saat ini masih diberikan kesehatan dan semoga kita semua masih diberikan kesehatan lahir dan batin. Virus Corona yang awalnya saya sendiri nggak begitu peduli-peduli amat, kini saya dan suami benar-benar mewaspadai keberadaanya. Bukan karena kami takut terkena Corona, tapi kami lebih takut jika ternyata kami memiliki Corona di tubuh kami yang InsyaAllah sehat ini dan menularkannya kepada orang lain. Usia-usia muda seperti kami insyaAllah masih bisa mengatasi Corona dengan baik. Sedangkan kami gak tau akan bertemu dengan siapa aja di luar sana. Entah itu orang yang lebih tua yang lebih serius dampaknya jika terkena virus Corona.

Corona, Virus corona, Di rumah aja


Bukan saja kita harus meminta Allah untuk menghentikan adanya Virus ini, saya sebagai seorang muslim meyakini bahwa Allah memiliki tujuan yang kita gak pernah tau itu apa. Dan sejak tadi malam, saya berdiskusi banyak dengan suami sampai larut. Sampai Mas Kinza jam 10 lebih baru saya bantu gosok gigi untuk tidur setelahnya. Seasik itu diskusi masalah yang memang perlu kami bicarakan. Dari gimana cara kita ngeblog biar barokah, cara kita jujur sama diri sendiri dan gimana cara kita menyikapi pandemi corona ini.

Baca Juga artikel suami ini ya.. Jangan Mengaku Orang Jujur Kalau Kamu Masih Suka Membajak

Si Mas.. udah tidak sholat di masjid sejak pemerintah memberi saran kepada rakyat Indonesia untuk mengurangi berkerumun di luar rumah selama Pandemi ini berlangsung dan entah sampai kapan akan berakhir. Kami menjaga untuk tidak keluar karena kemungkinan kami menulari orang lain dengan corona ini, perlu sangat di bicarakan.

Dan disaat diskusi ini, kami juga membicarakan sisi positif bagi kami sebagai umat muslim. Emang sih, dari dulu kalau diskusi sama suami selalu asik sampai lupa waktu. Saking asiknya.. meskipun saya hanya lulusan smp dan gak pernah mondok, paling tidak saya bisa mengimbangi apa yang mas bicarakan, cuma ya gitu deh.. saya hanya ngimbangin doi sama pertanyaan wkwkwkw. Dari Corona saya belajar banyak hal, yaitu

#DiRumahAja Ngurangin Perbuatan Maksiat


Mungkin Allah ingin menyampaikan kepada kita bahwa kita ini sudah terlalu banyak menebar dosa dengan satu demi satu kemaksiatan yang mungkin kita lakukan dengan sengaja atupun tidak. Dengan tagar #DiRumahAja, setidaknya potensi kita keluar untuk berbuat maksiat akan berkurang. Berkumpul dengan tetangga yang kadang banyak ghibahnya juga berkurang bahkan gak akan ada lagi, bagi mereka yang menyadari bahwa virus ini memang harus dihindari. Namun bagi saya, tagar di rumah aja itu gak ada pengaruhnya sama sekali, karena memang saya kesehariannya ya cuma dirumah dan seneng di rumah hehe.

Selain itu, banyak sekali kegiatan-kegiatan di luar rumah yang membuat Allah murka juga harus sama-sama kita sadari.

Baca juga: #WorkFromHome, 7 Manfaat Untuk Pasangan dan Keluarga

#DiRumahAja Bikin Kita Mengerti Arti Keluarga

Mungkin ada banyak orang yang jarang banget ada dirumah nemenin anak dan istrinya. Pekerjaanlah yang membuat mereka harus berada di luar rumah. Padahal, ada banyak hal di dalam rumah itu sangat menyenangkan. Bantuin istri, main sama anak juga melihat tingkah mereka yang gak pernah kita lihat sebelumnya. 

#DiRumahAja Memiliki Arti Berbeda

Saya yakin, tidak semua orang senang berada di rumah saja sambil bengong, berbeda jauh dari kebiasaan. Ada banyak orang yang harus keluar demi mencari sesuap nasi dan agar dapur mereka tetap mengepul. Saya yakin memang ini tidaklah mudah, semoga Allah melindungi orang-orang yang keluar diantara wabah corona ini dengan kesehatan. Meskipun begitu, kita juga harus berusaha untuk hidup bersih dengan mentaati saran dokter agar terhindar dari kuman penyakit dan tentu saja Virus Corona. Apa aja sih saran  dari dokter untuk mereka yang harus berada di luar rumah meski ada Corona mewabah.

  • Rajin mencuci tangan
  • Menggunakan masker kain ( karena masker yang biasanya berwarna hijau sekali pakai itu sekarang sudah langka, dan itu adalah masker untuk tenaga medis )
  • Makan-makanan sehat serta mengkonsumsi suplemen tambahan seperti Vit C, Zink, Madu dan banyak suplemen lain termasuk Propolis, Habatasauda
  • Membersihkan diri saat masuk kerumah dan usahakan untuk tidak menyentuh apapun sebelum mencuci diri dengan sabun
  • Dan terakhir menurut saya adalah yang paling harus dikerjakan, meminta perlindungan Allah agar diberikan kesehatan dan kemudahan dalam segala urusan. Dijauhkan dari penyakit seperti Corona

#DiRumahAja, Ngapain yaa.. biar nggak Bosan?

virus corona

Lalu apa saja sih yang bikin kita bisa betah di rumah aja, biar nggak bosan karena mungkin kita sering dan setiap hari harus keluar rumah. Sebagai orang yang gak pernah keluar rumah, saya akan membagikan kegiatan apa aja yang bikin kita nggak bosan.

Menata rumah

Menata ulang rumah bisa dijadikan kegiatan yang akan membuat kita sibuk untuk tidak memikirkan bagaimana caranya bisa keluar rumah. Kegiatan yang selama ini berada diluar tentu saja membuat kita lupa akan urusan di dalam rumah. Kita bisa merapikan perabotan rumah, menata buku-buku, mengatur ulang tempat tidur dan meja kerja juga bisa menambahkan beberapa aksesoris agar rumah tampak cantik dengan tempelan dinding misalnya.

Membuat kue

Baik, coklat memang selalu bisa membuat orang menjadi lebih tenang, lebih tepatnya coklat dan sesuatu yang manis. Membuat kue sendiri dirumah sebagai alternatif kegiatan yang bisa kita lakukan karena ya.. kita kan nggak bisa keluar rumah juga cuma hanya beli kue seperti biasanya. Ide kue sangat beragam, bisa bikin donat, brownies, banana cake, atau apapun itu yang sederhana dan bisa kita lakukan sendiri dirumah. Atau membuat aneka macam goreng-gorengan seperti risoles, lumpia, tahu fantasi dan lain sebagainya. 

Membaca Buku

Sip, Buku adalah hiburan terbaik untuk semua orang yang suka baca. Saya juga yakin kalau ada beberapa orang yang demen nimbun buku tapi gak ada waktu untuk membacanya. #DiRumahAja waktunya untuk menghabiskan sisa buku yang belum kalian sentuh, waktunya menghabiskan semuanya. Bosen enggak, banyak ilmu iya. Untung dua kali kan..

Nonton Film

Nonton film bisa jadi selingan yang kita lakukan ditengah-tengah kesibukan yang lain. Kita akan bosan jika melakukan hal yang begitu-begitu aja kan. Nonton apa aja yang bikin kamu seneng, film-film romantis, action atau film religi. Banyak sekali aplikasi android yang bisa kamu install seperti Viu, netflix dkk. Tapi... jangan kelupaan banyak hal ya kalau udah nonton, jangan sampe bikin kita mager, kecuali emang saatnya buat mager haha. Oh ya.. olahraga juga bisa bikin kita nggak bosan juga bikin kita sekalian langsing. Jangan sampai pas keluar rumah berat badan jadi bengkak ya.. 

Ngobrol bareng temen via VidCall

Ya.. Nggak keluar rumah atau #DiRumahAja bukan berarti kita diem-diem bae kan, kita punya smartphone dengan data pastinya. Bisa kita manfaatkan untuk menelpon teman dengan VidCall, sekarang kan udah bisa rame-rame tu, gunakan itu dengan baik.

Masih kurang? lakukan apa aja yang bikin kamu senang, kalau saya sih suka ngeblog gitu, ya sudah saya nulis aja di blog sama lihat-lihat blog temen, blogging :D. Yang hobi Ig-an ya Ig-an aja, atau gimana kalau kita memikirkan sesuatu yang bisa menghasilkan uang. Mungkin dipostingan berikutnya saya akan menulis tentang Usaha apa yang bisa kita lakukan untuk nambah uang jajan ya..

Belanja Online

Nah, belanja sekarang juga gak perlu kita keluar rumah kan, ada banyak sekali marketplace dengan ribuan barang-barang yang bisa kita pilih dengan tetap #DiRumahAja. Oh ya.. jangan asal belanja ya.. saat belanja kita juga butuh referensi buat mencari produk yang pas dari pengalaman orang lain. Nah disini saya merekomendasikan situs my-best.id untuk mencari produk yang bisa kamu beli biar nggak salah pilih dan cocok dengan kebutuhanmu. Dan kemarin saya baru saja merekomendasikan 8 Produk Elektronik Rumah Tangga yang Murah dan Hemat Listrik yang mungkin saja kamu butuhkan. Untuk lihat detailnya, bisa langsung cek halaman ini ya.. https://my-best.id/lists/132001. Kalo udah belanja.. saya yakin rasa bosanmu bakalan ilang seketika ^_^.

Semoga bermanfaat yaa...

30 comments

  1. Setuju kak, di balik apa yang sudah terjadi ternyata memang kita menjadi lebih paham keluarga, dan banyak hal yang bisa di lakukan di rumah.

    ReplyDelete
  2. Benerrrr ngurangin maksiat. Terus yang pasti buat aku sih kumpul keluarga dan masak... Karena anak-anak libur teramat sangat panjang

    ReplyDelete
  3. Berkurangnya maksiat diluar sana, mungkin benar Allah sudah bosan melihat kelakuan umatnya sehingga dengan adanya covid, umat mau tak mau lebih banyak beraktifitas dari rumah. Namun tetap kita berdoa semoga covid segera berlalu agar ekonomi dunia bisa kembali pulih

    ReplyDelete
  4. Kalo aku pribadi, merasa banget jadi sering didapur. Nyobain resep yg udah di-download tapi belum dipraktikkan.

    ReplyDelete
  5. Selalu kreatif ya meskipun di rumah saja masih bisa melakukan apapun, dan bagi blogger bisa melakukan banyak hal dalam mendapatkan momen terbaik.

    ReplyDelete
  6. Nah ini aku suka deh artikelnya
    Dibalik keluhan dan kesulitan karena adanya wabah ini
    Selalu ada sisi positif yang bisa kita lihat ya
    #dirumahaja ternyata banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  7. Kl sy mah jadi fultime blogger aja kak. Dr pagi sampai mau dini hari msh aja di depan laptop atau hp

    ReplyDelete
  8. Banyak hal positif yang bisa dilakukan selama #DiRumahAja ya dan bisa makin kreatif juga. Buat aku jadi lebih bisa memanage pekerjaan rumah, istirahat juga teratur supaya kondisi tetap sehat

    ReplyDelete
  9. dengan berpikiran positif artinya kita imunitas kita bisa terjaga dengan baik. Dengan adanya virus ini aku jadi kembali menekuni hobi masak ku sih kak, terus bisa kumpul bersama keluarga juga plus menyelesaikan beberapa bacaan buku yang terkendala
    Semoga pandemi ini cepat selesai dan kita hidup dengan normal, semua bisa dihadapi dengan semangat

    ReplyDelete
  10. Setuju banget. Di masa2 WFH sekarang ini, ada dampak positif juga. Kita jadi lebih dekat dan punya quality time utk keluarga kita

    ReplyDelete
  11. Oya bener selalu ada hikmah dibalik musibah ya. Terutama ttg arti keluarga. Teras bgt ketika aku jd lebih sering dirumahaja.

    ReplyDelete
  12. Sejak 4 tahun lalu sebelum ada corona, saya dan mama sudah di rumah aja. Saat di rumah aja inilah, saya baru paham, mama is everything.

    ReplyDelete
  13. Semua udah aku lakukan kecuali belanja online tuh mbak, hehehe. Soalnya ya pasar di desaku masih buka dan lingkungan masih tampak aman sih. Meski begitu tetap waspada sih dengan berdiam diri di rumah terus. Dan manfaatnya memang seperti yang mbak tulis ini

    ReplyDelete
  14. Banyak hikmah yang tersirat ya kalau kita cerna mengapa jadinya dirumahaja. Semoga kita dikuatkan,diberi kemudahan dan kesehatan dari Yang Maha Pengasih sehingga bisa melalui ini semua, aamiin

    ReplyDelete
  15. Yaa, meskipun kadang sudah membosankan karena harus di rumah saja...
    Tapi banyak hikmahnya juga

    ReplyDelete
  16. Dirumah aja banyak positifnya ya mbak, banyak hal yang bisa dilakukan di rumah dan tentu bisa makiin produktif juga di rumah.

    ReplyDelete
  17. Semua ada hikmahnya yah jika disyukuri, banyak hal yang bisa dilakukan meskipun di rumah yah. Malah jadi lebih produktif yah

    ReplyDelete
  18. Yes, setuju mbak inuel. Sejujurnya ada dampak positif dari corona ini, aku akhirnya bisa masak wkwkwkwk

    ReplyDelete
  19. Every cloud has the silver line, termasuk dengan adanya corona.
    Saya juga takut untuk keluar, sekadar ke warung dekat rumah juga selalu berusaha jaga jarak dan pakai masker, takutnya kita termasuk OTG, meskipun berdoanya semoga nggak, jadi nggak ikut membahayakan orang lain.

    ReplyDelete
  20. memang ada juga sisi positifnya ya.. semua ada hikmahnya begitu.. semoga keadaan segera membaik

    ReplyDelete
  21. mantap nih mba kalo selama dirumah aja itu tuh malah berderet yang dilakuin, tapi aku lagi menemukan kebosanan nih sama nonton film hehe

    ReplyDelete
  22. Emang bener, banyak juga dampak positif wabah corona. Oarng jadi hidup lebih bersih, yang bukan muhrim ga boleh salaman, dan menjarangkan pertemuan agar ga tergoda ngegosip. Tapi maksiat di smartphone atau gajet sih sebenarnya ada juga, malah banyak hehe. Tapi tetap wabah bawa berkah, orang jd makin dekat ma keluarga. Semoga segera pulih, jaditapi orang makin peduli.

    ReplyDelete
  23. Setuju banget nih Kak. Sisi positifnya, aku jadi lebih dekat dengan keluarga. Bisa meluangkan banyak waktu bersama. Selain itu juga banyak kegiatan yang bisa dilakukan di rumah biar ga gabut hehe.

    ReplyDelete
  24. Memang sejak ada himbauan stay at home ini kita juga jadi lebih aware ke sekitar bahwa ada hal yang selalu luput di mata kita, semoga setelah pandemi berakhir kita juga punya pandangan yang berbeda ya kak dan selalu bersyukur akan apa yang ada :D

    ReplyDelete
  25. Sepakat Mbak, pasti ada hikmah di setiap peristiwa. Dengan kejadian pandemi ini, banyak hikmah yang bisa kita dapatkan, seperti jadi lebih sering kumpul di rumah, jadi lebih menjaga kebersihan dan banyak masyarakat yang jadi lebih dermawan

    ReplyDelete
  26. Sepanjang masa #DiRumahAja begini memang pada akhirnya memberi sisi positif juga buat kita. Nah kalau urusan belanja, jujur saja, lebih bwekurang nih buat saya dan keluarga. Kami lebih fokus ke beli kebutuhan untuk makan dulu aja biar tetap sehat.

    ReplyDelete
  27. iya mbak swlalu ada sisi positif dari setiap kejadian, sekalipun pandemik corona. bisa lebih hemat karena ga jalan jalan plus yang harusnya suami pergi ke Aussie kmrin Maret jadi ditunda sampai Julio jadi kami bisa tinggal bersama lebih lama

    ReplyDelete
  28. Setuju banget. Walaupun segala aktivitas tak lagi seperti dulu. Tapi Banyak hikmah yg tersirat. Efeknya jadi lebih dkt dan bisa quality time dengan keluarga. Belanja online tu betul apa lagi di shoppe. Aku sih pengen 3 hari aja di rumah. Tapi kerana kerjaan, aku pasrah aja sih.

    ReplyDelete
  29. Beruntungnya karena udah biasa di rumah jadi nggak terasa bosan sih. Malah pas covid ini kesibukannya jadi berkali2 lipat, terasanya waktu lebih cepat dari biasanya.

    ReplyDelete
  30. Wahh setuju banget, harus melihat dari sisi positif nya juga.. jadi makin rame nih dirumah, setidaknya bisa merasakan kebahagiaan dirumah

    ReplyDelete