Cara Membuat Pembukuan yang Mudah dan Sederhana

Sudah pernah pakai aplikasi pembukuan? Tahukah Anda salah satu kesalahan fatal yang seringkali dilakukan oleh para pengusaha pemula yaitu mengabaikan masalah pembukuan keuangan. Umumnya, banyak perusahan yang lebih fokus mengontrol masalah produk dan penjualan saja sehingga lupa memikirkan masalah cash flow keuangan. Tentu saja, hal tersebut akan berdampak buruk dan bisa mengganggu jalannya usaha apabila tidak segera di atas.



Sebenarnya, pembukuan keuangan sangatlah mudah untuk dilakukan jika Anda mengetahui tahapan-tahapan apa saja yang harus dilakukan. Nah, bagi Anda yang masih belum tahu apa saja tahapan dalam pembukuan keuangan, pastikan untuk menyimak penjelasan lengkapnya berikut ini:


Buat Catatan Pengeluaran


Saat awal menjalankan usaha, maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat buku khusus untuk mencatat pengeluaran. Nah, pengeluaran yang dimaksud di sini berkaitan dengan pembelian bahan baku, biaya operasional, gaji karyawan dan lain sebagainya.

Dengan mencatat semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan, akan memudahkan Anda untuk mengetahui berapa jumlah modal yang dikeluarkan dalam satu periode. Setelah itu, Anda pun akan lebih mudah dalam menetapkan target yang harus dicapai oleh perusahaan dalam periode selanjutnya.

Buat Catatan Pemasukan


Setelah membuat buku khusus untuk mencatat pengeluaran, maka selanjutnya Anda juga perlu menyiapkan buku yang digunakan untuk mencatat pemasukan. Buku kas pemasukan tersebut nantinya akan dipakai untuk mencatat berbagai macam transaksi yang berkaitan dengan pemasukan perusahaan. Dengan memiliki buku pengeluaran dan pemasukan yang rutin dicatat setiap hari, tentu saja Anda akan lebih mudah mengetahui jumlah keuntungan yang diperoleh.

Buat Buku Kas Utama


perlu diketahui, dalam pembukuan, membuat buku kas utama menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Nantinya buku kas utama ini akan digunakan untuk menggabungkan antara buku kas pemasukan dengan pengeluaran. Dengan menggabungkan kedua transaksi tersebut, Anda akan lebih mudah mengetahui keuntungan ataupun kerugian perusahaan dengan detail dan jelas.

Buku Stok Barang


Perlu diketahui, dalam pembukuan perusahaan terutama yang berkaitan dengan keuangan tidak hanya berkaitan dengan uang saja tetapi juga barang. Oleh karena itu, setiap perusahaan perlu mencatat secara kontinu jumlah barang baik yang masuk maupun keluar setiap harinya. Biasanya semakin tinggi tingkat penjualan nya, maka intensitas jumlah barang yang keluar dan masuk juga semakin tinggi. Dengan memiliki buku stok barang ini, akan memudahkan Anda untuk memonitor atau mengawasi barang yang ada dalam perusahaan.

Buku Inventaris Barang


Satu lagi pembukuan yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan yaitu buku inventaris Barang. Fungsi utama buku ini yaitu untuk mencatat semua barang-barang perusahaan yang telah dibeli atau diurus. Dengan memiliki buku inventaris barang ini akan menjaga aset perusahaan agar tetap terjaga dan terkendali. Selain itu, akan memudahkan Anda dalam melakukan pengawasan.

Nah, bagi Anda yang ingin melakukan proses pembukuan secara cepat tidak perlu khawatir karena sekarang sudah tersedia aplikasi pembukuan yang akan memudahkan Anda. Bukukas menjadi salah satu aplikasi yang sangat recommended untuk digunakan karena tersedia berbagai macam fitur yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Tunggu apalagi, buka situs Bukukas dan pilih aplikasi yang Anda ingin. Dijamin lebih mudah dan praktis. Semoga membantu!

Tidak ada komentar