Pembukuan Digital dengan BukuWarung Lebih Mudah dan Aman

Saat ini, kehidupan manusia tidak jauh dengan dunia digital. Berbeda dengan dahulu, sekarang setiap orang bahkan sudah memiliki smartphone sendiri meskipun ia tinggal di desa atau pelosok. Tak heran, jika orang-orang yang ingin mengembangkan usahanya, selalu mencari cara agar usahanya bisa berjalan dengan baik. 




Karena itu, siapapun yang ingin membangun sebuah usaha sembako dan berharap usaha tersebut bisa berkembang dengan cepat serta langgeng, wajib memiliki rencana pemasaran yang strategis serta harus mendokumentasikan semua aspek usaha, khususnya membukukan arus kas. Mengapa ini penting? Sekecil apapun UMKM yang kita rintis, pasti tidak akan lepas dari yang namanya modal, pemasukan, hingga utang-piutang. Jika tidak dicatat, kita akan kesulitan menghitung modal yang kita miliki, berapa keuntungan atau pemasukan yang diperoleh, berapa sisa uang kas hingga, kesulitan untuk mengingat siapa saja yang berhutang kepada kita, dan lain sebagainya.

Umumnya, pembukuan utang-piutang ditulis di buku secara manual. Cara konvensional ini meskipun bisa dilakukan, namun punya sejumlah kelemahan, seperti:

  • Membutuhkan biaya untuk membeli ATK
  • Buku aku yang setiap saat atau setiap hari digunakan, cepat atau lambat akan lusuh dan mudah rusak atau robek
  • Buku sangat mudah hilang
  • Semua catatan yang ada di buku akan lenyap apabila buku tersebut hilang atau terbakar
  • Penghitungan dan pencarian harus dilakukan secara manual

Di samping kelemahan-kelemahan tersebut, tentu masih ada banyak kelemahan menulis atau mencatat arus kas secara manual di buku konvensional yang perlu dipertimbangkan. Untungnya, di era modern yang serba digital ini, teknologi seperti smartphone harganya semakin terjangkau. Dan, seiring dengan perkembangan smartphone, semakin banyak kita temukan aplikasi yang yang memudahkan kita dalam mengerjakan berbagai hal termasuk membuat pembukuan utang piutang usaha.

BukuWarung adalah Solusi Pembekuan Digital yang Lebih Aman, Hemat, dan Mudah Untuk urusan pencatatan keuangan berbagai macam usaha, termasuk usaha sembako, aplikasi BukuWarung yang tersedia untuk smartphone berbasis Android maupun iOS adalah salah satu pilihan terbaik. Mengapa?

Aplikasi BukuWarung yang tersedia secara gratis merupakan pilihan pembukuan digital untuk UKM maupun UMKM yang ingin pencatatan transaksi bisnisnya lebih mudah, lebih aman, dan lebih hemat.

Berbekal smartphone dan aplikasi, pelaku usaha akan lebih mudah mencatat pengeluaran, pemasukan, maupun hutang-piutang dengan pelanggan. Bahkan, aplikasi ini juga bisa dihubungkan dengan kontak yang ada di hp dan bisa dihubungkan dengan aplikasi seperti WhatsApp. Sehingga, laporan, penagihan, dan lain sebagainya bisa dilakukan secara digital dengan cara yang jauh lebih mudah.

Secara garis besar, BukuWarung akan memudahkan kita untuk:


  • Membuat pembukuan usaha apapun. Mulai dari laundry, sembako, bisnis pulsa, toko kelontong, dan lain sebagainya
  • Mencatat hasil penjualan
  • Mencatat hutang piutang
  • Lebih mudah mengatur dan mencari daftar nama pelanggan yang belum membayar hutang
  • Lebih mudah mengirimkan tagihan utang lewat WhatsApp atau SMS
  • Laporan keuangan usaha atau transaksi bisa didownload dan disimpan dalam bentuk dokumen PDF
  • Membantu kita menyimpan data secara digital. Sehingga, Data tidak akan hilang sekalipun hp rusak atau hilang, atau mengganti hp dengan yang baru
  • Meminimalisir kesalahan Karena segala sesuatunya dilakukan secara digital dan lebih mudah di tracking (data lebih mudah dicari)
  • Bisa dimanfaatkan sebagai aplikasi kasir Jika Anda membutuhkan
  • Dan yang tidak kalah penting, aplikasi bisa membantu kita mencegah penyebaran dan penularan virus Corona lewat buku yang sering kali dipegang dan disentuh secara bergantian karena sudah pasti tidak bisa dicuci atau disterilkan dengan hand sanitizer

Dengan pembukuan digital seperti yang ditawarkan oleh aplikasi BukuWarung kita akan lebih mudah untuk mengetahui kondisi keuangan usaha yang kita jalani, baik itu untung maupun ruginya. Pembukuan secara digital akan memudahkan kita melihat kondisi usaha yang kita jalani secara cepat dan mudah. Baik itu dalam skala minggu, bulan, ataupun tahun.

BukuWarung Tersedia untuk hp Android dan iOS

Pembukuan usaha digital yang dapat digunakan untuk mencatat utang, piutang, pengeluaran, dan hasil penjualan ini tersedia dalam bentuk mobile aplikasi berbasis Android maupun iOS. Selain gratis, aplikasi ini sangat ringan sehingga bisa dijalankan menggunakan hp Android lawas maupun yang memori dan RAM-nya kecil.

Saya juga sudah menginstal aplikasi ini dan tertarik menggunakannya untuk membuat pembukuan atau catatan keuangan dari bisnis jual-beli artikel yang selama ini saya geluti.

Tidak ada komentar