Interview Kerja Pakai Bahasa Inggris? Siapa Takut

1 komentar

Ingin mengejar karir yang baru tapi tempat yang kamu incar harus melakukan interview dalam Bahasa Inggris? Jangan khawatir dan jangan panik, dibawah ini adalah tips yang bisa dilakukan oleh kamu yang akan melakukan interview dalam bahasa inggris!

Interview bahasa inggris

Pertama, Persiapkan lah untuk wawancara kerja bahasa Inggris mu seperti yang Anda lakukan untuk wawancara lainnya atau wawancara dengan menggunakan bahasa Indonesia. Dalam tahap ini yang bisa mungkin yang bisa kamu lakukan adalah termasuk meneliti sejarah dan misi organisasi atau perusahaan tempat kamu wawancara, menentukan waktu perjalanan yang diperlukan untuk segera tiba di lokasi wawancara mu, mengatur materi  dan memilih pakaian.

Kedua, kamu bisa memulai memprediksi pertanyaan apakah yang akan ditanya pewawancara. Kebanyakan pewawancara memiliki daftar pertanyaan untuk menentukan apakah kamu akan cocok dengan posisi dan perusahaan secara keseluruhan. Contoh pertanyaan mungkin termasuk:

  • How would you describe yourself?
  • What are your strengths?
  • What are your weaknesses?
  • Why do you want to work here?

Luangkan waktu untuk menentukan bagaimana kamu akan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan pertanyaan wawancara lainnya dalam bahasa Inggris, dan bersiaplah untuk memberikan contoh kehidupan nyata yang mereferensikan riwayat pekerjaanmu.

 Perhatikan lagu iklan pekerjaan itu sendiri untuk kata kunci dan kualitas kandidat ideal yang dapat kamu gunakan untuk jawabanmu. Hindari menghafal jawaban mu agar terdengar senatural mungkin selama wawancara.

Terakhir, percaya dirilah saat berbicara. Kecil kemungkinan seorang pewawancara akan menghukum mu karena pengucapan yang aneh atau karena kesalahan kata. Jika kamu kesulitan menjawab pertanyaan saat interview dalam Bahasa Inggris, jangan takut meminta pewawancara mengulangi atau mengubah pertanyaan mereka.

Ini sepenuhnya normal, dan terjadi dalam banyak wawancara antara penutur bahasa Inggris yang fasih. Ingat, kosa kata yang digunakan untuk wawancara mungkin akan terdengar profesional dan berbeda dari kosa kata Bahasa Inggris sehari hari. Jangan lupa untuk selalu memperkaya kosa kata mu!

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri parenting di Mrs Jo juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

1 komentar

  1. Jadi inget pas interview di kantor ku yg trakhir :). Krn itu bank asing yg berpusat di Inggris, jd mau ga mau staffs yg terpilih wajib bisa bahasa Inggris. Krn nasabahnya kebanyakan WNA juga.mulai dr tes Ampe interview dilakuin dlm bahasa Inggris full. Alhamdulillah keterima :D. Tapi itu sbnrnya Krn aku terbiasa pakai bahasa ini pas kuliah di Malaysia. Jd saat interview dengan HRD, lgs ngerasa santai aja :).

    Intinya sih, jgn tegang. Sbnrnya si HRD cm mau mastiin kalo staff mengerti dan mampu berkomunikasi dlm bhs Inggris, jd pas ketemu nasabah bule yg ga gelagapan :p. Masalah grammar bisa ntr diperlancar :)

    BalasHapus

Posting Komentar