Kenapa Sakit Punggung Bisa Menyebabkan Cacat?

Posting Komentar

Ada jutaan orang yang mengalami sakit punggung yang berkelanjutan di Indonesia. Penyakit ini adalah penyebab utama kecacatan pada orang yang berusia dibawah 45 tahun. Apa penyebab sakit punggung?

Kenapa sakit punggung bisa menyebabkan cacat? Apakah semua penyakit punggung dapat menyebabkan cacat? Mari kita cari tahu.

Mencegah sakit punggung

Sakit atau rasa nyeri pada punggung merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan, otot, sendi, serta piringan sendi (discs). Dan, bisa juga disebabkan karena saraf tulang belakang yang terjepit atau bergeser.

Sakit punggung bisa menimbulkan rasa sakit yang berkisar antara sakit biasa hingga sangat sakit yang menyebabkan penderitanya sulit berdiri dan berjalan.

Ironisnya, tingkat keparahan nyeri punggung kadangkala mencerminkan kerusakan fisik yang terjadi. Contoh, kejang otot akibat punggung yang tegang dapat menyebabkan nyeri parah hingga membuat penderitanya sulit berjalan atau berdiri.

Sedangkan penyakit punggung seperti degenerative disc disease, justru seringkali tanpa gejala atau tidak menimbulkan rasa sakit apapun.

Padahal, degenerative disc disease merupakan salah satu penyebab kecacatan pada orang di bawah usia 45 tahun.

Penyebab Sakit Punggung

Penyebab nyeri punggung sangat beragam, dan ada banyak struktur pada bagian punggung bawah yang dapat menyebabkan punggung terasa sakit, seperti misalnya:

  • Iritasi otot besar yang menuju kaki dan lengan
  • Iritasi saraf kecil yang menginervasi tulang belakang
  • Akibat luka pada persendian, ligamen, atau tulang
  • Bisa juga diakibatkan karena ligamen dan otot yang tegang
  • Luka pada diskus intervertebralis
  • Osteoporosis

Tekanan pada otot dan ligamen yang menopang tulang belakang adalah salah satu penyebab nyeri punggung yang paling sering terjadi.

Pekerjaan dan gaya hidup sedentari, disinyalir menjadi salah satu pemicu kerusakan pada punggung, di samping kondisi obesitas yang dapat meningkatkan beban pada tulang belakang.

Olahraga berat seperti sepak bola dan senam, juga dapat menyebabkan kerusakan pada tulang belakang--yang mengakibatkan sakit punggung.

Penyebab Meningkatnya Resiko Sakit Punggung

Berikut adalah beberapa hal yang bisa meningkatkan resiko seseorang mengalami sakit punggung.

  • Obesitas atau kegemukan
  • Postur tubuh yang buruk
  • Kehamilan
  • Kurang olahraga
  • Kebiasaan merokok 
  • Penyakit radang sendi dan kanker
  • Stres
  • Depresi
  • Pekerjaan yang melibatkan angkat beban, tekukan atau puntiran tubuh, serta getaran di seluruh tubuh seperti mengemudikan alat berat atau truk. Dan,
  • Faktor usia diatas 30 tahun

Cara Mencegah Sakit Punggung

Cara paling mudah mencegah sakit punggung adalah dengan mempelajari serta mempraktekkan mekanika tubuh yang benar serta memperbaiki kondisi fisik.

Tidak hanya bisa membantu mencegah sakit punggung, cara ini juga efektif untuk mencegah agar sakit punggung berulang.

Untuk menjaga agar punggung tetap sehat dan kuat, berikut adalah beberapa kegiatan dan anjuran yang perlu diikuti.

1. Minum susu

Rutin minum susu merupakan salah satu cara terbaik mencegah sakit punggung karena bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Tulang perlu dijaga kesehatannya karena 99% kalsium tubuh tersimpan di tulang dan gigi.

Kombinasi nutrisi yang terkandung di dalam susu berupa, fosfor, kalsium, protein, kalium, vitamin D, hingga vitamin K2 merupakan kombinasi nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan menghindari osteoporosis.

2. Pertahankan berat badan ideal

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat menyebabkan otot punggung tegang. Itu juga menjadi salah satu alasan kenapa sakit punggung yang kamu alami.

Jika kamu sering sakit punggung dan kebetulan kelebihan berat badan, mengurangi bobot tubuh dapat membantu mencegah atau menghilangkan sakit punggung.

3. Kuatkan dan tingkatkan fleksibilitas otot

Melatih otot perut dan punggung serta memperkuat inti tubuh bisa membantu mengkondisikan otot-otot agar dapat bekerjasama dengan baik.

4. Olahraga

Melakukan olahraga ringan seperti aerobik yang tidak menyebabkan punggung tegang atau tersentak, bisa membantu meningkatkan daya tahan dan kekuatan di punggung.

Olahraga ringan, termasuk peregangan memungkinkan otot berfungsi dengan lebih baik. Selain itu, olahraga seperti berenang dan berjalan merupakan pilihan terbaik untuk mencegah sakit punggung.

5. Jangan membungkuk saat berdiri

Berdiri tegak dengan mempertahankan posisi netral atau dengan mempertahankan postur tubuh yang baik saat berdiri bisa membantu mengurangi tekanan pada otot punggung.

6. Duduk di kursi yang berpenyangga

Ketika duduk, kita juga harus menyangga punggung bagian bawah dengan menggunakan bantal. Manfaatnya adalah untuk mempertahankan lekukan normal tubuh. 

Dan, sering-seringlah mengubah posisi duduk, apabila harus duduk dalam jangka waktu yang lama.

7. Hindari mengangkat beban berat

Mencegah sakit punggung bisa dilakukan dengan menghindari mengangkat beban beban yang berat.

Jika tidak memungkinkan, angkatlah beban atau benda berat dengan memaksimalkan kinerja kaki. Misalnya, dengan menekuk lutut sembari tetap mempertahankan punggung tetap lurus.

Meminta bantuan teman atau menggunakan alat juga sangat dianjurkan karena bisa membantu mengangkat beban berat yang menjadi penyebab sakit punggung. Demikian artikel tentang penyebab kenapa anda sakit punggung, baca juga cara hitung denyut nadi manusia untuk mengetahui cara menjaga detak jantung tetap normal. Semoga membantu yaa..


Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri parenting di Mrs Jo juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar