Ikut Kelas Blogger, Cara Cepat Dapat Uang

2 komentar

Dunia blog sejak dulu memang selalu saja menarik untuk dibahas. Apalagi, saya yang memang sudah doyan menulis sejak kecil kemudian nyemplung di dunia blog itu seperti nemu pasangan hidup. Sampai saya suka sekali ikutan kelas blogger yang sering diadakan oleh blogger-blogger senior.

Kelas Blogger

Bukan tanpa sebab sih saya ikutan masuk kelas yang mengajarkan ilmu ngeblog ini. Sebagai blogger Indonesia, dengan mengikuti kelas SEO saya bisa mendapatkan banyak masukan agar kemampuan ngeblog saya nggak begitu-begitu aja. Selain itu, saya juga belajar lebih banyak tentang pentingnya paham dan mengerti literasi digital dalam menggunakan internet.

Nah bagi kalian yang baru mau kenalan dengan dunia blog nih, apa sih sebenarnya blogger itu?

Bagaimana Cara Belajar Blog

Kalian semua pasti sudah tahu, secara sederhana, blog diartikan sebagai salah satu media online yang dimiliki oleh seseorang untuk menulis. Blog ini biasanya berisi banyak hal, mulai dari pengalaman pribadi, opini, bahkan observasi dari penulisnya. Setiap blog memiliki gaya dan topik sendiri-sendiri, mulai dari yang sederhana seperti curhat biasa, sampai yang berisikan informasi yang bisa bermanfaat untuk orang banyak. Biasanya, pengguna baru masih belajar cara membuat blog bahkan ada mengikuti kursus blogger.

Cara Membuat Blog Sendiri tanpa kursus

Mungkin kebanyakan orang yang akan memulai, biasanya banyak sekali pertanyaan mereka. Seperti bagaimana sih caranya untuk membuat blog pribadi? Apakah ada kelas untuk blogger pemula yang bisa membantu kita untuk membuat blog? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Sebelum pertanyaan itu saya jawab, saya menganjurkan kepada kalian bahwa buatlah blog untuk bersenang-senang. Bukan untuk menambah beban pikiran apalagi membuat tuntutan yang lebih. Jika kalian ingin belajar, mulailah dengan hati yang gembira. Dengan begitu, kita akan melakukan semua hal tentang blog tanpa beban apapun.

Jika sudah, mulailah untuk menciptakan blogmu sendiri. Secara sederhana kita bisa membuat blog di dua platform yang sering digunakan oleh blogger pemula maupun yang udah ahli. 2 platform tersebut  adalah:

Membuat blog di Blogspot

Cara membuat blog di blogspot sebenarnya sangat mudah dan tentu saja bisa dibuat secara gratis. Saya sendiri menggunakan blogspot sebagai tempat belajar ngeblog pertama kali tahun 2009 lalu. Jika kalian ingin membuat blog di blogspot, langsung saja kunjungi www.blogger.com ya..

Untuk step by stepnya bisa temen-temen cari di google karena sudah banyak sekali temen blogger yang mengulasnya dengan gamblang. Tinggal praktek!

Membuat blog di wordpress 

Membuat blog dengan Wordpress juga bisa menjadi situs untuk belajar blog dan menulis. Untuk pemula, anda bisa membuat blog gratis dengan mengunjungi langsung www.wordpress.com. Di wordpress kamu bisa membuat blog secara gratis namun penggunaannyapun dibatasi. Jika ingin lebih profesional, kalian bisa membeli domain dan menggunakan hosting sendiri. Dan itu.. sudah tidak pantas lagi disebut sebagai seorang pemula hehe.

Hal Dasar Ngeblog sebelum ikut Pelatihan Blogger

Sebelum belajar hal dasar untuk belajar blog, sekali lagi saya sarankan untuk mengoreksi lagi tentang alasan kenapa harus menulis di blog. Nah.. kalau udah oke dan udah berhasil bikin blognya, sebelum masuk ke ranah meng-uang-kan blog kita. Alangkah baiknya sekarang kita pelajari terlebih dahulu langkah-langkah awal untuk mengisi blog tersebut. Karena dulu saya nggak pernah ada yang ngajarin dan belum kepikiran buat browsing tentang pelatihan blogger biar ngeblog dari awal itu bisa langsung oke dan bisa cepet ngasilin duit. 

Beruntung sekali kalian yang udah dateng ke postingan ini, jadi.. Menurut pengalaman saya, berikut adalah hal dasar ngeblog yang harus kalian miliki:

Menentukan niche blog dan mencari keyword

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan niche blog yang kamu bikin seperti apa. Dengan begitu, secara tidak langsung kamu membranding diri sendiri dengan nama blog yang kamu miliki. Saya menyarankan untuk menentukan niche blog ini di point pertama agar jelas kemana arah yang akan kalian bawa.

Dengan niche yang jelas, kalian akan fokus nulis di beberapa topik dengan konsisten. Jangan seperti saya yang baru belajar menentukan niche blog  di kelas gratis blogger jebolan Growthing.id ini. Itu menurut saya sangat terlambat, terlambat banget.

Menulis konten dengan ejaan yang benar

Sebisa mungkin, meskipun kalian menulis curhat harian, sebaiknya  saat menulis jangan lupa untuk menggunakan bahasa yang baik dan menggunakan ejaan yang benar. Saya dulu sering banget typo dan menggunakan bahasa alay gitu awal-awal ngeblog, jadi pas sekarang saya baca ulang artikelnya.. Ya Ampun, berasa malu sama diri sendiri.

Belajarlah membiasakan menulis konten yang baik dan benar, latih terus setiap hari hingga kalian bener-bener nyaman dengan blog sendiri.

Memahami fungsi GA dan GSC

Memang butuh waktu yang lama buat paham Google Analytics (GA) dan Google Search Console (GSC). Saya sendiri mengenal dua sejoli pendukung yang bisa sangat membantu saat ngeblog ini juga butuh waktu yang lama. 

Ya.. mungkin karena dulu nggak banyak senior yang mengadakan kelas blogger gratis untuk blogger yang baru belajar. Jadi, waktu bertahun-tahun ini berasa kayak sia-sia gitu menurut saya. Dan itu ngaruhnya juga nggak cepet dapet duit. Karena biasanya, pengiklan membutuhkan data dari Google Analytics buat laporan.

SEO on page dan SEO off page

Untuk pembahasan yang lebih lanjutnya, pelajaran tentang seo on page dan seo off page ini sebenarnya bukan hal dasar sih menurut saya. Ini udah menuju tahap tengah keatas. Namun, setelah kalian sudah berhasil menulis dengan konsisten, belajar Search Engine Optimization (SEO) sangat disarankan.

Seo on dan off page nantinya yang akan membawa blog kalian didatangi oleh banyak pengunjung. Dengan begitu, kalian akan mendapatkan benefit yang luar biasa dari blog. Makanya.. Saya nyaranin banget buat ikutan kursus SEO online kalau kalian nggak ngerti sama sekali dengan SEO blog. Ada banyak sekali kelas blogger yang memberikan manfaat nyata untuk aktivitas ngeblog kita. 

Pengalaman Ikut Kelas Growth Blogger

Meskipun saya sudah lama mengenal dunia blog, nampaknya ada banyak hal yang tidak saya mengerti ketika saya masuk ke kelas yang mengajarkan blogger tentang seluk beluk blog. Banyak sekali materi yang baru saya pahami ketika ikut kelas blogger online ini.

Sebelumnya, saya berterima kasih dulu kepada Mas Punto Wicaksono dari Kelas Growth Blogger (KGB) yang sudah mengajak saya bergabung didalamnya. Karena sudah diizinkan untuk menimba ilmu dasar blogger sampai ilmu lebih tinggi dan mendalam tentang SEO. Setidaknya, beberapa manfaat yang bisa saya bagi sama temen-temen semua ini semoga bisa menginspirasi kalian ya.

Sejak Ikut Kelas Blogger, Ngeblog jadi lebih fokus dan terarah

Jika dulu sebelum masuk kelas saya kalau nulis artikel itu ya nulis aja, nggak pake dipikirkan mana H2, mana H3 dan seterusnya. Namun setelah masuk KGB saya jadi sangat perhatian dengan struktur blog saat membuat artikel. Pembimbing seperti Mas Irwin Andriyanto yang selalu mengingatkan untuk mengatur H2 dan seterusnya dengan baik.

Belajar blog langsung dengan praktisi yang sudah berpengalaman

Bener banget, di kelas ini saya belajar langsung dengan blogger yang memang sudah memiliki pengalaman. Para Coach yang memiliki puluhan blog dengan kualitas yang luar biasa membuat saya ingin mengikuti jejaknya. Seperti mas Aldhi Fajar misalnya, yang udah menangin banyak kontes SEO dengan artikel yang ada di blognya.

Lebih dari itu, meskipun kelas ini gratisan, tapi sungguh ilmu yang diberikan nggak ala-ala, mereka sangat serius memberitahu kami ilmu blogging yang belum kami tahu.

Waktu ngeblog yang lebih efisien

Pasti kalian kepengen kan punya blog terus bisa langsung dipake nyari duit, saya juga mau. Dengan mengikuti kelas blogger, saya rasa waktu yang kita gunakan untuk mengoptimasi blog akan jauh lebih tertata. Dengan begitu, kalian akan meminimalisir kesalahan dalam ngeblog seperti:
  • Tidak mengenal target audiens karena bingung sama niche blog
  • Tidak ada tuntutan sehingga kurang konsisten membuat konten untuk blog
  • Tidak paham struktur blog, SEO on page dan off page yang menyebabkan blog tidak SEO friendly
  • Bersikap bodo amat yang berujung pada blog hanya berisi curhatan (ini gaya saya dulu, tolong jangan ditiru ya gais hehe)
  • Menulis 1 artikel selama 3 hari sekali tapi berkualitas lebih baik daripada menulis setiap hari tapi tidak berkualitas
  • Tidak research keyword yang mengakibatkan tulisan jadi tidak menarik dan membosankan
  • Malas cek ulang artikel yang sudah ditulis, akhirnya banyak kesalahan saat artikel diterbitkan (ini saya banget dulu, sekarang udah nggak yaa.. harus teliti hehe

Kesimpulan

Setiap blogger pasti memiliki goals mereka masing-masing. Mau dibawa kemana blognya dan ingin dijadikan seperti apa nantinya. Yang pasti, belajar blog itu tidak ada habisnya, setiap hari kita sebagai blogger harus belajar. Entah itu untuk membagikan informasi yang baik dan bermanfaat kepada pembaca atau untuk fokus mencari uang tambahan dari blog.

Yang pasti, berusaha memberikan yang terbaik di dalam konten yang kita publish di blog kita adalah bagian dari kebaikan. Mengikuti kelas blogger adalah salah satu ikhtiar kita untuk mendapatkan semuanya dengan sebaik mungkin. 

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri parenting di Mrs Jo juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

2 komentar

  1. Kalau ga salah foundernya orang Pontianak yang ganteng dan mempesona itu ya Kak?

    BalasHapus
  2. bukan kak, tapi mas irwin dan mas punto,.. perlu dicoba ikutan kelasnya lho, worthed banget buat belajar blog.

    BalasHapus

Posting Komentar