Cara Mudah Memperoleh Backlink Berkualitas

Posting Komentar
Pernahkah kamu mendengar istilah “backlink” dan bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan backlink dan apa pula fungsinya?

Cara mendapatkan backlink berkualitas

Secara sederhana, backlink bisa diartikan sebagai link atau tautan antar web. Misal, pada website A terdapat sebuah link (tautan) menuju ke website B.

Dalam kasus ini, website A memberikan backlink kepada website B. Dan, website B menerima backlink dari website A.

Adakah kerugian memberikan backlink kepada website tertentu? Atau sebaliknya, adakah keuntungan yang bisa kita peroleh jika menerima backlink dari website lain? Mari kita cari tahu.

Apa Itu Backlink?


Menerima backlink dianggap sangat penting dalam dunia web dan search engine optimization (SEO). Karena, tautan bisa menaikkan peringkat atau hasil penelusuran pada mesin pencarian.

Hasil penelusuran atau Search Engine Results Pages (SERP) seringkali dipengaruhi oleh backlink yang diterima dari situs lain (pemberi).

Mari kita lihat bagaimana cara backlink bekerja dan mengapa ini dianggap sangat penting.

Ketika ingin mencari informasi atau jawaban dari pertanyaan tertentu. Biasanya kita akan berusaha menelusurinya menggunakan mesin pencarian, seperti Google (search) misalnya.

Setelah memasukkan kata kunci (keyword) dan menekan Enter. Google akan menampilkan berbagai jawaban dalam bentuk, artikel, web, gambar, dan lain sebagainya.

Berbagi jawaban yang ditampilkan oleh Google pada halaman pertama, dianggap sebagai jawaban terbaik atau merupakan informasi yang paling tepat untuk kata kunci yang kamu masukkan.

Tapi, pernahkah kamu bertanya-tanya, bagaimana Google bisa menemukan jawaban dari setiap pertanyaan yang kita ajukan. Dan, bagaimana Google merekomendasikan berbagai website atau artikel tersebut?

Salah satu cara Google menemukan website yang tepat atau artikel yang berkualitas adalah dengan melihat reputasinya. Bagaimana caranya agar website (kita) memiliki reputasi yang baik di mata Google?

Diantara caranya adalah, dengan menerima sebanyak mungkin backlink dari website lain. Semakin banyak tautan yang diberikan oleh website lain kepada website kita, maka akan semakin baik reputasi web kita dimata (mesin pencarian) Google.

Jadi, jika kita menginginkan website atau artikel (konten) yang kita buat mudah ditemukan di Google atau mesin pencari yang lain ya, maka website atau artikel kita perlu menerima backlink sebanyak mungkin.

Tips Cara Mencari Backlink Berkualitas


Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan atau menerima backlink agar website kita bisa muncul di halaman pertama Google atau mesin pencarian lainnya. Misalnya dengan,

1. Membuat Konten yang berkualitas


Menulis konten atau artikel yang berkualitas (berbobot) adalah salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan backlink dari website lain.

Jika artikel yang kita buat cukup bagus, orang yang membacanya akan merasa suka dan tidak ragu untuk membagikannya kepada teman-temannya, atau orang yang membutuhkan melalui sosial media, blog, serta email.

2. Aktif Membangun Relasi (Pertemanan)


Semakin banyak teman yang kita miliki, akan semakin besar kemungkinan website atau artikel kita disebut-sebut.

Karena itu, jangan heran apabila seorang blogger kerap terlihat berkunjung ke website lain dan meninggalkan komentar.

Karena, dari jejak komentar tersebut, pemilik website bisa menelusuri siapa orang yang berkomentar tersebut.

Dari kegiatan saling mengunjungi atau kegiatan berkomentar di blog dan website, relasi pertemanan antar sesama blogger atau komunitas tertentu akan terbangun.

3. Tulis Informasi yang Sedang Banyak Dicari


Informasi yang sedang hangat atau yang viral adalah contoh tema (niche) yang biasanya sangat mudah menarik perhatian pembaca.

Selain berpeluang dibaca, artikel yang kita tulis pun berpeluang untuk dibagi-bagikan (share). Dan, semakin banyak di-share, maka akan semakin besar peluang website kita mendapatkan backlink.

4. Melakukan Blogwalking ke Website yang Memiliki Topik Sama


Telah saya sebutkan di atas, salah satu cara memperoleh backlink adalah dengan menjalin pertemanan. Misalnya, dengan sesama blogger.

Jika ingin lebih mudah memperoleh teman sesama blogger. Mencari blogger yang kebetulan suka membahas topik yang sama seperti yang kita bahas adalah cara yang tepat.

Ketika menemukan blog yang membahas tema atau topik yang sama dengan yang kita bahas, jangan ragu untuk meninggalkan komentar. Ingat, berkomentarlah dengan menggunakan akun Google agar pemilik blog lebih mudah menelusuri blog-blog yang kita miliki.

5. Gunakan Media Berbayar

Kalau kita ingin cepat terkenal, cara paling mudah adalah dengan meminta dukungan dari orang, tokoh, atau artis yang paling terkenal, bukan?

Hal yang sama juga berlaku pada web. Jika ingin menaikkan reputasi website, maka kita perlu mencari dukungan dari web yang punya reputasi baik.

Selain berbagai cara yang telah saya sebutkan di poin sebelumnya, backlink berkualitas juga bisa diperoleh dari media berbayar.

Memanfaatkan media berbayar yang jual backlink berkualitas adalah strategi paling ampuh dan paling efektif untuk menaikkan peringkat web di mesin pencarian Google atau yang lainnya.
Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri parenting di Mrs Jo juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar