Menjaga Kesehatan Mental dengan Menulis

Posting Komentar

Sudah banyak yang membuktikan, bahwa menulis bisa menjadi obat paling mujarab untuk membuat kita jadi lebih stabil dan jauh dari stres. Ada banyak perasaan yang kadang kita gak bisa mengungkapkannya kepada orang lain, rahasia. Banyak juga kesedihan yang tidak dimengerti orang lain jika kita ceritakan kepada mereka. Malah, kadang curhat ke mereka itu bikin hati makin galau. Atau curhat yang berujung dengan keghibahan yang tak berujung hahaha, itulah kita.

jaga kesehatan mental dengan menulis

Sejak kecil, saya menyukai buku diary, menulis keluh kesah apapun. Beranjak dewasa, sepertinya tulisan-tulisan itulah yang akhirnya membawa kepada diri saya yang lebih tenang dan stabil. Dulu saya gak ngerti apa keajaiban menulis yang sebenarnya, namun kemudian saya menyadari bahwa ternyata memang menulis adalah obat.

Ya.. contohnya saya nih, pernah banget saya tu marah sama seseorang tapi saya gak bisa cerita ke siapa-siapa. Akhirnya saya luapkan kepada blog dan menulisnya. Saya juga sering kesel sama keadaan, sama orang lain dan itu saya tulis semuanya di blog.

Saya ngerasa, dengan menulis pakai bahasa yang saya ngerti sendiri, atau saya bikin puisi-puisi nggak jelas, saya jadi lebih lega dan diterima. Siapa sih yang nggak mau diterima? Semua orang pasti ingin diterima oleh semua orang, apapun kita dan bagaimanapun buruknya kita. Itulah saya :D.

Hal sepele menurut kita, Bukan berarti sepele juga untuk orang lain

Entah apapun itu, puluhan bahkan ratusan kali saya selalu berkata dan mengingatkan diri sendiri untuk terbiasa menghargai orang lain, kesepelean orang lain yang mungkin itu sangat berarti untuknya. Nggak enak rasanya jika ingat merasakan bagaimana sepelenya masalah saya dimata orang lain, tapi sungguh berat menurut saya itu dibuat bahan ejekan. Sangat tidak menyenangkan.

Dari sana saya belajar untuk terbiasa menjaga perasaan orang lain, untuk memikirkan kembali dan kembali sebelum berkata ataupun bahkan menulis status di media sosial milik saya. Mungkin ini juga kah yang disebut dengan pendewasaan? hahaha.. Entahlah :D.

Curhat di Blog jauh lebih aman buat saya

Karena, orang-orang diseitar saya juga nggak begitu tau blog dan jarang bahkan males baca tulisan-tulisan panjang (kecuali suami nih) jadinyaaa.. saya ngerasa aman dan nyaman banget kalau curhat di blog. Untuk tuntutan lainnya yang mengharuskan seorang blogger lebih profesional dan membuat blognya spesifik ke niche tertentu, percayalah.. sudah saya coba dan tetap saja, saya masih suka curhat di blog ini. Selebihnya, saya selalu ngerasa kalah dan bad banget kalau memaksakan untuk nggak curhat disini haha. Blognya buat apa dong kalau mau nulis aja bad mood ?

Jadi diri sendiri itu selalu membahagiakan

ya.. bener.. jangan make topeng trus jadi orang lain, jadi aja diri sendiri yang apa adanya dan nggak dibuat-buat. Saya yakin, kamu pasti jauh lebih bahagia. Jika belum mulai nulis dari sekarang, yuk dicoba.. Nggak usah malu apalagi risih, karena nulis adalah obat paling mantab. Tulis apa yang ada dipikiranmu, bukan mikir mau nulis apa, bingung nanti :).

Pokoke Nuliso.. nuliso ben gak dadi udun terus dadi gendheng, lak repot :D.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar