Rekomendasi Salep Ruam Popok Bayi yang Ampuh

Posting Komentar

Saya sangat bersyukur dapat pelatihan dan punya pengalaman jadi baby sitter ketika dulu belum menikah.

Pengalaman ini membuat saya lebih leluasa merawat bayi sendiri meski tanpa bantuan siapapun.

Kemandirian dalam merawat new born selalu menjadi kebanggaan tersendiri buat saya.

Karena kalau kita bisa ngerawat bayi sendiri, kita punya kesempatan lebih besar untuk memilih metode perawatan seperti apa yang mau kita terapkan.

Jadi, tidak ada campur tangan orang lain. Kemandirian ini membuat saya juga lebih leluasa dalam menerapkan ilmu-ilmu merawat bayi. Baik yang saya dapatkan saat dulu masih bekerja sebagai babysitter atau ilmu-ilmu baru yang saya dapatkan selamat jadi blogger.

Kini, menjadi ibu dari 2 orang putra membuat saya jadi tambah berpengalaman dalam mengasuh bayi.

Dan, seperti yang banyak Moms tahu, setiap anak itu unik. Karena itu, mereka membutuhkan gaya pengasuhan dan perawatan yang berbeda-beda, karena mereka punya masalah yang berbeda-beda pula.

Dari sekian banyak masalah pada bayi yang paling sering saya jumpai, masalah ruam popok adalah yang paling umum.

Penyebab Ruam Popok pada Bayi

Alhamdulillah... Anak pertama kami nyaris tidak pernah mengalami yang namanya ruam popok. Bahkan ketika ia harus gonta-ganti merk popok.

Ketika menggunakan popok sekali pakai lalu beralih ke cloth diaper (popok kain) yang dapat dicuci, anak saya yang pertama ini hampir tak pernah mengalami masalah berarti.

Berbeda dengan anak pertama, anak saya yang kedua punya kulit yang agak sensitif. Sehingga membutuhkan perawatan dan perhatian lebih.

Ketika menggunakan popok premium, anak kedua saya ini cenderung baik-baik saja dan tidak pernah mengalami ruam popok.

Tapi, tahu sendiri kan... Harga pokok premium itu nguras kantong banget. Meskipun, jauh lebih aman dan sehat karena terbuat dari bahan-bahan pilihan yang bener-bener diformulasikan untuk bayi.

Tapi buat saya, yang sering mengalami kendala dana. Mau tidak mau, saya tetap harus memilih popok yang lebih ekonomis dan mencari cara lain untuk mengatasi masalah ruam ini.

Jadi, bisa dibilang ruam popok pada bayi, salah satunya bisa disebabkan karena metode perawatan yang kita terapkan dan bahan-bahan pada popok itu sendiri.

Pewarna adalah bahan yang paling sering menyebabkan reaksi alergi pada kulit bayi hingga menimbulkan ruam.

Selain disebabkan karena pewarna pada popok, alergi juga bisa sebenarnya oleh deterjen yang kita gunakan untuk mencuci popok atau pakaian bayi.

Jadi, tetap waspada ya mom… untuk mencuci popok dan pakaian bayi, selalu pilih deterjen yang terbaik meski harganya sedikit agak mahal.

Selain kedua faktor tersebut, berikut adalah beberapa penyebab ruam kulit paling umum yang wajib Mom tahu.

  • Infeksi jamur candida di area popok. Masalah ini biasanya muncul kalau dermatitis pada kulit bayi tidak segera diobati
  • Penyebab kedua adalah seborrhea atau seboroik. Yaitu sejenis kondisi kulit yang penyebabnya sendiri belum diketahui, kondisi ini biasanya hanya mempengaruhi bagian tertentu yang terkena popok
  • Bakteri strap atau strep juga dapat mengakibatkan ruam popok
  • Karena tidak segera mengganti popok bayi setelah BAK (buang air kecil) dan BAB (buang air besar)
  • Apabila anak mengalami diare sehingga lebih sering BAB dan BAK. Atau
  • Bisa juga disebabkan karena ibu yang menyusui sedang dalam perawatan dan minum antibiotik. Atau, bisa juga disebabkan karena anak yang sakit sedang minum antibiotik

Apa yang saya lakukan untuk mengatasi ruam popok?

Salep Ampuh untuk Mengatasi Ruam Popok

Tadi, di atas saya sudah nyebutin kalo ruam popok itu bisa disebabkan karena sering telat ganti popok pas anak BAK atau BAB.

Kalau anak BAK biasanya lebih mudah kita ketahui melalui aroma yang menguar.

Begitu juga kalau bayi sudah pipis beberapa kali, akan terlihat dari bentuk popok yang menggantung atau menggembung.

Jadi intinya, kulit bayi harus tetap dalam keadaan kering agar tidak mudah mengalami ruam.

Tapi kalau kulit bayi ternyata terlalu sensitif, sehingga mudah ruam kalau kontak dengan popok dan atau pakaian, atasi dengan salep yang diformulasikan khusus untuk ruam bayi.

Salep ruam popok biasanya sangat efektif melindungi kulit bayi dari kontak langsung dengan pokok penyebab ruam agar tetap sehat.

Bepanthen adalah salah satu merek salep popok bayi yang bagus dan saya rekomendasikan.

Selain bisa dipakai buat merawat kulit bayi, salep ini juga bisa dipakai untuk merawat puting susu selama menyusui. Sehingga, puting akan lebih terlindungi dan tidak mudah lecet.

Selain karena beberapa faktor di atas, saya juga merekomendasikan salep Bepanthen untuk mengatasi ruam popok ini karena, salep ini terbuat dari bahan-bahan yang aman serta memberikan beberapa banyak manfaat untuk kulit ibu dan bayi.

Salep ruam Bepanthen produk BAYER yang tersedia dalam kemasan 20gr dan 10g ini mengandung Triple Action Formula yang terdiri atas:

  1. Pro Vitamin B5 atau dekspantenol yang berguna untuk merawat kulit bayi
  2. Sweet Almond Oil yang bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan pada kulit, mencegah munculnya bekas luka, mengurangi munculnya stretch mark, membuat kulit jadi lebih sehat, dan bisa membantu menenangkan kulit yang mengalami dermatitis atau ruam
  3. Lanolin & Paraffinum liquidum, yang fungsi memberikan lapisan untuk melindungi kulit bayi dari gesekan dengan popok, mengunci kelembaban, dan membantu mencegah gatal-gatal pada kulit serta mengurangi berbagai gejala kondisi kulit lainnya

Kalau mom ingin mengenal lebih jauh mengenai salep ruam Bepanthen yang diproduksi oleh PT. Genero Pharmaceuticals, Bekasi – Indonesia ini, berikut adalah komposisinya.

Aqua (Water), Lanolin, Lanolin alcohol, Beeswax, Paraffinum liquidum, Petrolatum, Panthenol, Ozokerite, Glyceryl oleate, Prunus amygdalus dulcis oil, Cetyl alcohol, Stearyl alcohol.

Cara Pakai Salep Bepanthen untuk Ruam Popok

1. Untuk merawat kulit bayi

  • Terlebih dahulu bersihkan kulit bayi dengan air, lalu keringkan. Atau, bisa juga dibersihkan pakai tisu basah.
  • Setelah kulit kering, oleskan salep Bepanthen secara tipis dan merata pada area (kulit) yang akan ditutup popok
  • Bagian lipatan-lipatan kulit seperti di paha atau selangkangan jangan sampai lupa dioleskan ya mom…
  • Salep ini bisa dioleskan setiap hari sebelum memakai popok

2. Untuk merawat puting susu

Setelah menyusui, bersihkan puting susu lalu keringkan. Setelah kering, oleskan salep Bepanthen tipis-tipis saja.

Kesimpulan

Mencegah ruam popok bisa dimulai dari perawatan yang telaten dan segera. Pastikan kulit bayi selalu dalam keadaan kering. Dan, gunakan popok yang berkualitas. Atau, atasi ruam popok dengan menggunakan salep Bepanthen dari BAYER.

Kalau mom punya tips dan trik lain, atau punya saran dan pertanyaan seputar ruam popok, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar