Resep Camilan Simple dan Sehat, Bakwan Caisim Kobe

Posting Komentar

Sejak menikah, kami hidup nomaden dengan berpindah-pindah tempat (kontrakan). Biasanya, paling lama kami menyewa rumah sekitar 2 tahun.

Tapi di kontrakan kami yang terakhir ini, kami sudah menetap selama 2 tahun lebih.

Meski jauh dari keluarga, kami merasa betah tinggal di rumah yang baru 2 tahun kami tempati ini. Tidak hanya karena lingkungannya yang tenang, tapi juga karena letaknya yang ada di pojokan sendiri.

Karena jauh dari keluarga, nggak begitu mengherankan kalau jumlah tamu yang berkunjung jadi tidak begitu banyak. Dalam seminggu, belum tentu ada 1 pun tamu yang datang ke rumah.

Kunjungan Tamu Dadakan

Pada dasarnya, kami sekeluarga suka menerima tamu. Tapi, ada kalanya kami merasa tidak enak (kepada tamu) jika tidak ada apapun--makanan ataupun minuman yang bisa disuguhkan.

Karena jarang menerima tamu, saya tentu tidak selalu menyediakan stok jajanan atau minuman di kulkas.

Berbeda dengan kopi atau teh yang selalu tersedia di dapur, kami tidak selalu menyediakan makanan.

Tapi untungnya, ada banyak makanan ringan yang enak dan bisa dibuat dari bahan-bahan sederhana. Seperti bakwan misalnya.

Ngomong-ngomong soal bakwan. Ini adalah makanan ringan yang paling mudah dibuat dan prosesnya pun tidak sulit.

Apalagi, sekarang sudah ada tepung bumbu seperti Kobe Tepung Bakwan Kress.

Hanya dengan menggunakan 2 bahan (Kobe Tepung Bakwan Kress dan sayur) kita udah bisa membuat bakwan super enak dan renyah.

Kobe Tepung Bakwan Kress Bikin Anak Jadi Doyan Sayur

Sejak tahu ada Kobe Tepung Bakwan Kress, saya pun mulai menyediakan stok di dapur. Selain untuk jaga-jaga kalau kalau ada tamu yang datang mendadak. Saya juga kerap menggunakannya untuk mengolah berbagai jenis sayuran. Karena anak-anak kurang begitu doyan makan sayur kecuali bayam.

Tapi sejak ada Kobe Tepung Bakwan Kress saya bisa memberikan anak-anak berbagai jenis sayuran tanpa takut tidak mereka sukai.

1. Resep Bakwan Caisim Kobe

Terus terang, selama ini saya lebih sering bikin bakwan dengan campuran wortel, toge, dan kol.

Tapi sejak ada tepung bakwan Kobe saya bisa mengolah sayur apapun jadi gorengan yang enak. Mulai dari jagung, kembang kol, hingga caisim atau yang lebih kita kenal dengan sebutan sawi hijau.

Bagi teman-teman yang tertarik untuk membuat bakwan caisim Kobe, berikut adalah resepnya.

Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu seperti ya...

  • 70 gr Kobe Tepung Bakwan Kress
  • 80 ml air
  • 90 gram caisim (dipotong kecil-kecil)
  • Minyak goreng secukupnya

Setelah bahan-bahan tersebut tersedia, selanjutnya kita bisa membuat bakwan caisim dengan cara,

  1. Mencampurkan tepung dengan air. Kemudian aduk sampai tercampur rata
  2. Tambahkan juga caisim yang sudah dipotong-potong lalu aduk lagi
  3. Goreng dengan minyak panas hingga matang
  4. Tiriskan dan sajikan

2. Keunggulan Kobe Tepung Bakwan Kress

Awalnya, meski sudah sering lihat tepung bumbu Kobe kalo lagi mampir ke minimarket, tapi saya tidak pernah tertarik membelinya.

Tapi setelah mencoba, saya berani meyakinkan diri untuk merekomendasikannya bagi siapapun (emak-emak) yang ingin membuat Bakwan Next Level tanpa ribet.

Atau, bisa juga dicoba untuk memancing minat anak-anak pada sayur-sayuran. Karena hampir semua jenis sayuran bisa kita buat menjadi camilan yang enak, hanya dengan berbekal Kobe Tepung Bakwan Kress.

Setelah mencoba sendiri, saya merasa ada banyak keunggulan yang dimiliki tepung bumbu Kobe ini. Seperti misalnya,

  • Bakwan hasil tepung bumbu Kobe benar-benar kress dan renyah. Trus, renyahnya enggak cuma sebentar, tapi bisa bertahan hingga 2 jam! keren kan?
  • Bisa digunakan untuk membuat berbagai macam gorengan dengan tekstur yang krispi di luar dan empuk di dalam
  • Kalau saya baca-baca di labelnya, tepung ini tidak menggunakan pengawet dan tidak menggunakan pewarna buatan
  • Dibuat dengan campuran rempah-rempah alami

Karena merasakan sendiri bagaimana enaknya tepung bumbu Kobe, saya pun jadi penasaran dengan produk-produk lainnya. Dan, dari rasa penasaran saya ini, saya jadi tahu kalau Kobe itu ternyata dulunya adalah industri rumahan yang berasal dari Semarang.

Tempatnya pada tahun 1979, industri rumahan ini membuat tepung bumbu yang menjadi tepung bumbu pertama di Indonesia.

Karena banyak orang yang mengatakan enak, akhirnya industri rumahan ini menggunakan “Kobe” sebagai nama dan merek dagangnya.

Kobe sendiri adalah singkatan dari “Kata Orang Banyak Enak.” Dan, sejak saat itu, Kobe banyak memproduksi tepung bumbu. Sehingga kini lebih dikenal sebagai, Kobe Ahlinya Tepung Bumbu.

Beberapa produk Kobe tepung bumbu yang tersedia di pasar, diantaranya adalah: Tepung Bumbu Tempe Kriuk, Tepung Bumbu Kentucky Super Crispy, Tepung Bumbu Putih (untuk membuat gorengan renyah bertekstur kristal), Tepung Serbaguna, Tepung Pisang Goreng, hingga Tepung Bakwan Kress seperti yang saya ulas di atas.

Berapa Harga Kobe Tepung Bakwan Kress?

Saya kemarin beli 3 bungkus. Tidak hanya karena lagi ada promo di minimarket dekat rumah, tapi juga niatnya buat stok. Satu bungkus kemasan 210 g saya tebus dengan harga sekitar Rp3.500. Harga normal Kobe Tepung Bakwan Kress, kalau tidak salah sekitar Rp6.500. Murah meriah kan!?

Nah, buat emak-emak pecinta camilan atau gorengan, kalian bisa langsung cus ke www.dapurkobe.co.id kalau pengen dapat info lebih banyak. Trus kalo kalian tertarik dengan resep-resep gorengan dari Kobe, kalian juga bisa mampir ke sosial media mereka @dapurkobe (IG, Twitter, FB, atau TikTok).

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar