Tips Sederhana Memenangkan Kompetisi

17 komentar

 Mengikuti kompetisi adalah salah satu cara kita mengasah skill dan mencari pengalaman sebanyak mungkin.

Dengan turut serta dalam sebuah kompetisi, kita secara tidak langsung telah menantang diri untuk bisa menggali potensi diri lebih dalam serta belajar dan membaca lebih banyak demi memberikan yang terbaik dalam kompetisi tersebut.

Ya.. meskipun saya sendiri adalah Blogger yang jarang banget ikut kompetisi karena kurang percaya diri dan karena kemenangan yang jarang berpihak juga menjadi salah satu faktor mengapa saya kurang percaya diri.

Disana saya menyadari, 

Oh.. ternyata, kerja saya, effort saya di kompetisi ini kurang maksimal. Ada orang yang benar-benar serius mengikuti kompetisi tersebut dan sudah pasti saya yang ikut asal-asalan gak bakalan bisa menang.

Karena inilah, saya yang beberapa waktu lalu berkesempatan mengikuti sebuah webinar, memiliki kesempatan untuk bertanya langsung kepada seorang blogger yang sering kali memenangkan kompetisi tentang rahasianya yang langganan juara saat mengikuti kompetisi ini.

Tips memenangkan Kompetisi

Pahami apa yang penyelenggara inginkan

Brand/penyelenggara tentu memiliki kriteria khusus dalam menentukan pemenang sesuai dengan kompetisi yang sedang diadakan.

Dengan serius memahami keinginan brand, maka tulisan ataupun konten yang akan kita buat akan menjadi salah satu yang menarik dan berkesempatan memenangkan kompetisi tersebut.

Gunakan Properti pendukung 

Setiap brand tentu memiliki logo dan warna yang identik dengan brand tersebut. Saat mengikuti kompetisi, hal ini akan menarik perhatian brand dan juri dengan menggunakan sesuatu yang identik dengan brand.

Manfaatkan Faktor X

Faktor X ini adalah sesuatu yang kalian miliki namun tidak dimiliki oleh orang lain. Salah satunya adalah pengalaman hidup dan story telling. Karena tidak mungkin ada orang yang memiliki kisah unik dan berkesan seperti kisah kalian.

Dengan memanfaatkan Faktor-X inilah yang paling sering dilirik oleh juri lomba jika memang sudah sesuai dengan tema dan materi yang dilombakan.

Nah.. sampai sekarang, saya memang tidak memenangkan banyak lomba menulis di blog. Namun, baru beberapa waktu lalu, saya diberikan kesempatan untuk menjadi salah satu peserta lomba dengan tulisan terpilih oleh Kang Maman di Lomba Fun Writing yang berkolaborasi dengan JNE.

Dan saya merasa, tulisan saya itu terpilih juga karena faktor X ini. Karena yang mengikuti lomba tersebut juga banyak dari beberapa blogger hebat yang sudah sering memenangkan banyak lomba. Dan tentu saja ini atas kehendak Allah ya gais hehehe..

Pengumuman Pemenang JNE Competition 2021

Ngomongin soal pemenang Lomba/Kompetisi nih, beberapa waktu lalu, saya sempat menulis tentang lomba blog yang diadakan oleh JNE bareng Kompasiana di link ini, dan dalam kesempatan kali ini, saya juga diberi kesempatan untuk mengumumkan siapa saja pemenang Kompetisi yang mengusung tema “JNE Bersama UMKM untuk Indonesia”.

Kompetisi yang  ditujukan untuk jurnalis, umum, dan karyawan, serta dibagi menjadi empat kategori yaitu writing competition, video competition, photo competition, dan design competition. Dan inilah pemenangnya:

Selamat untuk para pemenang kompetisinya ya.. Kalah dan menang hanyalah sebuah status dan penghargaan, yang terpenting adalah, kalian semua peserta kompetisi sudah ikut serta memberikan bantuan kepada UMKM serta mendukungnya melalui tulisan yang sudah diikutsertakan dalam lomba ini.

Semoga Indonesia semakin maju dengan berdayanya UMKM yang menjadi penyokong negara ini. Semangat mengikuti kompetisi ya, meskipun di judulnya Tips Sederhana Memenangkan Kompetisi, namun tetap membutuhkan kerja yang maksimal untuk dapat memenangkan sebuah perlombaan. 


Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

17 komentar

  1. JNE Competition 2021 yang mengusung tema “JNE Bersama UMKM untuk Indonesia” ini semoga dengan adanya ajang kompetensi ini semakin mendukung dan memberikan bantuan kepada UMKM melalui tulisan yang sudah diikutsertakan dalam lomba ini. Semoga UMKM kita semakin maju dan jaya

    BalasHapus
  2. Aku beberapa kali ikutin kompetisi blog pernah menang. Lupa deh 2-3x tetapi itu dari 20x lomba diikutin. Memang berkompetisi itu harus tahu banyak hal ya. Terutama syarat yang dibuat penyelenggara

    BalasHapus
  3. Kagum deh sama blogger yang sering menang lomba, pasti effort mereka dalam menggali tulisan hingga deeeep banget, berasa kupas bawang layer per layer katanya kalau story telling.

    selamat ya mbaaak udah terpilih tulisannya juga!

    BalasHapus
  4. Selamat pada para pemenang JNE competition 2021. bagus ini ya, ada kategori khusus karyawan dan ada kategori umum. jadi karyawan yang punya potensi pun bisa menunjukkan karyanya juga

    BalasHapus
  5. Iyess betul banget saya juga sama tidak PD tapi kalau ikut lomba itung-itung mengasah kemampuan diri.

    Urusan menang kalah belakangan tapi kalau mau fokus supaya menang pastinya membuat karya yang unik, di barengi dengan foto atau gambar menarik yaks.

    BalasHapus
  6. Saya belum pernah menang. Ikutannya pun belum sampai lima jari huhu. Harus nyoba berkali kali yaa

    BalasHapus
  7. Faktor X ini bisa jadi jurus jitu ya mbak. Wah udah keluar ya pemenangnya.. Selamat buat semua pemenang.. Hadiahnya banyak euy

    BalasHapus
  8. Saya juga termasuk yang jarang sekali ikutan kompetisi, Mbak. Karena memang kurang pede, eh atau kurang mau berusaha ya.. hahaha ...
    Tapi memang kalau ikut kompetisi itu sekalian mengasah kemampuan kita dan buat kita berusaha untuk memberikan yang terbaik.

    BalasHapus
  9. Wah iya, emang nggak mudah ya memang kompetisi
    Paling unik ya adanya faktor X ini ya mbak

    BalasHapus
  10. Selamat untuk para pemenang.. Semoga selalu menginspirasi. Senang deh kegiatan yang dilakukan JNE ini insyaAllah menginspirasi yang lain

    BalasHapus
  11. Wih tipsnya berdasarkan pengalaman pribadi nih, harus diikutin biar dapat vocer belanja hehehe.
    Trus kemarin ikutan ga lomba JNE competitionnya kak? Eh udah ada pemenangnya ya

    BalasHapus
  12. Minimal kalau bikin grafis backgroundnya disamakan dg warna yg mendominasi brand kalik ya, Mbaak.

    Eh, selamat buat para pemenang lomba JNE Content Competition. Semoga tambah semangat dalam berkarya!

    BalasHapus
  13. Wow udah ada pemenangnya ya kompetisi JNE ini. Yang aku tahu cuma mbak Innayah deh. Keren memang beliau. Selamat JNE dan para pemenangnya. šŸ˜

    BalasHapus
  14. Iya memang butuh perjuangan ya untuk menembus lomba, nggak hanya story telling menarik tapi juga foto yang ciamik, selamat untuk para pemenang lomba JNE, keren banget!

    BalasHapus
  15. aku dah lama ga ikutan kompetisi :")
    mau ikutan rasanya masih maju mundur. karena kadang waktunya itu loh. pas udah merelakan waktu buat kompetisi blog dibanding ngurus anak eeh kalah duh sakitnya tuh ga berdarah :")
    cuma kalau mau ikutan lagi emang pengen entah kapan

    BalasHapus
  16. Sepertinya ntuk ikut kompetisi jg perlu mental yah karena kalau kalah bisa dowb dan trauma mau ikutan lagi (seperti yg kualami hehehe) tipsnya bermanfaat btw, jd semangt ikut kompetisi lgi

    BalasHapus
  17. Mba Inul makasih banget tipsnya. Selamat buat pemenang kompetisi JNE. Meski ga ikutan tapi ikut tapi.

    BalasHapus

Posting Komentar