3 Inovasi Baja Ringan Pada Bangunan

Posting Komentar

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah mempublish cerita saya tentang atap baja ringan merk BlueScope Zacs ® yang bisa dipilih sebagai material utama untuk membuat bangunan, khususnya rumah modern dan minimalist. 

Merek ini adalah salah satu merek yang banyak direkomendasikan karena dikenal kokoh, menawarkan pilihan warna alami yang lengkap, menawarkan ketebalan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dan menawarkan harga yang terjangkau untuk penggunaan jangka panjang minimal 10 tahun.

Melengkapi artikel tersebut, saya tertarik untuk membahas beberapa ide penggunaan atap baja ringan pada sebuah bangunan. Karena kalau saya lihat-lihat, selain untuk rangka atap, bisa juga digunakan untuk dinding dan interior.

Atap baja ringan merk BlueScope Zacs ® banyak dipilih karena punya banyak kelebihan. Diantaranya adalah :

  • Anti rayap 
  • Harganya terjangkau untuk kebutuhan jangka panjang minimal 10 tahun 
  • Lebih ringan dibandingkan genteng sehingga mudah dipasang
  • Lebih dingin hingga 6°C
  • Proses pemasangan lebih cepat dan rapi
  • 5 tahun perlindungan warna 
  • 10 tahun perlindungan karat

Berikut 3 Inovasi Baja Ringan

  • Atap bangunan


Sesuai dengan nama dan fungsinya, atap baja ringan memang sebagian besar digunakan untuk atap. Tidak hanya atap rumah, baja ringan juga banyak digunakan untuk atap kanopi rumah, dinding, hingga interior.

Selain karena kuat, proses pemasangannya yang cepat dan mudah adalah salah satu alasan mengapa baja ringan banyak dipilih untuk atap.

Di tempat saya tinggal, nyaris 100% rumah-rumah yang ada di sini, semuanya menggunakan atap rumah yang pakai baja ringan.

Termasuk rumah yang saya tempati, juga menggunakan baja ringan untuk atap di dapur dan garasi.

Dulu saya juga pernah tinggal di rumah yang atapnya menggunakan material jenis lain. Kalau saya banding-bandingkan, menggunakan material baja ringan ternyata jauh lebih dingin dibandingkan dengan menggunakan atap metal lainnya.

  • Dinding bangunan


Baja ringan bisa dijadikan sebagai alternatif untuk dinding. Saat jalan-jalan, saya sering melihat bangunan-bangunan yang dindingnya terbuat dari baja ringan. Diantaranya rumah – rumah yang modern dan minimalist.
  • Interior


Selain digunakan untuk atap dan dinding bangunan atau rumah, baja ringan juga ada yang menggunakannya sebagai interior.

Seperti misalnya, untuk menutupi meja kasir, meja resepsionis, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Selain digunakan untuk atap rumah, baja ringan juga banyak dimanfaatkan untuk hal-hal lain. Termasuk diantaranya, bisa digunakan sebagai atap, dinding bangunan, hingga interior.

Pemilihan atap baja ringan, untuk berbagai konstruksi bangunan tersebut, biasanya mempertimbangkan kekuatan dan ketahanan jangka panjang, proses pengerjaannya lebih cepat, fleksibilitasnya bisa disesuaikan dengan berbagai bentuk konstruksi bangunan itu sendiri, bobotnya yang ringan namun kokoh.

Dari sekian banyak pilihan merk atap baja ringan yang ada di pasaran, merek BlueScope Zacs® adalah salah satu yang paling banyak dipilih untuk perumahan modern dan minimalist, karena kualitasnya yang bagus, lebih dingin 6°C, kokoh, dan menawarkan warna-warna natural.

Selain atap baja ringan, kalian juga bisa menggunakan genteng metal sebagai bahan bangunan rumah anda agar terlihat lebih modern dan elegan. 

Nah, kalau kalian pernah melihat penggunaan atap baja ringan selain yang telah saya sebutkan di atas, jangan ragu menyebutkannya di kolom komentar ya.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar