Beberapa Hal yang Dapat Kamu Lakukan untuk Mendapatkan Tambahan Uang Jajan

Posting Komentar

Belajar keuangan tidak hanya penting bagi yang sudah memiliki pekerjaan. Namun, bagi yang belum bekerja atau pun masih di bangku perkuliahan, mengetahui bagaimana mengelola keuangan juga penting. Hal ini dikarenakan tidak semua orang pandai dalam mengelola keuangan mereka.

Bicara soal keuangan, mahasiswa menjadi salah satu kelompok yang sering mengalami kendala dalam mengelola keuangan. Entah karena pendapatan yang belum ada atau karena tidak adanya sumber pendapatan yang bisa diandalkan. Nah, bagi kamu mahasiswa yang ingin mendapatkan uang jajan tambahan, kamu bisa mencoba beberapa bisnis berikut ini.

1. Kerja Online

Kerja online saat ini sudah sangat populer dengan beragam jenis pekerjaan yang bisa dilakukan. Hanya membutuhkan koneksi internet dan laptop, kamu bisa menghasilkan uang tambahan setiap bulannya. Beberapa contoh pekerjaan online yang bisa dilakukan oleh mahasiswa di antaranya penulis konten, jualan online, menjadi desainer digital, hingga investasi.

Pekerjaan online yang bisa kamu coba di antaranya adalah copywriter, desain grafis, admin sosial media, dan masih banyak lainnya. Tingginya perkembangan dunia digital saat ini telah membuka banyak peluang untuk kamu bisa bekerja secara online tanpa harus datang ke kantor. Kamu bisa melakukannya di mana pun dan kapan pun.

2. Menjadi Asisten Dosen

Kalau kamu cukup pandai dalam berinteraksi dengan dosen, kamu bisa memanfaatkannya sebagai cara mendapatkan keuntungan. Menjadi asisten dosen merupakan hal yang umum dilakukan oleh banyak mahasiswa. 

Membantu dosen dalam memberikan pelajaran adalah salah satu cara terbaik mendapatkan uang tambahan. Tapi, untuk hal yang satu ini, kamu harus bisa menyeimbangi dosen, ya.

Menjadi asisten dosen juga membutuhkan skill individu dalam menyelesaikan masalah. Sebagai catatan, kamu harus bisa lebih kreatif dan inovatif saat ingin melakukannya. Selain itu, skill public speaking dan juga mengajar dibutuhkan agar kamu bisa menyampaikan materi yang diberikan.

3. Berjualan Online

Membuka bisnis jualan online bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, besarnya persaingan saat berjualan membuat mereka yang tidak memiliki strategi jadi kalah saing. Jadi, usahakan menjual produk dan barang yang memiliki sedikit kompetitor. Contohnya, kamu bisa menjual peralatan kuliah dengan harga yang murah.

4. Menjadi Pengisi Survey Online

Mengisi survey terkadang menjadi hal yang sering diabaikan, apalagi di perkuliahan. Namun, mengisi survey sebenarnya bisa menjadi cara kamu menghasilkan uang secara online. Di internet terdapat banyak situs yang mencari orang-orang untuk mengisi survey dan dibayar setiap kali survey selesai. Kamu bisa mencobanya untuk mendapatkan tambahan uang jajan.

5. Menjadi Influencer

Influencer menjadi istilah yang sudah sangat populer saat ini. Di sosial media, seorang influencer bisa meraup keuntungan dari produk dan brand yang mereka promosikan melalui Instagram dan YouTube. Jika kamu memiliki pengikut sosial media yang banyak, kamu bisa membuka endorsement dan menawarkan skill promosi kamu di sosial media.

Membantu promosi brand juga bisa kamu lakukan lewat program referral. Dengan teknik yang sama seperti influencer, kamu bisa mendapatkan penghasilan lewat membagikan kode referral. Salah satu contoh yakni dengan program referral Ternak Uang. Dengan mengajak teman kamu jadi member di Ternak Uang lewat kode referral yang kamu miliki, akan membawa kesempatan mendapat reward hingga jutaan rupiah. Selain itu, kamu juga bisa mendapat keuntungan dengan bertambahnya pengetahuan di bidang edukasi keuangan.

6. Main Crypto

Crypto kini menjadi tren yang banyak digandrungi oleh orang-orang. Membeli produk dengan uang kripto dikatakan bisa memberikan keuntungan dalam jumlah banyak. Selain itu, istilah kripto dan NFT sepertinya akan menjadi topik yang selalu dibahas.

Kamu bisa mencoba ikut dalam tren ini dengan bermain kripto dan NFT yang keuntungannya sangat fantastis. Namun, harus diingat bahwa jika ingin mendapatkan keuntungan yang banyak kamu harus punya skill yang mumpuni juga.

7. Investasi

Nah, untuk yang satu ini seperti semua orang sudah mulai banyak yang melakukan. Jenis investasi yang beragam dengan pilihan keuntungan yang ditawarkan, membuat siapa saja ingin melakukannya. Kamu bisa mencoba memulai investasi dengan nominal yang lebih murah.

Investasi membutuhkan komitmen dan juga kesabaran, karena keuntungannya tidak akan didapatkan dalam waktu semalam. Kamu harus bisa memahami istilah dan membaca peluang yang ada. Karena nilai investasi yang kamu beli bergantung pada keadaan sosial dan juga perekonomian dunia.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar