2 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan saat Beli Mobil

Posting Komentar

Baru-baru ini. Hanya dalam kurun waktu 1 bulan. Setidaknya saya sudah bertemu dengan dua orang penjual mobil bekas. Walaupun tidak bermaksud untuk membeli. Tapi, karena bertemu dengan mereka, topik pembicaraan pun otomatis mengarah ke suasana pasar mobil bekas.

Dari obrolan ringan dengan penjual-penjual mobil bekas tersebut, saya pun jadi sedikit-banyak punya gambaran mengenai kondisi pasar mobil bekas yang ternyata masih cukup menjanjikan. Entah itu, jika dilihat dari sisi penjual ataupun pembeli.

Dan, dari obrolan tersebut saya pun jadi tertarik dan ingin sekali menabung, agar suatu saat nanti bisa beli mobil--meskipun hanya sebuah mobil bekas.

Penyebab Harga Mobil Semakin Mahal

Tidak bisa dipungkiri apabila mobil adalah salah satu jenis kendaraan yang paling banyak diinginkan untuk dimiliki. Tidak begitu mengherankan. Mengingat, mobil memang cukup nyaman untuk dikendarai karena bisa melindungi pengemudi ataupun penumpangnya dari cuaca panas dan hujan.

Akan tetapi, seperti yang banyak kita tahu, harga sebuah mobil tidaklah murah. Apalagi, jika kita mempertimbangkan untuk membeli mobil yang kondisinya masih baru.

Karena harga mobil baru yang lumayan mahal, banyak masyarakat yang kemudian mengalihkan buruannya dengan membeli mobil second yang kondisinya masih layak tapi dihargai jauh lebih murah.

Perlambatan ekonomi juga turut mempengaruhi situasi di pasar mobil. Sehingga, semakin banyak masyarakat yang mempertimbangkan untuk membeli mobil bekas daripada mobil baru.

Ditambah lagi, mobil keluarga keluaran terbaru semakin banyak yang kini beralih dari teknologi RWD ke FWD. Sistem FWD yang sering dianggap kalah kuat menanjak dibandingkan dengan mobil RWD, membuat banyak calon pembeli mempertimbangkan mobil-mobil lawas yang masih menggunakan sistem penggerak roda belakang (RWD).

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan pasar mobil bekas di dalam negeri beberapa tahun belakangan ini terkesan semakin seksi.

Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil

Meskipun saya pribadi belum pernah membeli mobil. Namun, hasil obrolan dengan penjual-penjual mobil bekas yang pernah saya temui telah memberikan saya sedikit-banyak gambaran mengenai apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli sebuah mobil.

Faktanya, setelah perumahan, mobil adalah penyebab membengkaknya pengeluaran sebagian besar keluarga di Indonesia. Besarnya biaya yang dihabiskan untuk kendaraan tidak hanya sebatas harga kendaraan itu sendiri, tapi juga biaya untuk membeli bahan bakar dan lain sebagainya.

Biaya membeli kendaraan yang mahal, kerap membuat orang menjadi stress. Terutama apabila mereka belum mapan secara finansial, atau karena gaji pas-pasan serta tabungan belum cukup.

Kondisi tersebut semakin diperparah dengan kondisi pasar kendaraan saat ini. Seperti dilansir dari situs Bloomberg.com, harga mobil mengalami kenaikan yang memecahkan rekor pada dua tahun belakangan. Sebagai akibat dari perlambatan produksi yang disebabkan oleh pandemi serta akibat ketersediaan microchip yang semakin langka.

Menurut penjual-penjual mobil bekas yang pernah saya temui tersebut. Ada 2 hal utama yang paling penting untuk dipertimbangkan saat akan membeli mobil bekas. Yaitu, mempertimbangkan jenis kendaraan yang dibutuhkan dan anggaran yang tersedia.

Jadi, mobil seperti apa yang sebaiknya kita beli?

1. Memilih Jenis Mobil

Baik mobil jenis MPV maupun SUV, kedua-keduanya cukup nyaman digunakan untuk berkendara di jalan-jalan di Indonesia. Namun, dibalik kenyamanan yang diberikan tersebut, tersembunyi bagian-bagian yang tidak menyenangkan. Seperti, biaya bahan bakarnya yang lebih besar, butuh garasi yang luas, dan seringkali kesulitan mencari tempat parkir di pinggir jalan.

Karena itu, seorang editor di situs jual-beli mobil terkenal bernama Ronald Montoya, menyarankan kita untuk menghindari pembelian mobil yang berlebihan. Pasalnya, banyak dari kita yang sebenarnya sudah cukup dengan sebuah mobil hatchback. Dan, jika sewaktu-waktu membutuhkan mobil 7 seater atau lebih, yang mungkin hanya terjadi satu atau dua kali dalam setahun, Anda bisa menyewa mobil SUV atau MPV di penyedia jasa rental mobil.

2. Anggaran yang tersedia

Seperti yang telah saya sampaikan di atas, harga mobil rata-rata cukup mahal. Bahkan, untuk sebuah mobil second keluaran tahun 2000 saja, saat ini harganya masih berada di kisaran angka 40 hingga 60 jutaan.

Dengan harga yang begitu mahal, wajar apabila setiap calon pembeli wajib memperhatikan anggaran yang mereka sediakan.

Karena itu, cobalah untuk realistis. Jangan memaksakan diri membeli kendaraan yang tidak mampu anda bayar.

Sejauh yang saya tahu, sebagian besar ahli menyarankan kita untuk mengeluarkan biaya pembelian mobil yang sebaiknya tidak lebih dari 20% atau 30% dari total penghasilan atau gaji bersih.

Jika ingin mengetahui lebih pasti jumlah biaya yang dibutuhkan untuk membeli mobil baru atau bekas, ataupun jika ingin tukar tambah mobil. Anda bisa mencoba menghitungnya menggunakan kalkulator online, yang dirancang secara khusus untuk membantu menghitung total biaya yang dibutuhkan jika ingin membeli mobil.

Kalkulator tersebut menyediakan hitung-hitungan yang meliputi, perhitungan biaya kredit, DP, asuransi, hingga bahan bakar.

Tips Memilih Jenis Mobil yang Tepat

Melengkapi artikel ini, saya tertarik untuk membahas sedikit lebih dalam mengenai beberapa tips dalam memilih jenis atau tipe mobil yang paling tepat, berdasarkan saran dari sejumlah ahli.

Pasar mobil di Indonesia terkesan unik. Pasalnya, banyak masyarakat yang suka membeli mobil MPV dibandingkan dengan mobil hatchback atau sedan, meskipun mobil tersebut lebih sering berisi seorang pengemudi dan seorang penumpang saja. 

Hal tersebut mungkin karena mobil MPV dianggap punya ruang yang lebih lega. Mengingat kebanyakan keluarga di Indonesia memiliki lebih dari satu atau dua orang anak. Sehingga, setiap kali membeli mobil, mereka lebih suka membeli sebuah mobil yang bisa membawa penumpang lebih banyak, serta ditawarkan dengan harga dan pajak yang terjangkau.

Akan tetapi, jika sehari-hari anda hanya menggunakan mobil tersebut untuk perjalanan di dalam kota. Misalnya untuk pulang pergi ke kantor dan mengantar anak ke sekolah. Membeli sebuah mobil MPV sudah pasti terlalu besar. Karena, dengan jumlah anggota keluarga yang ada, pasti akan menyisakan banyak kursi yang kosong.

Padahal, ada beberapa pilihan mobil hatchback yang lebih tepat untuk dibeli. Yang tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan, tapi juga lebih hemat bahan bakar dan tidak membutuhkan garasi yang luas.

Tapi jika anda sering bepergian dan sering melewati jalan yang tidak nyaman atau jalan-jalan tipe offroad. Serta, apabila anda memiliki keluarga besar yang terdiri atas 5-6 orang, memilih membeli mobil tipe MPV atau minivan seperti Daihatsu Luxio hingga Grand Max bisa menjadi pilihan tempat.

Jika Anda membutuhkan mobil yang bisa muat penumpang banyak dan tidak digunakan untuk melewati jalan offroad, memilih minivan adalah pilihan yang rasional. Mobil seperti ini bisa memuat hingga 8 orang. Atau bahkan, 10 orang jika beberapa diantaranya adalah anak-anak.

Kesimpulan

Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan terbaik bagi siapapun yang membutuhkan alat transportasi yang lebih nyaman dari sepeda motor, tapi lebih murah daripada mobil baru.

Sekalipun yang akan dibeli adalah sebuah mobil bekas, namun kita tetap harus mempertimbangkan tipe dan juga anggaran yang tersedia agar tidak menjadi beban kehidupan sehari-hari.

Jika anda ingin mengetahui secara pasti berapa biaya yang dibutuhkan untuk membeli mobil bekas? Anda bisa mencoba menghitungnya dengan menggunakan kalkulator pembiayaan mobil online.

Kalkulator tersebut bisa menghitung secara otomatis. Mulai dari, besarnya DP yang tepat untuk diambil berdasarkan gaji Anda saat ini, cicilan per bulan, tenor atau jangka waktu kredit, dan berbagai biaya yang lainnya. Sehingga, Anda bisa mengambil keputusan dengan tepat tanpa membuat situasi keuangan keluarga jadi kacau-balau.

CarPaymentCalculator.net adalah salah satu contoh penyedia kalkulator online untuk menghitung pembiayaan beli mobil yang paling saya rekomendasikan karena fiturnya lumayan lengkap.

Di samping menyediakan kalkulator untuk menghitung harga mobil atau besarnya kredit yang cocok kita ambil dan lain sebagainya, situs kalkulator online ini juga menyediakan beberapa kalkulator lain. Beberapa kalkulator tambahan tersebut bisa digunakan untuk, menghitung anggaran BBM dan lain sebagainya.

Dan, yang paling menyenangkan saat mengunjungi situs kalkulator online ini adalah ketersediaan sekitar 20 game arcade online bebas iklan yang cocok dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Jika tertarik untuk memainkan berbagai game gratisan tersebut, Anda bisa langsung kunjungi alamat https://www.carpaymentcalculator.net/arcade/ melalui browser.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar