Apa Itu Captcha dan Fungsi Captcha? Berikut Penjelasannya

Posting Komentar
Captcha merupakan fitur khusus yang berguna untuk memberi proteksi pada sebuah website agar website tersebut benar-benar diakses oleh manusia bukannya robot.

Alhasil, pasti kamu sering menjumpai captcha ketika membuka website. Seringkali kamu diminta untuk mengisi rangkaian gambar, huruf, puzzle ataupun memberi checklist terlebih dahulu sebelum penelusuran bisa dilanjutkan. 

Terkadang verifikasi captcha ini harus dilakukan secara berulang-ulang sehingga membuat pengunjung merasa kesal. Akan tetapi, dibalik itu semua manfaatnya tidak lain adalah untuk keamanan kedua belah pihak. 

Tentu saja tujuan utamanya adalah untuk menghindari spam, karena dewasa ini teknologi automasi berkembang semakin pesat sehingga dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab seperti para hacker untuk melakukan aksi jahatnya. 

Jadi, selain beli SSL Certificate dan memasangnya di website jualan, menambahkan captcha sedikit banyak juga bisa menjadi pelapis sistem keamanan.

Pengertian Captcha

Captcha berasal dari bahasa Inggris yaitu capture yang bermakna menangkap. Istilah captcha merupakan singkatan dari completely automated public turing test to tell computer and human apart yang memiliki arti uji turing publik terotomatisasi penuh untuk membedakan antara manusia dan komputer. 

Jadi, kesimpulannya captcha adalah proses otomatis yang berfungsi untuk memastikan bahwa pengunjung website merupakan manusia dan bukanlah robot. Oleh karenanya proses autentikasi biasanya dibuat sedemikian rupa supaya hanya bisa dipecahkan oleh manusia sungguhan. 

Contohnya adalah saat memasuki sebuah website sebelumnya kamu diminta untuk memberi checklist pada tempat yang menyatakan bahwa "saya bukan robot". Dengan memberikan lapisan keamanan berupa captcha maka pemilik website lah yang paling diuntungkan karena website bisa terlindungi dari pengunjung fiktif atau robot. 

Fungsi Captcha untuk Sebuah Website

Setelah mengetahui apa itu captcha, kini saatnya kamu juga perlu tahu apa saja manfaat captcha untuk sebuah website secara lengkap. 

1.Menghindari Website dari Pendaftaran Akun Palsu

Beberapa tahun lalu terjadi serangan bot yang menyerang website dengan cara mendaftarkan ribuan akun email dalam satu waktu. Akun palsu yang didaftarkan biasanya sangat merugikan baik pemilik website ataupun pengguna website karena seringkali akun-akun bot dimanfaatkan untuk mencuri data yang ada di sebuah website. 

Jika website yang kamu punya melakukan strategi digital marketing dengan cara mengirimkan email otomatis atau newsletter akun-akun bot biasanya tidak bisa menerima email sehingga hal ini bisa membuat reputasi website kami menjadi menurun dan strategi yang kamu lakukan menjadi tidak tepat sasaran. 

Karena email yang tidak terkirim tersebut bisa membuat reputasi Yahoo, Gmail ataupun Outlook kamu menjadi buruk di mata mereka. Oleh sebab itu ketika melakukan pendaftaran sebuah akun biasanya kamu diminta untuk menyelesaikan captcha terlebih dahulu. 

2.Memfilter Komentar Spam

Captcha seringkali digunakan untuk memfilter atau menyaring komentar spam. Biasanya kamu diminta untuk memecahkan kombinasi huruf, angka ataupun gambar saat akan menulis komentar di sebuah website. Inilah cara untuk mencegah komentar spam. 

Untuk kamu para pemilik blog atau website pasti sering menjumpai komentar spam yang berisi tentang promosi sebuah produk yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan topik artikel. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu reputasi blog atau website karena membuat visitor menjadi tidak nyaman. 

Biasanya komentar spam digunakan untuk menaikkan rating website secara instan, akan tetapi algoritma google justru menganggap hal ini sebagai spam. Jika google sudah menganggapnya sebagai spam maka tidak menutup kemungkinan blog atau website yang kamu kelola bisa saja dihapus pada mesin pencarian google.

3.Mencegah Website dari Serangan Brute Force

Captcha bisa digunakan untuk mencegah serangan brute force pada sebuah sistem persandian agar pencurian akun dengan cara memecah password menggunakan bot tidak terjadi. Dengan captca maka pencurian data oleh oknum yang tidak bertanggungjawab bisa terhindarkan. 

4.Meningkatkan Keamanan pada Transaksi Online

Jika kamu pemilik website yang berfungsi sebagai toko online, maka penting sekali untuk menerapkan captcha. Hal ini disebabkan karena captcha akan memberikan pengaruh pada reputasi toko online yang kamu kelola. 

Tentu saja captcha ini berfungsi untuk memastikan bahwa pelanggan yang memesan produk merupakan manusia sungguhan dan bukanlah robot. Jika sampai terjadi pemesanan fiktif pada toko online yang kamu miliki maka akan memberikan reputasi buruk pada customer experience dan akhirnya berpengaruh pada turunnya penjualan. 

Tentu saja kamu sebagai pemilik toko online tidak ingin hal ini sampai terjadi. Sudah susah-susah membangun brand namun rusak seketika karena pemesanan yang dilakukan oleh robot. 

5.Melindungi Email dari Scraper

Scraper adalah bot yang bisa mencuri dan mengekspor alamat email pada sebuah blog atau web. Prosesnya bisa dilakukan secara manual dan otomatis. Bahkan yang lebih parahnya saat ini banyak sekali tools mulai dari software berbayar sampai dengan python gratis yang bisa dimanfaatkan untuk scraping. 

Script otomatis bekerja dengan cara mendeteksi URL milik kamu lantas menyamar sebagai pengguna dan akhirnya mengakses URL untuk mengambil data-datanya. Aktivitas yang terjadi secara terus-menerus ini bisa sangat mengganggu kinerja website dan juga merusak citra brand. 

Apa itu URL ? baca disini

Itulah penjelasan selengkapnya terkait captcha dan fungsinya. Apakah kamu sudah paham?


Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar