Penyebab Flek Hitam dan Cara Menghilangkannya

Posting Komentar

Sejak kecil sebenarnya saya sudah mengenal produk-produk kecantikan untuk merawat kulit wajah. Hanya saja, waktu itu saya tidak terlalu peduli dengan kualitas produk ataupun efek sampingnya apabila saya menggunakan produk-produk yang kurang berkualitas.

Selain kurang peduli dengan kualitas produk, saya juga tidak terlalu perhatian pada wajah. Sehingga, tidak terlalu getol dalam melakukan perawatan.

Sayangnya, sikap saya dulu (waktu masih kecil) itu belakangan mulai saya sesali. Karena kurangnya perawatan dan pemilihan produk yang kurang tepat membuat beberapa flek hitam muncul di wajah.


Selain bintik-bintik hitam bekas jerawat, terdapat juga flek akibat hiperpigmentasi. Apa sih penyebab flek hitam di wajah?

Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah

Saya yakin banyak diantara kalian yang pasti sudah familiar dengan istilah "flek hitam" tapi mungkin belum begitu tahu apa sih yang menyebabkan flek tersebut bisa muncul di kulit wajah?

Singkatnya, apapun warna kulit kita, entah itu terang atau gelap, semuanya mengandung pigmen yang disebut melanin.

Melanin ini diproduksi oleh sel yang disebut melanosit. Fungsi melanin sendiri adalah untuk melindungi kulit.

Contohnya begini…

Ketika kita berjemur di bawah sinar matahari. Kulit kita bisa rusak akibat sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari. Agar kulit tidak mengalami kerusakan yang parah, kulit kita akan melindungi dirinya dengan memproduksi melanin.

Sayangnya, dalam situasi tertentu, kulit kita akan memproduksi melanin secara berlebihan (hiperpigmentasi). Akibat hiperpigmentasi, lambat laun akan terbentuk endapan melanin yang berbentuk bintik atau bercak berwarna gelap, yang biasa kita sebut dengan istilah flek hitam.

Meskipun hiperpigmentasi bisa dialami oleh semua warna kulit, namun orang-orang yang kulitnya berwarna gelap cenderung lebih mudah mengalami hiperpigmentasi ini.

Berikut adalah beberapa penyebab hiperpigmentasi yang menimbulkan munculnya flek hitam di wajah.

1. Paparan sinar matahari

Penyebab utama munculnya flek hitam di wajah adalah akibat paparan sinar matahari. Karena seperti yang telah saya jelaskan tadi di atas, sinar ultraviolet yang berasal dari matahari dapat menyebabkan melanosit memproduksi melanin secara berlebihan untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV tersebut.

Paparan sinar matahari tidak hanya menyebabkan munculnya flek hitam, tapi juga dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit, menyebabkan kulit jadi kering, kusam, dan beberapa masalah kulit lainnya.

Karena itulah, dermatologist (spesialis kulit) sangat menganjurkan kita untuk menggunakan tabir surya (sunscreen) sebelum keluar rumah di siang hari meskipun cuaca sedang mendung.

2. Hormon

Penyebab munculnya flek hitam di kulit wajah selanjutnya adalah karena kadar hormon yang naik-turun. Ketika kadar hormon naik turun, salah satu efek sampingnya adalah perubahan pigmentasi pada kulit yang disebut melasma.

Umumnya, kemunculan melasma ini terjadi pada saat hamil atau apabila kita menggunakan terapi hormonal. Umumnya, bercak-bercak hitam atau flek hitam akibat perubahan hormon akan hilang dengan sendirinya setelah hormon kembali normal. Misalnya setelah melahirkan untuk ibu hamil.

3. Peradangan

Penyebab munculnya flek hitam selanjutnya adalah karena peradangan atau cedera pada kulit. Misalnya, peradangan akibat jerawat, reaksi alergi, eksim, dan lain sebagainya.

Mengapa peradangan bisa menyebabkan flek hitam?

Munculnya flek hitam merupakan respon alami kulit terhadap peradangan. Jadi, apabila terdapat luka pada kulit wajah, kulit wajah kita akan merancang. Pada saat sembuh, kulit akan memproduksi melanin secara alami. Karena itulah, flek hitam sering muncul setelah jerawat sembuh atau apabila kulit mengalami luka akibat jerawat.

Cara Menghilangkan Flek Hitam

Meskipun flek hitam di wajah tidak berbahaya, namun keberadaannya seringkali dianggap mengganggu penampilan. Karena itu, banyak orang mencoba mencari cara bagaimana caranya menghilangkan flek hitam di wajah.

Begitu pula dengan saya. Flek hitam di wajah saya sudah ada cukup lama. Saya juga sudah mencoba berbagai cara untuk menghilangkannya.

Dari sekian banyak cara yang saya coba untuk menghilangkan flek hitam, salah satunya adalah dengan menggunakan krim (cream).

Karena banyak dokter kulit yang menyarankan cream penghilang flek hitam dibandingkan dengan prosedur lainnya yang lebih instan tapi beresiko.

Disamping itu, biaya menghilangkan flek hitam dengan menggunakan cream wajah jauh lebih murah jika dibandingkan dengan metode lain seperti perawatan laser, perawatan mikrodermabrasi, chemical peels, ataupun cryotherapy.

Cream penghilang flek hitam yang tersedia di pasaran sebenarnya sangat banyak. Saking banyaknya, kadang-kadang kita sampai bingung mau pilih yang mana.

Kalau kamu ingin mengetahui beberapa cream wajah yang menurut saya bagus dan efektif untuk menghilangkan flek hitam, kamu bisa membaca rekomendasi ceklist.id yang link-nya sudah saya cantumkan di atas.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar