Belajar Menjadi Content Creator Bersama IndiHome

Posting Komentar

Sejak memutuskan untuk fokus ngeblog dan menjadi penulis konten, saya juga memutuskan untuk berlangganan wifi rumah dari IndiHome.

Seiring waktu, selain ngeblog dan jualan artikel di forum-forum dan lewat website, saya juga tertarik untuk membuat konten berbasis video untuk diupload ke YouTube.



Tapi keinginan untuk membuat konten yang bermanfaat membuat saya nggak mulai-mulai. Pasalnya, mencari ide membuat konten video yang bermanfaat itu ternyata nggak semudah yang saya bayangkan. Selain itu, saya juga merasa nggak pede kalau harus berbicara di depan kamera.

Keinginan untuk menjadi konten kreator ini memang sudah lama saya pendam. Pasalnya, saya kerap merasa sayang apabila speed internet yang cepat dan kuota yang banyak dari IndiHome tersebut tidak dimanfaatkan secara maksimal.

Tapi setelah saya pikir-pikir, keinginan untuk membuat konten yang bermanfaat tersebut ternyata justru membuat saya tidak action sama sekali.

Jadi, setelah saya pertimbangan matang-matang, saya putuskan untuk memulai saja dulu. Mengingat saya tidak memiliki pengalaman atau pengetahuan yang cukup dalam membuat konten yang menarik dan berkualitas.

Karena selain harus mencari ide, kita juga perlu belajar untuk mengedit video agar konten terlihat lebih menarik, dan perlu mempelajari SEO agar video yang kita upload lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang kita targetkan.

Setelah belajar beberapa waktu, saya akhirnya merasa lebih percaya diri dalam membuat konten. Saya pun memutuskan untuk mencoba membuat konten video dengan kamera hp.

Video pertama saya masih jauh dari kata sempurna, tetapi saya terus berlatih dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada di setiap video yang saya buat.

Lambat laun, konten video saya semakin berkualitas dan terlihat lebih menarik. Setidaknya dari kata mata saya pribadi.

Selain mengunggahnya ke platform seperti YouTube, saya juga mengupload video ke TikTok dan Instagram.

Meski jumlah subscribe dan penonton video yang saya buat masih tidak terlalu banyak, namun saya tidak ingin menyerah.

Karena saya percaya, dengan kerja keras dan belajar, siapapun bisa sukses.

Cerita-cerita sukses dari konten kreator seperti Khaby Lame adalah salah satu yang membuat saya tidak mudah putus asa.

Saya yakin banyak diantara kita yang sudah mengenal Khaby sebagai salah satu konten kreator terkenal di jagad maya.

Saking terkenalnya, menurut The Verge, Khaby bahkan menjadi orang yang paling banyak diikuti di Tik Tok, menggeser Charlie D'Amelio pada 22 Juni 2022 silam.

Kisah sukses Khaby sebenarnya dimulai dari awal pandemi kemarin, dimana ia kehilangan pekerjaannya sebagai buruh pabrik di sebuah kota di Italia Utara.

Setelah dipecat dari pekerjaanya, Khaby Lame yang merupakan seorang imigran Senegal memutuskan untuk memposting video di TikTok dengan nama akun Khaby Lame.

“Dalam satu bulan, saya mendapat sembilan views dan dua subscribers,” papar Lame dalam sebuah wawancara.

Tapi prestasi tersebut tidak menghentikannya untuk membuat lebih banyak konten video untuk menghibur para penggemarnya.

Didorong oleh hasratnya untuk “membuat orang tersenyum,” dia melanjutkan perjalanan media sosialnya sebelum akhirnya mencapai kesuksesan seperti sekarang.

Dari kisah Khaby ini, saya mendapatkan banyak pelajaran berharga, termasuk bagaimana kita harus mempercayai perjuangan kita dan percaya pada kemampuan kita untuk mewujudkan hal-hal yang menjadi impian kita.

Dalam membuat konten, Khaby banyak mengangkat tema-tema sederhana dan hanya menggunakan ekspresi wajah serta bahasa tubuh (tanpa berbicara).

Sebagian besar tema yang ia angkat adalah menyederhanakan ide-ide life hack atau tren overproduksi yang beredar di media sosial.

Belajar dari Khaby, untuk menjadi sukses kita juga tidak selalu membutuhkan peralatan yang mahal dan rumit.

Untuk merekam video misalnya, kita bisa saja memanfaatkan kamera hp. Begitu juga dengan internet untuk mengupload video dan belajar untuk membuat konten-konten yang berkualitas,Kita bisa memanfaatkan internet yang ada.

Saya sendiri di rumah sudah berlangganan IndiHome sejak lama. Karena itulah, Seperti yang saya katakan di atas, saya sering merasa Sayang apabila tidak memanfaatkan kuota maupun speed internet yang diberikan oleh internet provider dari Telkom Indonesia ini.

Penutup

Menjadi content creator saat ini semakin mudah berkat kehadiran teknologi seperti internet dan smartphone.

Kehadiran internet yang semakin terjangkau seperti yang ditawarkan oleh internet provider IndiHome yang menjadi anak perusahaan Telkom Indonesia, kita jadi lebih mudah mengupload konten ataupun mencari konten-konten yang bisa dipakai untuk belajar.

Kemudian, smartphone yang dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan kualitas juga turut memudahkan kita untuk mewujudkan impian menjadi content creator.

Dengan berbekal smartphone, kita bisa merekam adegan, pengedit video, dan langsung mengupload konten yang sudah kita buat ke berbagai platform.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar