Monday, April 23, 2018

5 Tips Memulai Bisnis Spa Indonesia

Sekarang ini, perawatan kecantikan sudah menjadi keperluan utama bagi sebagian wanita. Dengan melakukan perawatan kecantikan bisa membantu tubuh merasa segar dan kulit lebih cantik. Salah satu perawatan kecantikan yang saat ini banyak dilakukan oleh kaum hawa adalah spa.



Banyak orang yang menganggap spa hanya sebagai tempat untuk melakukan perawatan tubuh seperti pijat atau massage saja. Sebenarnya, pengertian spa adalah tempat bagi orang-orang yang ingin mendapatkan perawatan badan, dari ujung rambut hingga ujung kaki sekaligus mengembalikan kesegaran tubuh. Biasanya, perawatan spa terdiri dari body treatment, creambath, facial, foot spa, manicure-pedicure, lulur, dan scrub.

Pertumbuhan bisnis spa Indonesia setiap tahun terus meningkat karena animo masyarakat di penjuru Nusantara yang mendambakan tubuh yang sehat dan cantik semakin besar. Apalagi, kini bisnis spa Indonesia bukan hanya tersedia di Jakarta saja, tapi di setiap daerah memiliki tradisional spa masing-masing. Mungkin Anda tertarik untuk mencoba perawatan kecantikan spa? Jika iya, berikut panduan membuka bisnis spa agar bisa menjadi usaha yang tidak hanya menguntungkan tetapi juga memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para pelanggan:


Perhatikan Jam Operasional


Yang harus kamu ketahui untuk memulai bisnis spa Indonesia, jenis usaha ini biasanya buka dari jam 10 pagi hingga pukul 9 malam termasuk di hari sabtu, minggu, maupun hari libur nasional, bisnis ini tetap buka untuk melayani para pelanggan. Pada umumnya, jam paling sibuk, yakni saat makan siang dan pada sore hari. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan jam-jam ramai ini supaya bisa memperoleh lebih banyak keuntungan.


Sesuaikan Harga Treatment


Untuk membuka usaha spa, Anda juga perlu menetapkan harga yang akan Anda berikan kepada pelanggan. Bila Anda menetapkan harga terlalu tinggi, maka sudah bisa dipastikan jika bisnis spa Anda akan kurang diminati oleh masyarakat. Tapi, bila harga terlalu rendah bisa juga membahayakan bisnis Anda. Lebih baik, sebelum benar-benar membuka tempat spa, Anda mencari tahu dulu berapa sebenarnya harga treatment yang dikenakan oleh tempat spa lainnya dengan cara pergi ke tempat spa lainnya yang sesuai dengan target market Anda. Selain itu, perhatikan treatment yang mereka tawarkan dan periksa harganya. Dari situ, barulah Anda bisa memeroleh harga yang kompetitif di kelasnya.

Menjaga Kebersihan


Kebersihan menjadi salah satu faktor penting dalam bisnis spa. Urusan kebersihan ini bukan soal menyapu potongan rambut ataupun selalu menggunakan handuk bersih. Lebih dari itu, Anda harus memastikan bahwa spa selalu bersih dan harum dikondisi apapun. Perlu diingat, jika tempat spa bersih, nyaman, dan wangi bisa membuat customer merasa betah, bahkan bisa terus diingat sebagai tempat yang nyaman untuk relaksasi.

Pilih SDM yang Bisa Bertanggung Jawab


Anda harus betul-betul jeli dalam merekrut para staf, baik staf administrasi, pembersih, hingga terapis. Karena SDM sangat memengaruhi sukses tidaknya suatu usaha. Bila Anda memilih orang-orang yang tepat, maka bisa dipastikan para staf bisa bekerja secara profesional.

Tambah Keuntungan dengan Jual Produk


Bisa juga saat membuka usaha spa Anda sekaligus menjual produk-produk yang biasa digunakan untuk treatment. Tapi Anda harus memastikan jika staf Anda telah diberikan pengetahuan soal produk yang dijual. Anda juga perlu memperhatikan kualitas produk yang digunakan dan apa kelebihannya, sehingga bisa membuat konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut secara pribadi.

Semoga 5 tips memulai bisnis spa di atas bisa Anda jadikan panduan dalam membangun usaha spa Anda sendiri. Kini membuka usaha spa semakin mudah karena didukung kecanggihan teknologi yang berkembang maju. Misalnya, muncul berbagai usaha startup dalam bentuk aplikasi digital yang memudahkan siapapun untuk melakukan bisnis menggunakan internet.

 Salah satu aplikasi digital yang membantu pemilik bisnis di bidang kecantikan dan kesehatan adalah Fitnesia yang merupakan aplikasi bisnis yang lengkap dan memudahkan Anda mengatur berbagai hal penting dalam bisnis yang sedang dibangun dalam satu tempat.

Salah satu bisnis yang bisa Anda daftarkan di aplikasi Fitnesia adalah spa. Aplikasi Fitnesia memberikan kemudahan untuk mengatur data pelanggan, staf, pemasaran, laporan, booking, jadwal service real-time, hingga pembayaran agar fokus untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. Fitnesia menyediakan layanan “Coba Gratis” selama 14 hari bagi pemilik usaha spa untuk mencoba fitur-fitur yang ada di aplikasi Fitnesia.

Fitnesia memungkinkan Anda memasang program membership yang ada di bisnis spa Indonesia  Anda di dalam aplikasi dan website Fitnesia sehingga bisa di lihat dan dibeli oleh ribuan pelanggan yang telah terhubung. Bila ingin bergabung atau ingin mengetahui lebih lanjut terkait bisnis spa Indonesia di Fitnesia, Anda bisa menghubungi nomor Whatsapp 62 878-8660-2954.

No comments:

Post a Comment