Monday, September 24, 2018

Seasik Apasih Ngeblog Itu?

Kalau saya ditanya seseorang yang dengan ekspresi herannya bilang Seasik Apasih Ngeblog Itu? Saya akan lihat dulu orang yang nanya sama saya. Kalau dia dari lintasan yang berbeda kayak misalnya nih bibik saya yang gak tau blog sama sekali, ya.. saya jawab aja sekenanya. Lumayanlah, bisa curhat gratis. Tapi kalau yang bertanya kelihatan minat dengan blog, paling tidak minat menulis. Saya akan dengan senang hati menjelaskan bahwa blog itu bikin kita bisa se-Amazing se-Awesome atau apalah yang bikin dia bergerak maju untuk segera mulai bikin blog. Paling tidak, mulai mencoba bikin.



Kalau sudah mulai tertarik dan bilang, "Mbak, ajarin ngeblog donk" Okee.. Siap! Saya akan senang berbagi ilmu blog saya yang cetek banget ini saat ada waktu. Ya.. mohon maklum saja, hidup dengan 2 balita itu tidak mudah. 

Sebagai blogger yang memang kadang saya suka sering jadi pengangguran juga, permintaan untuk ngajarin orang ngeblog tentu saja banyak. Dari tanya gimana caranya, sampai yang mereka bener-bener cuma tanya aja, gak mau bikin haha. Ngeblog itu susah-susah gampang, susahnya kalau gak hobi nulis ya gak bakalan jalan juga meski ganti-ganti nama blog ribuan kali. Dan gampangnya, kalo udah hobi nulis, hobi curhat rasanya ngeblog itu kayak satu kebutuhan yang harus dipenuhin. Gak nulis, gak asik.

Tapi, bicara soal ngeblog nih, bukan cuma hobi saja yang dibutuhkan, tapi juga tentang bagaimana kita bisa konsisten dengan hobi tersebut. Namun menurut saya, apapun yang kita lakukan jika kita menyukai hal tersebut, gak bakalan hilang dan bosan akan hal itu. Begitupun sebaliknya, kalau kita gak suka sama sesuatu dan terus dipaksakan, ya udah gak bakalan jalan juga. Sesimple itu.

Tujuan saya ngeblog awalnya sih cuma buat media corat-coret karena dulu saya suka kelupaan bawa buku diary. Bahkan, saya punya beberapa blog rahasia yang pake banget dan itu memang saya private biar gak bisa dibaca sama orang lain. Nah ngapain bikin blog yak kalo begitu hahaha..

Jadi, jika kalian pengen ngeblog karena sering lihat blogger suka pamerin tulisan kece mereka, hal pertama kamu harus kamu punya adalah, kegemaran akan tulisan. Menulis adalah inti dari seorang blogger. Kamu bisa mengungkapkan apa saja melalui tulisan. Bagaimana kamu jatuh cinta, sedih, marah, pengen buang sampah di hati yang banyak banget unek-unek, semuanya bisa hilang dengan tulisan.

Dari tulisan juga kamu bisa mengenal seseorang, bahkan bisa dapet jodoh kayak saya juga dari tulisan awalnya. Cerita cinta antara blogger memang selalu asyik dibicarakan. Apalagi kalau sudah ada Kun Fayakun-nya Allah, mudah saja meski ada perbedaan karakter dan status. Tapi dari blog, saya merasa perbedaan itu tidak ada sama sekali. Saya merasa menjadi orang yang sedikit intelek dan mungkin bisa dibilang bangga karena memiliki blog yang sudah berumur lumayan.

Pertanyaan seasik apa ngeblog itu tentu saja gak bisa dijawab sama blogger kayak saya. Kalau dibilang asik ya asik banget, apalagi kalau sampai bisa dapat rezeki dari blog, Alhamdulillah banget dah. Bahkan nulis panjang lebar saja rasanya gak kerasa kalau udah jari-jarinya nari. Asal... anak-anak gak kebangun aja, buyar semuanya kalau mereka dah bangun haha.

Jadi... sudah ada pikiran buat mulai nge-blog? Ayuk aja.. ada kontak saya disebelah tu kalau mau sharing tentang blogger. Tapi yang standart ya.. saya belum mahir hehe

7 comments:

  1. Halo... mbak Inul, apa kabar? Aku lagi kangen kamu nih, jadi mampir kesini he he he

    Setuju, ngeblog memang bisa jadi sarana apa saja. tapi tetep ye, suka nulis dulu adalah syarat utama.

    ReplyDelete
  2. aku suka bingung kalo ditanya gimana caranya ngeblog sama temen mbak. Harus jawab gimana. Mentok ya paling jawab: yaudah bikin blog, terus nulis. Haha

    ReplyDelete
  3. Ngeblog itu ya, emang asyik mbak. Seasyik itu. Lebih asyik pas blogwalking. Eh tiba-tiba mampir aja di blog yang out of nowhere enak banget dibaca dan mendobrak zona nyaman. Paling gila di blogwalking, semuanya terserap dan itulah yang disebut "terinspirasi".

    Tapi, baiknya tetap jaga asupan dengan membaca buku dan artikel yang mendukung. Supaya tulisan di blog makin kinclong, alami, dan mengalir. Dan, soal tampilan, masih belajar banget. Apalagi soal SEO, duh duh ribet haha.

    Pengunjung organik itu, kayak, ngedapetin pembaca yang rela ngehabisin waktu buat tulisan-tulisan kita. Saat komentar, keluar aja gitu aura positifnya. Seneng nggak sih, mbak Nuel?

    ReplyDelete
  4. salam kenal mbak, membaca tulisannya jadi inget pertama kali ngeblog dengan jalan Semangat - Malas - Semangat - ?

    ReplyDelete
  5. Assalamu'alaykum mbak, halo.. saya firly. Baru nikah 1,5 tahun dan belum punya baby. Saya lagi pengen banget banget banget (lagi, lagi, dan lagi) bikin blog. Dari jaman baheula dulu taun 2010an dah sering bikin tapi ga pernah posting padahal dikepala dah berjubel2 pikiran yg pengen ditumpahin tapi ga terlaksana juga. haha sebatas bikin judul yg digonta ganti tiap bulan #aib. Mampir di blog mbak ini masyaAllah mbak istiqomah sekaliiii postingannya dri taun 2009 smpe sekarang :D Boleh bagi tips mba gimana biar tetap PD, istiqomah dan fokus saat menulis ? Oh iya, salam kenal mbak.. mbak keren dah berbuntut tapi masih seistiqomah ini di dunia blogger :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam.. Halooo mbak Firly... salam kenal ya..

      Delete