Apa Itu Batu Ginjal Dan Bagaimana Cara Mencegahnya

Batu ginjal, diabetes, darah tinggi adalah beberapa penyakit yang sering banyak orang takuti. Penyakit-penyakit ini tidak hanya diderita oleh orang yang berumur saja, kini penyakit tersebut juga mengancam usia yang terbilang masih muda. Banyak sebab mengapa seorang terkena penyakit tanpa mereka sadari. Gaya hidup yang tidak sehatlah yang menjadi pemicu utama semua penyakit tersebut. Nah.. mumpung masih muda dan sehat nih, sebaiknya kita melakukan pola hidup sehat agar terhindar dari kemungkinan penyakit dalam tersebut. Ngomong-ngomong soal penyakit, kali ini saya akan membahas salah satu penyakit yang sedikit familiar ditelinga saya, Batu ginjal.



Beberapa waktu yang lalu, saya dikejutkan dengan kabar bahwa Ibu mertua saya terkena batu ginjal. Pantas saja beliau suka bercerita bahwa perutnya terasa sakit. Dan saya rasa beliau merasakan sakit diperut ini bukan hanya sekali dua kali, namun berkelanjutan. Tapi Alhamdulillah.. sekarang beliau sudah sehat dan sudah tidak lagi sering merasakan sakit pada perutnya. Saya pun akhirnya ingin tahu lebih dalam, apa sih batu ginjal itu sebenarnya, penyakit yang seperti apa dan bagaimana cara mengobati serta cara mencegahnya.

Untungnya ada situs kesehatan terpercaya seperti Halodoc.com yang memberikan informasi sangat banyak dan rinci mengenai banyak penyakit termasuk batu ginjal ini.

Apa itu Batu Ginjal?


Batu ginjal, adalah salah satu penyakit yang memiliki gejala nyeri pada pinggang atau sakit pada perut bagian samping atau bawah. Kadang gejala batu ginjal juga bisa disertai dengan mual dan sakit pada selangkangan. Selain itu, gejala batu ginjal juga bisa dilihat dari warna urine yang berbau dan terlihat keruh bahkan kadang hingga mengandung darah jika batu ginjal sudah memasuki tingkat yang dibilang parah karena batu yang penyebabkan iritasi ataupun luka pada ginjal. Selain itu menurut halodoc.com batu ginjal juga menyebabkan demam yang tinggi, menggigil serta menyebabkan kondisi badan yang tidak bersemangat atau lemas. Batu ginjal sendiri adalah salah satu kondisi dimana terdapat material keras yang menyerupai batu di dalam ginjal manusia material ini adalah bentukan dari sisa zat di dalam darah yang mengendap serta mengkristal seiring berjalannya waktu.

Cara Mencegah Batu Ginjal


Sebanarnya, mencegah batu gijal bukanlah hal yang sulit, mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup setiap hari serta menghindari makanan pemicunya tentu saja menjadi saran para ahli. Diantara makanan yang memiliki potensi besar dalam terbentuknya batu ginjal adalah makanan yang mengandung suplemen kalsium, protein hewani serta zat oksalat. Namun bagi mereka yang memiliki riwayat batu ginjal sebelumnya, selain minum air putih dalam jumlah yang cukup usahakan untuk selalu konsultasikan kepada dokter pribadi anda untuk mencegah batu ginjal datang kembali.

Untuk pengobatan batu ginjal itu sendiri biasanya dokter terlebih dahulu akan memperkirakan ukuran batu yang mengendap di ginjal kita. Biasanya jika sudah dirasa batu ginjal sudah membesar dan berbahaya, dokter akan menyarankan operasi. Jika masih berukuran kecil dokter biasanya menyarankan untuk meminum banyak air putih agar batu ginjal dapat terdorong keluar serta akan diberikan obat pereda rasa sakit. Untuk hal ini, Anda bisa langsung mengkonsultasikan kepada dokter anda.

Makanan yang harus dikurangi untuk penderita batu ginjal


Berikut adalah beberapa jenis makanan yang menjadi pemicu terbentuknya batu ginjal diantaranya adalah. Makanan tinggi sodium seperti daging olahan, kecap atau saus, kacang, serta makanan kaleng.

Protein hewani meliputi telur dan seafood atau makanan-makanan yang memicu asam urat menjadi tinggi juga harus dihindari. Karena asam urat merupakan salah satu pembentuk batu ginjal. Menghindari jenis jenis makanan yang memicu asam urat seperti jeroan serta makanan yang mengandung purin tinggi adalah pilihan terbaik.

Selanjutnya adalah makanan yang tinggi oksalat seperti bayam, Kiwi, produk-produk kedelai, okra kacang mede juga harus dihindari.

Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk Anda. Jika Anda memiliki keluhan lain, silahkan memeriksakan diri secara langsung kepada dokter. Untuk mengetahui informasi lain sebagai

No comments