Tips Irit Ibu Rumah Tangga Ala Saya

Aktifitas belanja bagi seorang ibu rumah tangga adalah kegiatan yang gak bisa ditinggalkan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap hari, seorang ibu menyiapkan makanan untuk anak dan suaminya. Selain itu, sebagai ibu saya nih ya.. harus menjamin keadaan perut anggota keluarga agar mendapatkan asupan makanan yang seharusnya. Paling tidak ya... makan sehari 3 kali lah ya.. atau minimal sama bikin cemilan lah didapur biar kalo buka kulkas enggak ngerasa terbohongi. Biasanya sih saya bikin jelly kesukaan mas Kinza. Boro-boro masuk kulkas, masih baru dimatiin apinya aja udah cepet-cepetan ngambil mangkok dia haha.


Ngomong-ngomong soal masak nih, jadi kan saya tiap hari belanja sayur di depan rumah. Sebenarnya ada cara irit lagi sih kalau pengen nyimpen uang belanja lebih yang dikasih suami. Belanja sendiri kepasar buat stok selama 1 minggu. Dulu saya sering belanja ke pasar waktu Abi-nya anak-anak masih belum sok sibuk kayak sekarang. Sekarang, waktu miliknya itu berharga banget, kayak orang kerja kantoran ini malah kerja rodi ngejarin deadline tiap hari. Tapi asik juga sih, memacu adrenalin buat gak males-malesan buang-buang waktu gitu hehe..

Selama hampir 6 tahun berumah tangga plus sekitar 7 tahun menjadi pembantu rumah tangga, saya punya tips nih biar bisa irit sebagai ibu rumah tangga. Bisa menghemat banyak uang belanja yang ujung-ujungnya bisa kita manfaatin untuk keperluan yang lain, beli bedak misalnya, atau gamis baru atau buku buat anak-anak.

Mau Belanja Sayur, Lihat isi Kulkas Dulu


Bener banget, sebelum belanja sayur mayur mendingan ibu-ibu ini liatin isi kulkasnya dulu lah ya... keseringan kasus yang terjadi sama saya itu, tiap hari belanja tapi sayuran di kulkas masih numpuk puk pukkk... karena kadang saya gak sempat masak karena main sama anak-anak yang keterusan. Kadang sayanya yang males gitu mau masak, kadang lebih milih blog dari pada masak dan kadang saya juga cuma diem aja nglakuin hal-hal gak guna yang bikin nyesel udah nglakuin hal kayak gitu. Jadi intinya... lebih baik kita liat isi kulkas dulu lah ya.. biar sayur yang sudah kita beli nggak mubazir.

Belanja Online Aja


Kalau tadi masalah sayur yang emang gak bisa dibeli dengan cara pengiriman, cara lain biar bisa irit ala ibu rumah tangga adalah dengan belanja kebutuhan pokok secara online. Kenapa harus online? Nah ini nih.. kebanyakan orang mengira belanja online itu ribet banget dan harus mengisi ini dan itu. Belum lagi kalau kena tipu dan lain sebagainya. Tapi nyatanya, belanja online sekarang tu super simple dan no tipu tipu. E-commerce besar kayak Tokopedia misalnya, mereka sudah mendapatkan kepercayaan banyak orang untuk bertransaksi secara aman disana. Di Tokopedia juga kita bisa menemukan semua kebutuhan pokok yang sudah pasti kita gunakan seperti sabun, shampo, kosmetik, sampai baju segala macam modelnya.


Harga yang diberikan juga sangat terjangkau, dan jangan lagi tanya masalah ongkos kirim. Tokopedia bakalan ngasih kamu gratis ongkos kirim berkali-kali dalam sebulan. Belum lagi kalau ada moment-moment banyak diskon, voucher belanja dan kejutan lain kayak Promo maret Tokopedia yang saat ini lagi jalan nih, dijamin kamu bakalan ketagihan belanja online.

Mau Bayar Apapun jadi gampang, di Tokopedia Aja


Satu hal lagi yang bikin uang belanja ibu rumah tangga irit adalah menyimban beberapa koin dari sisa bayar-bayar bulanan seperti bayar listrik, internet, PDAM, BPJS dan juga cicilan-cicilan yang lain. Dulu sebelum kenal sama tokopedia, saya selalu melakukan pembayaran di konter deket rumah yang menyediakan layanan ini. Selain antri yang bikin waktu gak produktif serta ngabisin waktu dan terbuang sia-sia, saya juga gak nyaman karena bawa-bawa bayi segala. Sekarang, saya tinggal klik klik hape aja semua beres hahhaaa.. ngakak beneran saking gampang dan nyenengin banget.

Nah bagi kamu nih yang pengen nyobain belanja online, kamu bisa cek Kalender promo Tokopedia untuk melihat kali aja ada barang inceran kamu sedang menunggumu disana. Dan ya... dari pengalaman saya, berbelanja online kayak gini bener-bener ngefek banget sama keiritan uang belanja dari suami. Alhamdulillah.. jadi bisa buat belanja yang lainnya. Penasaran mau coba? Ayuk... dijamin no tipu tipu lahh.. :D

Jadi intinya... jadi ibu itu harus pinter-pinter ngatur uang belanja dari suami biar semuanya aman terkendali. Tidak harus belanja barang-barang mewah dan bahan makanan yang enak-enak, yang penting kita bisa mengolah dengan bermacam-macam masakan, biar gak bosen hehe.. Pokoknya.. yaa... gitu lah :v..

No comments