Pengertian dan Jenis-jenis Partisi Kantor Terbaik yang Perlu Diketahui Perbedaannya

Pembatas antar ruangan yang digunakan untuk perkantoran memang bermacam-macam. Salah satu yang umum dipakai karena bisa dirubah-rubah letaknya yaitu partisi kantor. Bahan baku yang digunakan juga beragam mulai dari kayu, multiplek,  besi, kaca, dan lain-lain. Ruang kerja perlu diberi sekat permanen ataupun non-permanen untuk memberikan ruang gerak maksimal.


Dalam aturan penataan ruang, pembatas ini memang bertujuan untuk menciptakan kenyamanan. Ruang kerja karyawan memang perlu diperhatikan sedemikian rupa untuk menjaga lingkungan kerja yang ideal. Biasanya partisi tidak hanya digunakan untuk area dalam kantor saja, tetapi juga ruang pertemuan, ballroom, sampai tempat ibadah. Pahami terlebih dahulu tipe partisi kantor berdasarkan modelnya, agar biaya yang dikeluarkan untuk membuatnya tidak sia-sia begitu saja.

1.Partisi model bilik


Jenis sekat model bilik adalah bentuk paling umum dan sudah digunakan sejak lama. Model biasanya berbentuk persegi panjang dengan dua atau tiga ruang dalam satu rangkaian.
Terlihat simpel dan sangat mudah di tata dan dipindahkan sesuai dengan keinginan. Dalam satu rangkaian yang berisikan tiga ruangan, ada 4 dinding & space untuk jalan keluar dan masuk.

2.Penyekat bentuk portable


Pembatas ruang portable juga cocok digunakan untuk gedung perkantoran yang sering sekali pindah lokasinya. Keuntungannya, tidak perlu mengeluarkan anggaran lagi untuk membeli furniture baru setiap kali berpindah alamat. Agar tidak terkesan biasa-biasa saja, anda bisa memilih desain selain kotak, misalkan saja berbentuk setengah lingkaran.

3.Pembatas accordion


Konsepnya hampir sama dengan pembatas portable yang kaitannya dengan sistem, cara kerja, dan model. Tetapi, accordion memiliki nilai plus karena bisa diatur & dibuka untuk beragam pengaturan. Konsep desain yang dapat anda pilih bisa disesuaikan dengan kebutuhan jumlah ruang yang diinginkan tidak hanya sebatas 3 ruang 4 pembatas. Misalkan saja memilih partisi kantor untuk ruang kerja empat karyawan. Desain berhadapan dengan sekat tembus pandang menggunakan bahan kaca bisa menjadi pilihan. Bahan materialnya bisa perpaduan antara kayu, besi , dan kaca.

4.Partisi ruang berbahan kaca


Kaca ataupun bahan aluminium biasanya digunakan untuk bingkai dan sekat bagian tengah partisi. Penggunaan sekat kaca juga banyak diadopsi untuk melindungi privasi. Hal yang membedakan antara pembatas kaca dengan partisi lain yaitu bisa meredam kebisingan atau kedap suara sehingga ruangan lebih tenang.  Ruangan untuk para karyawan dengan jabatan tinggi biasanya menggunakan kaca kedap suara penuh karena sering kali digunakan untuk membahas hal-hal penting dan rahasia. Harga penawaran yang diberikan oleh jasa furniture bervariasi sesuai dengan tingkat kesulitan dan jenis material kaca yang diinginkan.

Desain yang bisa dipilih untuk membeli partisi kantor bisa disesuaikan dengan konsep dan kebutuhan masing-masing kantor. Tingkatannya mulai dari yang berbentuk sederhana sampai unik. Harga yang harus dibayarkan untuk pembuatan partisi tersebut juga beragam tergantung jenis bahan baku, jumlah, bentuk, dan kesulitan desain.

Biasanya sering dipilih yang bentuknya simetris seperti persegi atau persegi panjang karena lebih mudah dalam penataan. Tetapi, untuk kantor yang bergerak di bidang kreatif bukan tidak mungkin memesan partisi dengan bentuk asimetris. Tergantung seberapa mahir seorang desain interior meletakkannya agar ruang tidak terlihat berantakan dan penuh.  Anda bisa mengunjungi website Arkadia Furniture untuk mengetahui info detailnya lengkap dengan gambar contoh dari beberapa tipe yang sudah dijelaskan di atas. Anda bisa menghubungi layanan customer service yang tersedia untuk konsultasi lebih lanjut.

No comments