Tips Mudik Aman dan Nyaman Pakai Mobil

Nggak terasa, sekarang kita sudah memasuki pertengahan Ramadhan. Itu artinya, tidak lama lagi Lebaran akan tiba. Dan salah satu momen yang menjadi budaya khas setiap kali Lebaran adalah "mudik." Buat saya, Lebaran tahun ini sepertinya tidak akan jauh berbeda dengan Lebaran tahun lalu. Kecuali, tempat tinggal kami yang tampaknya akan segera berubah ke lingkungan baru. Ya, kami memang punya rencana untuk pindah kontrakan di akhir bulan ini sebelum Lebaran tiba.



Ngomong-ngomong soal Lebaran dan mudik, pasti banyak diantara anda yang memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi (mobil). Selain menyewa, beli mobil bisa jadi alternatif terbaik untuk dibawa mudik bersama keluarga. Ya, Lebaran adalah salah satu momen paling tepat untuk beli kendaraan. Karena biasanya ada banyak promo dan diskon yang ditawarkan untuk mobil bekas maupun mobil baru.

Bagi Anda yang punya dana sangat terbatas, membeli mobil bekas murah saya pikir merupakan pilihan paling bijak yang bisa Anda ambil. Sekalipun banyak orang yang bilang kalau mau beli mobil bekas itu pasti bakal ngeluarin uang setidaknya 10 juta atau lebih dalam beberapa bulan kedepan, namun hal tersebut saya pikir masih cukup worth.

Jika dibandingkan dengan beli mobil baru, yang pasti akan membuat kita rugi puluhan juta hanya dalam waktu beberapa bulan. Ya, sekalipun mobil baru yang kita beli hanya dipakai beberapa bulan, tetap saja status second-nya akan membuat harga mobil tersebut turun beberapa puluh juta.

Tak hanya lebih murah dan biaya perawatan lebih rendah, beli mobil second bisa jadi pilihan tepat jika anda tidak ingin rugi terlalu banyak. Bahkan tidak jarang, beli mobil second justru bisa mendatangkan untung apabila anda bisa beli mobil di orang yang lagi butuh uang. Yang pasti harganya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan harga pasaran.

Tips mudik aman dan nyaman menggunakan mobil


Saya pribadi memang tidak punya banyak pengalaman mudik menggunakan mobil, tapi setidaknya saya bisa berbagi beberapa tips yang saya dapat dari teman-teman yang pernah mudik pakai mobil. Tips ini sendiri sering saya terapkan ketika bepergian menggunakan mobil.

1.Servis mobil sebelum mudik adalah cara paling tepat untuk menjaga keselamatan


Ketika menyervis mobil, mintalah montir untuk sekalian mengecek beberapa komponen yang perlu diperiksa. Mulai dari kondisi mesin, pelumas, kampas rem, hingga AC mobil. Melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan memastikan semua bekerja secara normal dan dalam kondisi baik akan membuat perjalanan Anda jauh lebih nyaman dan aman.

2.Periksa kondisi ban dan gunakan tekanan ban yang tepat


Tekanan ban memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan body mobil. Dan memiliki peranan yang sangat penting dalam pengereman. Pasalnya, tekanan ban yang tepat akan sangat membantu dalam menghentikan mobil lebih cepat.
Ban serep juga perlu dipersiapkan untuk mengantisipasi jika ban mengalami bocor dijalan. Selain ban serep, beberapa peralatan seperti dongkrak dan kunci roda wajib dipersiapkan.

3.Jangan memaksakan puasa jika perjalanan sangat melelahkan


Jika memenuhi syarat, berbuka atau tidak puasa bagi beberapa driver/sopir akan lebih baik. Karena kondisi perut yang kenyang akan membantu mereka lebih berkonsentrasi saat mengemudi. Sebaliknya, menyetir dengan perut lapar seringkali membuat kita jadi terburu-buru atau sulit berkonsentrasi.

4.Selalu sediakan kantong kresek untuk mengantisipasi kalau kalau ada anggota yang mabuk


Sekalipun sudah terbiasa naik mobil, tetap saja kondisi badan dan jalanan bisa memberikan pengaruh. Terutama pada anak-anak. Ketika berpuasa, perut cenderung kosong dan lebih mudah memproduksi gas sehingga kembung, mual, hingga muntah-muntah (mabuk) lebih mudah dialami.

Jadi, selain mempersiapkan fisik yang prima dan beristirahat dengan baik serta sahur apabila akan berpuasa selama perjalanan, pastikan anda juga menyiapkan kantong untuk mengantisipasi Apabila ada ada anggota yang mabuk perjalanan.

5.Jangan terlalu sering melihat hp saat berada di mobil


Menonton film, streaming YouTube, ataupun chatting Selama perjalanan berpotensi menyebabkan kita lebih cepat merasa pusing dan mabuk. Untuk menghindari kebosanan, anda lebih disarankan untuk mendengarkan murotal Al-quran atau mendengarkan musik musik favorit melalui headset.

Itulah beberapa tips mudik aman dan nyaman pakai mobil yang semoga saja bisa bermanfaat buat anda. Tips di atas tentu saja masih punya banyak kekurangan dan masih ada banyak hal yang perlu ditambahkan. Bagi Anda yang punya tips-tips khusus, Saya harap anda bisa berbagi di kolom komentar.

No comments