Tips Menyatukan Perbedaan dalam Keberagaman Ras

Akhir-akhir ini kita semakin sering disuguhkan dengan berita-berita yang berbau rasis, khususnya di negara sendiri yang terkenal dengan keberagaman budaya, ras, suku, hingga bahasa.

Sayangnya, berita yang sering kita lihat dan dengar di televisi atau baca di koran-koran, bukan sesuatu yang menggembirakan. Padahal, sudah sejak lama kita sebagai bangsa Indonesia telah mengikrarkan diri untuk menjadi satu kesatuan sesuai dengan semboyan Indonesia yaitu, "Bineka Tunggal Ika."

Keberagaman ras tidak seharusnya membuat kita terpecah belah. Sebaliknya, keberagaman seharusnya bisa menjadi di nilai lebih. Mengingat, jumlah ras, suku bangsa, kepercayaan, bahasa daerah, dan budaya di Indonesia sangat banyak. Sejak dulu, kita selalu membangga-banggakan keberagaman tersebut.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa, di samping bisa menjadi nilai lebih, perbedaan juga karena menjadi duri dalam daging, yang dapat menumbuhkan bibit-bibit perpecahan.

Keberagaman ras di Indonesia
Bhinneka Tunggal Ika


Nah, daripada memupuk bibit-bibit perpecahan yang akan membuat kita saling mencurigai hingga bermusuhan, ada baiknya kita mencoba menyatukan perbedaan dalam keberagaman ras dengan cara-cara yang positif, seperti:

Saling mengenal satu sama lain


"Tak kenal maka tak sayang," adalah peribahasa yang yang paling cocok digunakan untuk mengatasi perbedaan. Ya, Berapa banyak di antara kita yang yang merasa tidak suka pada seseorang saat belum mengenalnya. Karena, seringkali kita hanya menilai hanya berdasarkan penampilan belaka.
Namun penilaian tersebut bisa berubah 180 derajat ketika kita sudah mengenal orang tersebut. Rasa tidak suka dan benci yang tadinya selalu menggelayut di benak kita, perlahan mulai terkikis dan tergantikan oleh rasa suka.

Ngobrol dan berdiskusi


Dari sebuah obrolan kecil sambil menikmati secangkir teh hangat atau kopi panas, bisa membuka mata kita. Karena dari obrolan dan diskusi kita bisa mengetahui lebih jauh hal-hal yang mungkin selama ini selalu tertutup tabir.

Dengan berdiskusi, kita bisa mengungkap rahasia-rahasia yang selama ini selalu menjadi pertanyaan di dalam hati, kita bisa mengetahui sifat seseorang, dan masih banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari berdiskusi.

Hindari perdebatan


Berdebat adalah cara yang sering kita gunakan untuk mempertahankan argumen. Namun sayang, yang di samping debat positif. Sering juga kita temukan dapat-debat kusir yang justru mengarah pada ada hal-hal negatif sehingga timbul rasa benci dan dendam.

Saling kunjung-mengunjungi


Melakukan kegiatan travelling adalah salah satu cara yang bisa kita coba untuk mengenal suatu daerah beserta budaya, bahasa, adat istiadat, dan lain sebagainya.

Tak hanya bisa memberikan manfaat kesehatan, khususnya kesehatan mental, yaitu untuk merilis stres. Travelling atau berwisata juga akan memberikan kita banyak pengalaman. Disamping itu, kegiatan mengunjungi daerah-daerah tertentu yang mungkin belum kita kenal akan membangkitkan rasa cinta dan membuat kita bisa memiliki toleransi yang lebih tinggi.

Bersabar dan jangan mudah terprovokasi


Ketidaksabaran adalah salah satu sumber masalah. Ketidaksabaran pula sering dijadikan sebagai penyulut api kebencian yang yang dapat membuat kita tercerai-berai, saling membenci hingga saling mendendam. Dalam perbedaan, saya pribadi sering menemukan bahwa kesabaran dan tidak mudah terprovokasi adalah kunci untuk menyatukan perbedaan.

Berbagai manfaat perbedaan


Di atas saya telah memberikan beberapa tips bagaimana cara menyatukan perbedaan, khususnya dalam keberagaman ras. Tidak hanya penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, menyatukan keberagaman juga ternyata memiliki banyak manfaat, seperti:


  1. Menyatukan keberagaman akan membuat kita menjadi bangsa yang kuat dan tidak mudah dikalahkan
  2. Tak hanya sesama suku, kita juga bisa menjalin pertemanan dan persahabatan dengan suku-suku lain. Sehingga, kita pun akan memiliki lebih banyak teman untuk diajak berdiskusi dan melakukan berbagai kegiatan menarik termasuk hobi
  3. Bisa meningkatkan solidaritas. Rasa solidaritas yang tinggi akan membuat ikatan hubungan antar ras di Indonesia semakin kuat
  4. Kemana pun kita melangkah, kita akan merasa lebih nyaman dan lebih aman

No comments