Booking Dokter atau Konsultasi di SehatQ.com Tidak Repot Antri dan Lebih Hemat

Setiap kali akan memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter, biasanya kita akan mendatangi rumah sakit, klinik, atau pergi ke tempat praktik dokter (spesialis). Sayangnya, sampai di sana kita belum tentu akan langsung dilayani. Apalagi kalau dokter tersebut cukup populer. Sehingga, pasien yang datang sudah pasti banyak dan bejubel. Antrian pun jadi lumayan panjang dan melelahkan.



Bagi orang sehat saja, “ngantri” sudah pasti terasa melelahkan dan dan membosankan. Apalagi jika yang mengalaminya adalah mereka-mereka yang sedang sakit. Bisa dibayangkan betapa menyiksanya kondisi tersebut. Beberapa pasien yang demam atau pusing dan tidak tahan duduk atau berdiri lama-lama, sudah pasti akan merasa sangat tersiksa. Apalagi jika di ruang tunggu tersebut tidak ada tempat untuk berbaring.

Tidak perlu repot antri, booking dokter kini bisa langsung lewat website SehatQ atau aplikasi
Teknologi terus berkembang dan semakin banyak inovasi yang hadir di kehidupan yang serba modern ini. Harga smartphone yang semakin terjangkau turut juga turut menyokong kehadiran berbagai macam inovasi dan aplikasi. Yang tujuannya adalah untuk memudahkan, sekaligus sebagai jawaban atau solusi untuk berbagai masalah yang selama ini sering kita keluhkan. Salah satunya adalah, antri di dokter untuk memeriksakan kesehatan.

Sebagai seorang ibu yang punya 2 anak, saya tentu saja punya banyak pengalaman ke dokter. Meskipun hal tersebut bukanlah sesuatu yang bisa saya banggakan. Karena, siapa sih yang pengen diri atau anggota keluarganya sakit?

Tapi namanya juga anak-anak, mereka yang belum tahu baik dan buruknya sesuatu, kerap melakukan kesalahan-kesalahan dengan menganggap enteng berbagai penyebab/sumber penyakit. Sehingga, tak mengherankan apabila lebih rentan terkena penyakit dibandingkan orang dewasa. Kalau anak-anak jatuh sakit, Kita sebagai orang tuanya sudah pasti akan sangat cemas. Bahkan ketika kita berusaha untuk tenang sekalipun, kita pasti tidak akan tega melihat mereka lemah, terkulai, dan tak berdaya. Kalau sudah begitu, meminta bantuan dokter untuk mengobati anak-anak adalah solusi yang sudah pasti akan kita ambil.

Tapi sayang, antri di dokter yang terkenal, seperti yang telah saya sampaikan di atas, benar-benar sangat membosankan. Pasalnya, antrian di sana biasanya sangat panjang. Bahkan, ketika kita berusaha untuk datang lebih awal, tetap saja ada beberapa orang ada yang ternyata datang duluan. Akhirnya terpaksa harus ngantri juga. Kegiatan ngantri di dokter ini semakin tidak mengenakkan jika yang sakit adalah anak-anak. Mengantri dengan anak-anak sama halnya seperti membawa "bom waktu" yang setiap saat bisa meledak dan sangat merepotkan.

Buat ibu-ibu yang punya anak kecil, sudah pasti bisa memahami apa yang saya maksudkan. Ya, nggak seperti orang dewasa yang bisa anteng sekalipun merasa bosan dan tidak banyak mengeluh ketika sakit, anak-anak sangat mudah mengeluh dan menangis. Yang sudah pasti sangat sulit untuk diatasi, serta menyebabkan rasa tidak nyaman. Karena, tangisan anak akan mengganggu orang-orang di sekitarnya. Untungnya, sekarang sudah ada website SehatQ.com yang bisa menyediakan Booking Dokter online. Sehingga, kita tidak lagi mencuri-curi waktu agar dapat nomor antrian kecil.



Sebagai seorang ibu, saya sangat merasakan manfaat dari kehadiran Booking Dokter online ini, yang tidak hanya tersedia dalam bentuk website tapi juga tersedia dalam bentuk aplikasi (untuk hp Android maupun iOS).

Cara Booking Dokter di SehatQ


Bagi Anda penasaran bagaimana cara booking dokter di website atau aplikasi SehatQ, Anda bisa melihat caranya di bawah ini.


  • Buka website SehatQ atau aplikasinya
  • Klik pada kategori Dokter
  • Pilih kategori spesialisasi (Penyakit)
  • Pilih lokasi praktek(sesuai dengan tempat tinggal kita masing-masing)
  • Anda juga bisa memilih opsi lain seperti:
  • Mencarijadwal praktek mulai dari hari Senin s/d Minggu, serta
  • Memilih jenis kelamin dokterapabila hal tersebut adalah salah satu bahan pertimbangan sebelum memilih dokter
  • Selanjutnya, akan muncul beberapa pilihan dokterlengkap dengan profil mereka. Mulai dari nama, spesialisasi, tempat praktek, hingga alamat tempat praktek
  • Setelah memilih/mengklik salah satu dokter yang paling Anda inginkan atau yang tempat praktiknya paling dekat dengan tempat tinggal. Selanjutnya Anda harus mengisi Formulir Booking Dokter. Formulir ini hanya membutuhkan beberapa informasi seperti: nama, email, nomor hp, tanggal lahir, pilihan metode pembayaran (asuransi atau pribadi), dan catatan (jika ada). Setelah selesai mengisi formulir, selanjutnya
  • Kita bisa langsung “mencentang” syarat dan ketentuan, yang menandakan bahwa kita setuju dengan syarat dan ketentuan tersebut. Lalu klik tombol "Booking Sekarang"
  • Setelah itu, kita hanya perlu menunggu beberapa saat sampai tim dari SehatQ menghubungi kita apabila jadwal sudah terkonfirmasi. Gampang banget ya...

Tanya dokter atau konsultasi gratis

Selain bisa booking dokter secara online, yang akan membantu kita menghemat banyak waktu dan tenaga, website atau aplikasi SehatQ juga menyediakan fitur Tanya Dokter (konsultasi online) dalam bentuk chatting. Lagi-lagi, fitur ini saya anggap sangat inovatif dan membantu. Pasalnya, selama ini kadang-kadang saya sengaja pergi ke dokter hanya untuk berkonsultasi atau menanyakan perihal penyakit tertentu.



Walaupun hanya sekedar bertanya di dokter, hal tersebut sudah pasti akan membuat kita terpaksa harus menyediakan waktu dan tenaga lebih, serta sejumlah uang. Konsultasi online ini saya anggap sangat membantu karena kita bisa menanyakan berbagai macam penyakit atau berkonsultasi secara gratis sebelum memutuskan untuk booking dokter jika perlu/diharuskan.

Dengan adanya fitur ini, kita punya alternatif (pilihan). Sehingga, punya pertimbangan dan bisa mengambil keputusan yang lebih tepat. Disamping itu, fitur ini juga bisa membantu kita mengidentifikasi penyakit yang selama ini hanya berani kita duga-duga tanpa bisa memastikannya.

Di samping melakukan tanya jawab melalui pesan teks, kita juga bisa mengirim sampel foto. Sehingga, dokter bisa mengidentifikasi penyakit dengan lebih detail, seolah-olah kita berhadapan langsung dengan mereka. Dengan begitu, jawaban yang diberikan oleh dokter pun jadi lebih mengena dan membantu. Keuntungan booking dokter atau berkonsultasi melalui aplikasi online SehatQ
Dari pengalaman saya menggunakan dan memanfaatkan aplikasi ini, saya merasa ada 4 keuntungan utama yang saya dapatkan, diantaranya adalah:


  • Hemat waktu dan tenaga. Mengandalkan aplikasi atau web SehatQ kita tidak perlu repot datang ke rumah sakit atau tempat praktek untuk booking atau berkonsultasi
  • Hemat biaya. Keberadaan Tanya Dokter/Konsultasi Online membuat kita bisa mengetahui lebih jauh mengenai penyakit yang kita alami tanpa perlu repot datang ke dokter dan membayar. Ya, konsultasi online yang disediakan oleh SehatQ sepenuhnya gratis. Riwayat konsultasi juga bisa kita akses kapanpun melalui aplikasi
  • Tersedia promo kesehatan. Selain konsultasi online, ketersediaan promo kesehatan juga bisa membantu kita menghemat lebih banyak uang. Pasalnya, dengan menggunakan promo eksklusif tersebut, kita bisa dapat harga periksa ke dokter yang lebih murah. Misalnya, Promo USG 4 Dimensi yang biayanya bisa sampai setengah jutaan dapat dipangkas menjadi Rp 300 ribuan. Selain itu, tersedia juga cashbackdan berbagai pilihan promo lainnya yang dapat kita manfaatkan dan maksimalkan untuk menghemat uang
  • Bisa berkonsultasi dan Booking Dokter kapan saja. Seperti yang kita tahu, konsultasi dan daftar untuk periksa hanya bisa kita lakukan sesuai dengan jadwal yang tersedia di RS atau tempat praktik dokter bersangkutan. Sebaliknya, di aplikasi atau web SehatQ.com kita bisa booking dan berkonsultasi kapan saja tanpa terikat jadwal

Keuntungan mengunjungi website SehatQ atau membuka aplikasinya



Di samping bisa berkonsultasi secara online (Tanya Dokter) serta Booking Dokter online, di website/aplikasi kita juga bisa:

1. Membaca Artikel kesehatan

Adan berbagai macam artikel berkualitas yang tersedia di website ini. Mulai dari, artikel hidup sehat, penyakit, kesehatan kulit, kehamilan, parenting, hingga artikel bayi dan menyusui.

2. Mengenal berbagai macam obat

Di kategori obat, kita bisa melihat nama-nama obat. Mulai dari yang diawali dengan huruf A hingga huruf Z. Tidak hanya bisa mengetahui nama-namanya. Di sini juga tersedia deskripsi mengenai obat yang berisi seputar: manfaatnya, komposisinya, dosis, aturan pakai, efek samping, kontraindikasi, dan lain-lain.

3. Menambah pengetahuan seputar penyakit

Bagi Anda yang ingin menambah pengetahuan tentang berbagai macam penyakit, Anda bisa mengklik tombol kategori Penyakit untuk mengetahui lebih detail mengenai penyakit tersebut. Mulai dari penyebabnya, cara menanganinya atau pengobatan, gejala, hingga cara mencegah.

4. Akses info Rumah Sakit (RS)

Mungkin ada sebagian dari Anda yang belum pernah pergi ke rumah sakit tertentu dan penasaran dengan Rumah Sakit tersebut. Melalui website atau aplikasi SehatQ, Anda bisa mengakses informasi mengenai Rumah Sakit tersebut.

Dari sana, Anda bisa mengetahui jam operasional RS, fasilitas yang tersedia, alamatnya, serta bisa tahu info mengenai “apakah RS tersebut melayani pasien BPJS atau tidak?”

5. Ikut forum kesehatan

Sesuai dengan namanya, halaman forum berisi berbagai macam konsultasi tentang penyakit, kesehatan, hingga obat yang akan dijawab oleh dokter.

Berbagai macam pertanyaan dan jawaban yang ada di forum tersebut bisa dijadikan sebagai rujukan atau referensi oleh siapapun yang membacanya.

6. Akses info acara kesehatan dan olahraga


Berbagai acara yang berhubungan dengan kesehatan dan olahraga bisa Anda lihat informasinya di bagian ini. Misal, acara seminar dan penyuluhan mengenai penyakit stroke, seminar mitos dan fakta hepatitis, seminar mencegah infeksi paru (pneunomia), hingga informasi mengenai acara-acara olahraga juga tersedia. Anda juga bisa memilih kategori acara kesehatan atau olahraga berdasarkan jenisnya serta lokasinya.

Agar lebih lebih mudah dapat update promo, berita, serta berbagai informasi menarik lainnya seputar acara-acara olahraga ataupun kesehatan, jangan lupa follow akun sosial media SehatQ, seperti: Twitter (@sehatq), Instagram (@sehatku_id), dan Facebook (SehatQ).

No comments